Tidak Bisa Transfer DANA ke ShopeePay ? Ini Dia 10 Cara Mengatasinya

Tidak Bisa Transfer DANA ke ShopeePay – Sebagai pengguna DANA, tentu kalian sudah tahu bahwa layanan tersebut mendukung banyak fitur transaksi, salah satunya adalah transfer saldo ke ShopeePay. Bagi yang belum tahu, ShopeePay merupakan fasilitas Dompet Digital yang disediakan untuk para pengguna Shopee.

Bagi para pemilik akun DANA sekaligus pelanggan ShopeePay pastinya pernah melakukan transaksi Top Up ShopeePay via DANA. Jika demikian, tahukah kalian bahwa belakangan ini transaksi tersebut kerap bermasalah. Hal ini berdasarkan pengakuan dari beberapa pengguna.

Ya, kami menerima laporan dari salah satu pengguna DANA yang mengaku tidak bisa melakukan transfer ke ShopeePay. Setelah kami cari tahu lebih lanjut, ternyata masalah ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya karena saldo DANA tidak mencukupi.

Selain dari segi saldo, tidak bisa transfer DANA ke ShopeePay juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Supaya lebih jelasnya kalian bisa simak informasi seputar penyebab hingga cara mengatasi tidak bisa kirim saldo DANA ke ShopeePay dibawah ini.

Tidak Bisa Transfer ShopeePay ke DANA

Tidak Bisa Transfer ShopeePay ke DANA

Seperti kami singgung diatas bahwa DANA menyediakan beragam fitur transaksi bagi para pengguna, salah satunya ISI SALDO SHOPEEPAY LEWAT DANA. Transaksi itu bisa dilakukan melalui menu Kirim ke Rekening Bank di aplikasi DANA.

Perlu diketahui juga bahwa transfer DANA ke ShopeePay memiliki ketentuan terkait biaya admin hingga limit transaksi. Sementara itu, saat melakukan transaksi tersebut pengguna bakal diminta memasukkan nomor rekening Virtual Account sebagai kode pembayaran atau nomor rekening tujuan transfer dari DANA ke ShopeePay.

Nomor rekening tujuan bisa diperoleh saat melakukan proses di aplikasi Shopee. Disana kalian diminta menyalin informasi tersebut. Setelah itu baru melanjutkan transaksi di aplikasi DANA. Lalu, kenapa proses transfer DANA ke ShopeePay tidak berhasil?

Penyebab Saldo DANA ke ShopeePay Tidak Terkirim

Penyebab Saldo DANA ke ShopeePay Tidak Terkirim

Masalah gagal kirim saldo DANA ke ShopeePay tentu saja tidak akan terjadi tanpa ada penyebabnya. Masalah seperti sebenarnya umum terjadi, hanya saja beberapa pengguna tidak tahu mengenai penyebabnya. Oleh karena itu, berikut telah kami siapkan informasi seputar penyebab terjadinya gagal kirim saldo dari rekening DANA ke rekening ShopeePay, antara lain :

1. Saldo DANA Tidak Mencukupi

Penyebab pertama mungkin berasal dari sisa saldo di aplikasi DANA tidak mencukupi untuk melakukan transaksi. Ingat, untuk mengirimkan saldo ke ShopeePay, paling tidak kalian wajib mempunyai saldo sejumlah Rp. 15.000. Sebab, disini berlaku biaya admin sebesar Rp. 4.500 setiap kalian melakukan transaksi tersebut. Dengan demikian, apabila saldo tidak cukup, maka transaksi tidak bisa diproses.

2. Nomor Rekening Virtual Account Salah

Penyebab kedua yaitu nomor rekening Virtual Account yang dimasukkan salah. Diatas telah kami singgung bahwa kalian bisa menyalin data tersebut ketika melakukan checkout transaksi di Shopee. Namun beberapa pengguna terkadang lupa menyalin, sehingga memilih memasukkan nomor tersebut secara manual. Perlu diketahui bahwa ketika salah memasukkan nomor VA 1 digit saja, maka sistem tidak mau memproses transaksi tersebut.

3. Nominal Transfer Melebihi Limit

Penyebab ketiga mungkin berasal dari limit transaksi melebihi batas. Jadi, untuk transfer DANA ke ShopeePay berlaku batas minimal Rp. 10.000 dan maksimal mencapai Rp. 10.000.000. Maka dari itu, apabila nominal transaksi lebih dari limit maksimal, maka proses pengiriman saldo DANA ke ShopeePay tidak bisa dilanjutkan.

4. Akun DANA Belum di Upgrade

Penyebab keempat adalah akun DANA yang digunakan belum di upgrade menjadi akun Premium. Salah satu syarat utama agar bisa melakukan transfer ke rekening Bank adalah sudah terdaftar sebagai pengguna Premium. Hal seperti ini biasanya terjadi pada pengguna baru yang belum begitu paham mengenai syarat dan ketentuan layanan Dompet Digital, DANA.

5. Terjadi Gangguan Sistem di Aplikasi DANA

Penyebab terakhir sepertinya berasal dari gangguan sistem yang terjadi di aplikasi DANA. Jika demikian, meskipun saldo cukup, limit transaksi sesuai ketentuan dan nomor rekening Virtual Account tidak salah, kalian tetap tidak bisa melakukan transfer DANA. Sebab ketika terjadi Maintenance, seketika itu juga aplikasi DANA tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim Saldo DANA ke ShopeePay

Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim Saldo DANA ke ShopeePay

Setelah menyimak beberapa penyebab masalah, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasi DANA tidak bisa transfer saldo ke ShopeePay. Kalian bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi masalah gagal transfer DANA sesuai dengan penyebabnya :

1. Isi Saldo DANA

Bagi yang tidak bisa transfer DANA ke ShopeePay karena saldo tidak mencukupi, maka cara mengatasinya adalah melakukan Top Up DANA. Untuk mengisi saldo DANA kalian bisa memanfaatkan layanan ATM, Mobile Banking, Internet Banking atau layanan eWallet lainnya.

2. Salin Nomor Rekening Virtual Account di Shopee

Lalu jika masalah diatas terjadi karena salah memasukkan nomor rekening, maka silahkan buka lagi aplikasi Shopee dan salin nomor rekening Virtual Account yang tertera disana. Setelah itu, tinggal lanjutkan transaksi di aplikasi DANA dengan cara menempelkan nomor tersebut pada kolom Nomor Rekening Tujuan.

3. Kurangi Jumlah Transfer

Kalian juga bisa mengatasi masalah gagal transfer DANA dengan cara mengurangi nominal transfer hingga tidak melebihi limit transaksi. Apabila nominal transfer telah sesuai ketentuan, maka transaksi tersebut bisa dilanjutkan.

4. Lakukan Upgrade Akun DANA

Sementara itu jika tidak bisa transfer DANA ke ShopeePay terjadi karena akun DANA masih Basic, maka solusinya adalah melakukan Upgrade. Untuk mengubah akun Basic jadi Premium, kalian memerlukan data persyaratan berupa eKTP. Setelah itu ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi DANA
  • Lalu masuk ke menu Saya di sudut kanan bawah
  • Setelah itu tap Verifikasi Akun Saya
  • Pada tampilan berikutnya silahkan pilih Daftar Sekarang
  • Klik Mulai Yuk kemudian ambil foto eKTP. Pastikan hasilnya jelas agar memudahkan proses verifikasi data
  • Jika sudah, sekarang ambil foto selfie sambil memegang eKTP sesuai instruksi
  • Setelah itu tap Kirim dan tunggu hasil verifikasi upgrade akun DANA Premium disetujui

Jika akun DANA berhasil di upgrade jadi Premium, maka kalian tidak akan menjumpai masalah saat melakukan transfer DANA ke ShopeePay, OVO dan lain sebagainya.

5. Bersihkan File Cache

Terakhir, jika menjumpai adanya gangguan sistem di aplikasi DANA yang mengakibatkan tidak bisa transfer ke ShopeePay, maka coba bersihkan file Cache di menu Pengaturan. Untuk melakukannya kalian bisa simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Apl
  • Tap Kelola Aplikasi
  • Pilih Aplikasi
  • Klik Hapus Data -> Bersihkan Cache

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai penyebab gagal kirim saldo DANA ke rekening ShopeePay. Diatas kami juga membagikan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga jika suatu saat mengalami masalah serupa, kalian tidak perlu khawatir. Cukup ikuti arahan dari artikel diatas dalam memperbaiki DANA yang tidak bisa transfer ke ShopeePay.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here