Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI ? Ini 9 Penyebab & Solusinya

Advertisements

Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI – Setelah berhasil menjadi nasabah bank BRI, Anda akan diberikan layanan fasilitas kartu ATM yang bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM. Transaksi bisa dilakukan seperti transfer, tarik tunai, pembayaran, dan banyak lainnya.

Namun dalam penggunaan mesin ATM BRI tidak semuanya bisa berjalan lancar, ada kalanya kendala muncul ketika Anda sedang bertransaksi. Salah satunya seperti misalnya transaksi tidak dapat diproses ATM BRI dan menunjukkan notifikasi pada layar mesin ATM.

Kendati demikian, bagi para nasabah BRI yang baru pertama kali menemui masalah seperti ini, tentu saja akan bertanya-tanya seputar apa penyebab dan masalah terjadi. Sehingga nantinya para nasabah BRI yang sedang bertransaksi di ATM bisa mengetahui masalah dan mengatasinya.

Advertisements

Bagi Anda yang masih bingung mengenai apa penyebab dan cara mengatasinya, pada kesempatan kali ini kami bankir.id akan sajikan informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi transaksi tidak dapat diproses ATM BRI, jadi simak penjelasannya sampai akhir.

Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI
Advertisements

Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasinya, alangkah baiknya Anda mengetahui apa arti dari “Transaksi tidak dapat diproses ATM BRI” yang muncul pada layar.

Di mana keterangan yang muncul tersebut akan muncul para saat Anda memasukkan kartu ATM ke mesin ATM. Itu artinya kartu ATM tidak bisa digunakan atau mesin ATM tidak bisa dipakai untuk transaksi yang Anda inginkan.

Advertisements

Jika muncul seperti itu pada layar ATM, alangkah baiknya segera keluarkan atau ambil kartu ATM. Tujuannya agar kartu ATM BRI Anda tertelan ke dalam mesin ATM sehingga tidak ribet lagi.

Penyebab Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI

Penyebab Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI

Jika sudah tahu akan arti dari transaksi tidak dapat diproses di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui kenapa kartu ATM dan mesin ATM BRI muncul keterangan pada mesin ATM tersebut. Di mana ada beberapa penyebab yang menjadikan munculnya keterangan ini, diantara lainnya:

1. Masa Berlaku Kartu ATM Habis

Penyebab pertama, bisa saja kartu ATM sudah expired atau masa aktif habis. Untuk memastikan kartu masih aktif atau tidak maka silakan cek tulisan Valid Thru yang tertera bulan dan tahun kartu dapat digunakan.

2. Salah Memasukkan PIN ATM

Penyebab kedua, bisa saja nasabah BRI yang melakukan transaksi salah dalam memasukkan PIN ATM sebanyak tiga (3) kali. Bahkan tidak hanya gagal diproses, nantinya kartu ATM BRI Anda juga akan terblokir.

3. Kerusakan Mesin ATM BRI

Penyebab ketiga, bisa saja adanya kerusakaan mesin ATM BRI maupun sedang ada maintenance. Sehingga saat dalam kondisi tersebut, berbagai jenis transaksi tidak bisa dilakukan sampai mesin ATM kembali normal.

Kode Error Mesin ATM BRI

Bahkan ketika mengalami error pada ATM BRI tersebut, maka akan muncul informasi kode error. Di mana kode error tersebut akan muncul sesuai faktor penyebabnya, tentu saja dengan mengetahui kode error akan menjadikan lebih mudah dalam mengatasinya dan inilah kode errornya.

1. Error Host 34

Ketika kode error yang muncul adalah 34 maka artinya adalah kartu ATM BRI masa aktif penggunaan atau valid thru habis dan sudah berakhir.

2. Error Host 70

Ketika kode error yang muncul adalah 70 maka artinya ada sebuah kesalahan pada nasabah BRI dalam memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali berturut.

3. Error Host 90

Ketika kode error yang muncul adalah 90 maka artinya bukan kartu ATM BRI yang bermasalah, melainkan kondisi mesin yang nasabah BRI gunakan.

Cara Mengatasi Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI

Cara Mengatasi Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI

Jika sudah tahu akan penyebab yang menjadikan transaksi tidak dapat diproses di atas, maka berikutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Mengatasi sendiri akan menyesuaikan dengan faktor penyebab gagal transaksi.

1. Pindah Gerai Mesin ATM

Saat penyebabnya adalah mesin ATM BRI yang digunakan transaksi bermasalah atau sedang dalam gangguan, maka solusinya cukup mudah. Di mana Anda bisa lakukan transaksi di gerai ATM BRI lain yang berlokasi dekat dengan Anda.

2. Ganti Kartu ATM / Debet BRI

Namun saat penyebabnya kartu ATM valid thru habis, belum ganti ke kartu ATM chip, chip ATM BRI tidak terdeteksi, kartu ATM berstatus disable atau terjadi kerusakan kartu maka silakan menggantinya di kantor cabang BRI terdekat. Dalam pergantian silakan untuk lengkapi syarat seperti:

  • Membawa kartu ATM lama yang ingin di ganti dengan kartu baru.
  • Membawa buku rekening tabungan BRI.
  • Membawa KTP atau identitas diri lain seperti SIM dan Paspor.
  • Informasi nama ibu kandung.
  • Uang sebagai biaya pergantian kartu sekitar Rp 20 – Rp 25 ribu tergantung jenis kartu.

3. Gunakan BRImo

Namun jika Anda sudah registrasi atau daftar BRImo maka bisa pindah transaksi di layanan ini jika hanya ingin lakukan transaksi seperti transfer, top up dan pembayaran. Namun jika ingin tarik tunai atau mengambil uang maka nasabah BRI harus mengunjungi mesin ATM BRI lain.

Akhir Kata

Demikian kiranya pembahasan terkait transaksi tidak dapat diproses ATM BRI lengkap dengan informasi terkait lain yang dapat bankir.id sajikan. Dengan adanya pembahasan gagal transaksi di ATM BRI tersebut semoga bisa bermanfaat terutama bagi nasabah BRI yang pertama kali mengalaminya.

Advertisements

Tinggalkan komentar