√ Tabungan Mabrur BSI : Syarat, Setoran Awal & Cara Buka Rekening

Tabungan Mabrur BSI – Sebagai umat muslim tentu kalian mempunyai impian bisa menginjakkan kaki ke Tanah Suci, Mekkah dengan cara menunaikan ibadah Haji. Nah, jika demikian Bank Syariah Indonesia (BSI) menawarkan Tabungan Mabrur yang bisa kalian gunakan untuk merencanakan biaya melaksanakan ibadah Haji maupun Umrah.

Dalam beberapa minggu ke depan, umat muslim di seluruh Dunia akan berangkat ke Mekkah guna menunaikan ibadah Haji. Bagi kalian yang juga berminat menunaikan ibadah tersebut, kami sarankan untuk membuka rekening Mabrur di Bank Syariah Indonesia.

Kenapa kami menyarankan tabungan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh BSI. Kemudian pada setiap jenis tabungan Haji di semua Bank di Indonesia memiliki ketentuan terkait saldo minimal untuk didaftarkan ke Siskohat.

Tabungan Mabrur dari BSI sendiri menerapkan syarat pendaftaran yang cukup mudah, bahkan bagi anak-anak berusia diatas 12 tahun diperbolehkan memiliki Tabungan Mabrur. Menariknya lagi, BSI juga mendukung prosedur pembukaan rekening secara Online maupun Offline. Daripada makin penasaran, langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Tabungan Mabrur BSI

Tabungan Mabrur BSI

Tabungan Mabrur merupakan salah satu JENIS TABUNGAN BSI yang dikelola menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah. Sesuai dengan namanya, tabungan ini berguna untuk nasabah yang ingin mewujudkan impiannya pergi ke Tanah Suci dimana setiap nasabah atau pengguna rekening ini wajib menyetorkan dana hingga sebesar Rp. 25.100.000 (Dua Puluh Lima Juta Seratus Ribu Rupiah).

Setelah terkumpul dana dengan jumlah tersebut, Bank Syariah Indonesia akan menyetorkan dana nasabah ke Siskohat. Bagi yang belum tahu, Siskohat merupakan sistem informasi komputerisasi Haji terpadu yang bertugas untuk menyusun jadwal keberangkatan Haji dan lain sebagainya. Bisa dibilang, Siskohat adalah “Jantung” dari penyelenggaraan ibadah Haji di Indonesia.

Syarat Buka Rekening Mabrur BSI

Syarat Buka Rekening Mabrur BSI

Kemudian seperti kami singgung diatas, bahwa syarat untuk membuka rekening ini tidaklah sulit. Setiap warga Indonesia dapat membuka rekening Mabrur BSI dengan cara melengkapi beberapa syarat berikut terlebih dahulu :

1. Warga Negara Indonesia

Setiap WNI berusia 17 tahun keatas bisa membuka rekening Mabrur BSI secara pribadi. Sedangkan untuk WNI dengan usia 12 – 16 tahun perlu pendamping dari Orang Tua / Wali jika ingin memiliki Tabungan Mabrur.

2. Mempunyai KTP & NPWP

Selain itu, setiap calon nasabah 17 keatas wajib menyertakan KTP dan NPWP. Sedangkan untuk calon nasabah dibawah 17 tahun bisa menggunakan KTP dan NPWP milik pendamping sebagai syarat pendaftaran.

3. Bersedia Membayar Setoran Awal

Terakhir, setiap nasabah wajib bersedia untuk membayar setoran awal sesuai ketentuan yang berlaku. Lalu berapa nominal setoran awal untuk jenis tabungan ini? Simak terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Setoran Awal Pembuatan Rekening Mabrur BSI

Setoran Awal Pembuatan Rekening Mabrur BSI

Diatas kami sempat menyinggung bahwa tabungan Haji dari Bank BRI, BNI, Mandiri dan lain sebagainya selalu menerapkan saldo minimal agar bisa diajukan ke Siskohat. Nah, untuk mengumpulkan dana tersebut tentu diperlukan setoran awal dan setoran berikutnya.

Pada Tabungan Mabrur BSI setiap pengguna akan dimintai setoran awal sebesar 100.000 Rupiah. Kemudian untuk setoran berikutnya bisa dilakukan mulai dari nominal 10.000 Rupiah. Namun semua itu kembali ke kalian, jika ingin cepat-cepat menunaikan ibadah Haji maka kami sarankan untuk melakukan setoran rutin dalam jumlah besar, sehingga dana bisa segera terkumpul.

Cara Buka Tabungan Mabrur Bank Syariah Indonesia

Sampai disini mungkin beberapa dari kalian mulai tertarik untuk membuka rekening tersebut. Nah, perlu diketahui bahwa prosedur pembuatan Tabungan Mabrur tidak beda jauh seperti buka rekening BSI lainnya. Disamping itu, kalian juga bisa memilih metode pembuatan rekening, yakni via Online maupun Offline. Supaya lebih jelas, langsung saja simak tutorialnya dibawah ini :

A. Cara Online

Cara Online
  1. Buka situs resmi Bank Syariah Indonesia
  2. Setelah itu pilih menu Buka Rekening.
  3. Pada pilihan jenis rekening, silahkan klik Tabungan Mabrur.
  4. Jika sudah, pahami informasi seputar deskripsi produk dan syarat. Lalu klik Selanjutnya -> Ya, Saya Berminat.
  5. Pada tampilan berikutnya akan muncul informasi mengenai biaya-biaya Tabungan Mabrur, langsung saja pilih Selanjutnya.
  6. Sekarang kalian diminta melengkapi formulir Online atau e-form BSI untuk membuka rekening Mabrur.
  7. Apabila formulir sudah dilengkapi silahkan klik Daftar. Setelah itu, instruksi berikutnya untuk menyelesaikan buka rekening Mabrur bakal di informasikan melalui Email dan SMS.

B. Cara Offline

Cara Offline
  1. Kunjungi Kantor Cabang BSI terdekat.
  2. Ambil nomor antrian Customer Service dan tunggu hingga tiba giliran.
  3. Jika sudah, kalian diminta menemui petugas.
  4. Sampaikan pada petugas bahwa kalian ingin buka rekening Mabrur dari BSI.
  5. Kemudian petugas akan meminta berkas persyaratan yang diperlukan.
  6. Setelah itu, kalian akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening oleh Petugas.
  7. Jika sudah, petugas akan memandu kalian untuk proses pembayaran setoran awal. Biasanya proses ini dapat dilakukan melalui petugas CS, Teller atau transfer melalui mBanking yang kalian miliki.
  8. Terakhir, kalian akan menerima buku tabungan beserta Kartu Haji & Umrah Indonesia yang memiliki fungsi sama seperti kartu ATM.

Catatan : Khusus untuk pembuatan rekening via Online, kalian perlu mengambil sendiri buku tabungan dan kartu ATM ke Kantor Bank Syariah Indonesia.

Keuntungan Tabungan Mabrur BSI

Keuntungan Tabungan Mabrur BSI

Kemudian seperti kalian simak di awal pembahasan, Tabungan Mabrur dari Bank Syariah Indonesia ini mempunyai beragam benefit atau keuntungan untuk setiap nasabah. Penasaran apa saja keuntungan tersebut? Jawaban selengkapnya telah kami siapkan dibawah ini :

1. Membantu Perencanaan Keberangkatan Haji & Umrah

Pertama, melalui Tabungan Mabrur BSI kalian bisa merencanakan keberangkatan ibadah Haji dan Umrah secara aman. Kenapa demikian, sebab dalam mengelola dana nasabah BSI menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah.

2. Mendapatkan Fasilitas Lengkap

Kedua, setiap pemilik Tabungan Mabrur akan diberi fasilitas berupa buku tabungan, kartu ATM hingga fasilitas Digital Perbankan seperti BSI Mobile, BSI Net Banking dan SMS Banking BSI.

3. Bebas Biaya Administrasi

Ketiga, Bank Syariah Indonesia tidak memberlakukan biaya admin dalam bentuk apapun pada setiap nasabah. Bukan hanya itu, proses penutupan rekening juga tidak dipungut biaya sepeserpun.

4. Mendukung Proses Pelunasan via Online

Keempat, BSI juga memperbolehkan nasabah untuk melunasi dana secara Online agar segera didaftarkan ke pihak Siskohat. Biasanya, hal seperti ini tidak diperbolehkan pada rekening serupa dari Bank lain.

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai Tabungan Mabrur BSI lengkap syarat, biaya setoran awal hingga cara buka rekening lewat situs resmi dan Kantor Cabang BSI. Apabila masih ada informasi lain seputar Tabungan Mabrur BSI yang tidak kalian peroleh pada ulasan diatas, silahkan hubungi CALL CENTER BSI via panggilan, Email atau Media Sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here