√ Shopeepay Tidak Bisa Digunakan : 7 Penyebab & Cara Mengatasi

Shopeepay Tidak Bisa Digunakan – Apakah kalian merupakan pelanggan Shopee? Jika demikian, tentu kalian tidak asing dengan salah satu fasilitas di dalamnya, yaitu Shopeepay. Ya, pada artikel berikut kami mempunyai pembahasan menarik mengenai fitur Shopeepay pada merchant Shopee.

Belakangan ini media sosial resmi milik Shopee, khususnya di Twitter cukup ramai pertanyaan dari pengguna mengenai gangguan yang terjadi pada Shopeepay. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Shopeepay seringkali tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Namun ketika Shopeepay tidak dapat digunakan seperti biasa, bukan berarti penyebab sepenuhnya berasal dari aplikasi Shopee. Jadi ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi alasan terjadinya masalah pada penggunaan Shopeepay, salah satunya adalah saldo Shopeepay tidak mencukupi.

Selain informasi seputar penyebab, kami juga mempunyai beberapa cara yang bisa kalian gunakan agar Shopeepay bisa digunakan kembali. Penasaran apa saja solusi dari masalah tersebut? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

Shopeepay merupakan fitur eWallet atau Dompet Digital yang disediakan oleh Shopee dengan tujuan memudahkan pembayaran barang di aplikasi tersebut. Mekanisme penggunaan Shopeepay memang jauh lebih praktis dibandingkan metode lainnya, disini kalian cukup memasukkan PIN Shopeepay untuk menyelesaikan.

Namun jika kalian sudah terbiasa menggunakan Shopeepay untuk checkout barang di Shopee pastinya merasa kecewa saat layanan itu tidak bisa digunakan. Biasanya ketika mengalami gangguan seperti ini pada layar akan muncul notifikasi khusus yang menjelaskan Shopeepay tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran.

Penyebab Shopeepay Bermasalah

Penyebab Shopeepay Bermasalah

Seperti kami singgung diatas bahwa Shopeepay tidak bisa digunakan terjadi karena beberapa faktor. Nah, berikut ini adalah sederet faktor yang mungkin menjadi alasan kenapa Shopeepay tidak bisa dipakai, antara lain :

1. Saldo Tidak Cukup

Pertama, saldo Shopeepay tidak cukup atau kurang dari harga barang yang di beli. Hal semacam ini mungkin dialami oleh kalian pelanggan Shopee yang jarang menggunakan Shopeepay sebagai metode pembayaran, sehingga tidak terlalu memperhatikan saldo di rekening Shopeepay.

2. Koneksi Internet Buruk

Penyebab kedua adalah koneksi internet yang digunakan pada smartphone tidak bagus atau tidak stabil. Ketika koneksi buruk maka tidak hanya berdampak pada Shopeepay, tapi untuk membuka Shopee dan mencari barang di dalamnya saja tidak bisa.

3. Salah Memasukkan PIN Shopeepay

Kemudian ketika sudah melakukan proses pembayaran tapi kalian LUPA PIN SHOPEEPAY tapi terus mencoba memasukkan PIN secara acak. Ketika melakukan salah PIN sebanyak 3 kali secara berturut maka Shopeepay kalian akan terblokir, sehingga untuk sementara waktu layanan tersebut tidak bisa digunakan.

4. Maintenance Server

Penyebab yang terakhir adalah berasal dari aplikasi Shopee maupun fitur Shopeepay itu sendiri. Perlu diketahui, setiap layanan pasti pernah mengalami Maintenance Server, dimana saat proses ini dilakukan maka layanan terkait secara otomatis akan dimatikan sementara.

Cara Mengatasi Shopeepay Tidak Bisa Dipakai

Cara Mengatasi Shopeepay Tidak Bisa Dipakai

Setelah mengetahui penyebab dari Shopeepay tidak bisa digunakan, sesuai janji diatas bahwa kami juga punya beberapa cara agar Shopeepay kembali bisa digunakan. Jadi solusi berikut ini bisa kalian pilih berdasarkan penyebab dari masalah itu sendiri. Supaya lebih jelas, langsung saja simak selengkapnya dibawah ini :

1. Lakukan Top Up Saldo Shopeepay

Jika Shopeepay tidak dapat digunakan karena tidak mempunyai saldo di dalamnya, maka untuk solusinya adalah melakukan Top Up atau isi ulang. Proses TOP UP SHOPEEPAY bisa dilakukan melalui berbagai cara, diantaranya ATM, Mobile Banking, Hingga melalui layanan eWallet seperti OVO, DANA dan GoPay.

2. Gunakan Wifi / Jaringan 4G Lte

Kemudian kalian juga bisa mengganti koneksi internet dengan Wifi atau jaringan 4G Lte. Cara ini berguna apabila masalah pada Shopeepay disebabkan karena buruknya koneksi internet. Ketika memakai internet yang stabil, bisa dipastikan Shopeepay bisa lancar digunakan asal terdapat saldo mencukupi di dalamnya.

3. Hubungi Call Center Shopee

Sedangkan untuk solusi terakhir adalah menghubungi Call Center Shopee, baik via panggilan telepon maupun melalui Surel (email). Trik bisa digunakan ketika mengalami lupa PIN sehingga Shopeepay terblokir. Minta bantuan pada petugas untuk membuka blokir tersebut dan membuat kata sandi baru.

Akhir Kata

Itu saja yang bisa Bankir.id sampaikan mengenai penyebab hingga cara mengatasi Shopeepay tidak bisa digunakan padahal akun sudah aktif. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi para pelanggan Shopee yang kerap menggunakan Shopeepay dalam membayar barang belanjaan di Merchant tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here