Tidak Bisa Top Up GoPay ? Ini Faktor 8 Penyebab & Solusi

Tidak Bisa Top Up GoPay – Uang elektronik miliki Gojek yang bernama GoPay, tentu memudahkan setiap urusan transaksi Anda di dalam aplikasi Gojek maupun di luar. Karena seperti Anda ketahui sendiri jika layanan dompet digital saat ini menguasai berbagai kalangan dikarenakan jauh lebih praktis.

Dalam penggunaan Gojek dan uang elektroniknya ini (GoPay) untuk transaksi, tentu saja tidak semua bisa berjalan lancar. Ada kalanya GoPay mengalami masalah yang mengakibatkan pengaksesan GoPay tidak bisa transfer, cek saldo, top up dan lainnya tertunda sampai benar-benar aplikasi kembali pulih.

Kendati hal itu, tentu saja banyak dari pengguna aplikasi Gojek/GoPay yang bertanya mengenai apa penyebab dan cara mengatasinya. Tujuan tersebut agar pengguna bisa tetap menggunakan GoPay untuk bertransaksi keperluan saat itu juga tanpa harus menunggu terlalu lama.

Advertisements

Nah pada pembahasan kali ini sendiri bankir.id akan sajikan informasi lengkap mengenai permasalahan kenapa tidak bisa top up atau isi saldo GoPay. Jadi yang penasaran apa penyebab dan cara mengatasinya, bisa simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Tidak Bisa Top Up GoPay

Tidak Bisa Top Up GoPay

Dengan terjadinya permasalahan tidak bisa isi saldo GoPay tersebut nantinya akan mengakibatkan transaksi seperti pembayaran atau transfer yang dimaksud sedikit tertunda. Dengan begitu kenali penyebab serta cara mengatasinya, agar saat menemui permasalahan serupa Anda tidak panik.

Penyebab Tidak Bisa Top Up GoPay

Penyebab Tidak Bisa Top Up GoPay

Berbicara mengenai penyebab gagal isi saldo GoPay melalui beberapa metode sendiri bisa terjadi akibat beberapa faktor. Namun secara umum penyebab tersebut hampir serupa dan bisa saja dialami oleh para pengguna dompet digital lain seperti OVO, DANA, LinkAja dan lainnya. Ini dia diantara faktornya:

1. Koneksi Internet Buruk

Pertama, gagal top up GoPay bisa terjadi akibat koneksi internet tidak stabil atau buruk. Ini menjadi faktor umum yang menjadikan proses pengisian saldo GoPay gagal masuk ke akun GoPay Anda. Karena seperti Anda ketahui sendiri jika aplikasi Gojek dalam pengaksesan memerlukan koneksi.

2. Gangguan Server

Kedua, gagal top up GoPay juga terjadi karena sistem atau server sedang mengalami gangguan (error). Sama seperti penyebab pertama, server gangguan juga umum terjadi saat pengguna GoPay tidak melakukan isi saldo dan akibatkan kegagalan saat pemprosesannya.

3. Salah Memasukkan Nomor HP

Ketiga, gagal isi saldo GoPay bisa disebabkan dari pengguna yang salah dalam memasukkan nomor HP terdaftar di GoPay. Namun untuk kesalahan ini, biasanya pada layar akan menunjukkan jika tidak ada nama pemilik akun GoPay yang ingin di top up atau isi saldo.

4. Top Up Melebihi Limit

Selain itu, permasalahan tidak bisa isi saldo GoPay juga diakibatkan karena akun sudah melebihi batas limit transaksi bulanan. Dengan begitu perlu diperhatikan apakah akun GoPay Anda sudah melakukan pengisian saldo sesuai limit ketentuan atau belum. Ini limit minimal dan maksimal isi saldo GoPay:

AKUN GOPAY MINIMUM MAKSIMUM
GoPay BiasaRp 10.000Rp 2.000.000 / Bulan
GoPay PlusRp 10.000Rp 10.000.000 / Bulan

Dengan melihat tabel limit top up GoPay di atas, tentu saja akun GoPay Plus jauh lebih besar limitnya. Dengan begitu, untuk pengguna GoPay yang belum upgrade ke GoPay Plus silakan lakukan upgrade guna bisa menyimpan saldo di akun GoPay lebih besar.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Top Up GoPay

Cara Mengatasi Tidak Bisa Top Up GoPay

Jika sudah tahu akan penyebab yang menjadikan GoPay tidak bisa isi saldo di atas. Selanjutnya mari lanjut ke pembahasan terkait cara atau solusi untuk mengatasi tidak bisa top up uang elektronik Gojek tersebut. Untuk caranya sendiri silakan sesuaikan dengan faktor penyebabnya.

1. Ganti Koneksi Internet

Dikarenakan aplikasi Gojek/GoPay membutuhkan koneksi internet yang lancar dalam pengaksesannya. Jika memang koneksi sedang buruk, maka jalan cara mengatasi permasalahan tidak bisa top up tersebut adalah dengan ganti koneksi internet lain baik itu menggunakan paket data atau WiFi.

2. Tunggu Sampai Server Normal

Lalu jika tidak bisa top up dikarenakan server error atau sedang gangguan, tidak ada cara mengatasi selain menunggu sampai sistem kembali normal kembali. Untuk lama atau tidaknya dalam menunggu permasalahan kembali pulih, silakan Anda cek secara berkala di aplikasi Gojek-nya.

3. Cek dan Periksa Nomor HP yang Dimasukkan

Sedangkan untuk permasalahan tidak bisa top up akibat salah memasukkan nomor HP terdaftar di akun GoPay maka cara mengatasinya mudah. Di mana Anda hanya perli cek dan periksa kembali apakah nomor yang dimasukkan sudah sesuai, jika sudah maka lanjut ke langkah berikutnya.

4. Hubungi Call Center Gojek

Secara umum dengan mengatasi permasalahan di atas, biasanya sudah normal kembali. Namun jika tetap gagal dalam isi saldo GoPay dengan beberapa metode yang ada, maka silakan hubungi call center Gojek untuk bertanya dan meminta bantuan dalam permasalahan yang ada.

  • Call Center : +6221-5084-9000
  • Email : customerservice@gojek.com

Tips Anti Gagal Top Up Saldo GoPay

Selain penyebab dan cara mengatasi di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips agar proses isi saldo GoPay bisa berjalan lancar. Adapun beberapa tips anti gagal yang perlu diperhatikan sebelum top up sendiri seperti misalnya:

  • Pastikan perangkat terhubung dengan koneksi internet lancar.
  • Periksa nomor HP terdaftar di akun GoPay sebelum lanjut tahap berikutnya.
  • Memahami batas limit top up GoPay.

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat bankir.id sajikan terkait tidak bisa atau gagalnya isi saldo GoPay lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya pembahasan penyebab dan cara mengatasi tidak dapat top up GoPay di atas bisa bermanfaat bagi pengguna GoPay yang alami masalah serupa.

Tinggalkan komentar