√ Livin Mandiri Error ER-R5 : Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Livin Mandiri Error ER-R5 – Saat ini hampir semua Bank di Indonesia menyediakan fasilitas mBanking untuk nasabah, termasuk Bank Mandiri. Awalnya Bank ini menyediakan fasilitas mBanking dengan nama Mandiri Online, tapi sekarang sudah berganti nama menjadi Livin by Mandiri.

Sementara itu, fitur transaksi yang tersedia di Livin Mandiri juga sangat lengkap, disini kalian bisa melakukan transaksi cek saldo, cek mutasi, transfer, Top Up hingga bayar berbagai macam tagihan.

Dengan begitu, adanya Livin Mandiri ini tentu saja sangat memudahkan kalian dalam bertransaksi, sebab kalian tidak perlu lagi antri di ATM atau Teller Bank Mandiri. Lalu apa jadinya, jika pada penggunaan layanan Livin Mandiri muncul kode Error yang mengakibatkan transaksi tidak bisa dilakukan?

Advertisements

Ada beberapa kode Error yang kerap muncul di Livin Mandiri, salah satunya adalah kode Error ER-R5. Penasaran apa dampak dari kode Error ER-R5? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Baiklah, langsung saja simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Livin Mandiri Error ER-R5

Livin Mandiri Error ER R5
Advertisements

Jika BNI Mobile punya kode Error 9081 yang menyebabkan kendala transaksi di BNI Mobile, layanan Livin Mandiri juga punya kode Error ER-R5. Kode Error ini memiliki arti “Smartphone / Perangkat yang digunakan untuk mengakses Livin Mandiri sudah di Root”

Hal ini berdampak aplikasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka sama sekali. Lalu, apakah penyebab dari Livin Mandiri Error ER-R5 hanya karena perangkat sudah di Root? Sebenarnya bukan hanya itu, ada beberapa penyebab lain yang bisa memunculkan notifikasi Error ER-R5 di Livin Mandiri.

Advertisements

Penyebab Error ER-R5 di mBanking Mandiri

Melanjutkan pembahasan diatas, jadi Livin Mandiri juga tidak bisa dibuka karena beberapa faktor lain. Berikut ini telah kami siapkan faktor-faktor yang menjadi alasan Livin Mandiri tidak bisa diakses, antara lain :

1. Smartphone Sudah di Root

Penyebab pertama tentu saja berasal dari smartphone yang digunakan sudah di Root atau Jailbreak. Hal ini sudah dijelaskan pada Syarat dan Ketentuan penggunaan Livin Mandiri bahwa aplikasi ini tidak mendukung pengoperasian melalui perangkat yang di Root atau telah di modifikasi. Sebab, hal ini bisa membahayakan informasi atau data-data nasabah Mandiri.

2. Livin Mandiri Terdapat di Secure Folder

Selain itu, kode Error ER-R5 juga bisa muncul apabila aplikasi Livin Mandiri yang di download masuk ke dalam Secure Folder. Hal ini biasanya terjadi ketika kalian mendownload aplikasi Livin Mandiri tidak dari Google Play Store atau App Store, melainkan dari situs pihak ketiga.

3. Sedang Terjadi Maintenance

Penyebab selanjutnya adalah layanan Livin Mandiri memang sedang mengalami perbaikan sistem alias Maintenance. Dengan begitu, layanan tidak bisa diakses sebelum proses Maintenance berakhir.

4. File Cache Menumpuk

Terakhir, Error ER-R5 pada Livin Mandiri juga bisa disebabkan oleh banyaknya file Cache yang menumpuk. Ingat, banyak nya file Cache atau file Sampah dari aplikasi Livin Mandiri bisa menimbulkan berbagai macam Bug, tak terkecuali munculnya kode masalah ER-R5.

Cara Mengatasi Error ER-R5 di mBanking Mandiri

Cara Mengatasi Error ER R5 di mBanking Mandiri

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja penyebab dari masalah diatas, selanjutnya kami juga akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Dibawah ini kalian bisa memilih beberapa cara untuk mengatasi Error ER-R5 sesuai dengan penyebab nya :

1. Install Ulang Aplikasi Livin Mandiri

Cara pertama adalah melakukan install ulang aplikasi Livin Mandiri di smartphone. Cara ini berlaku apabila aplikasi sebelumnya diperoleh dari situs pihak ketiga sehingga aplikasi tidak bisa digunakan karena masuk ke dalam Secure Folder.

Silahkan Uninstall aplikasi Livin Mandiri, lalu download dan install ulang aplikasi tersebut melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS). Dengan begitu, besar kemungkinan Error ER-R5 tidak akan muncul pada saat mengakses Livin Mandiri.

2. Hapus Cache

Cara kedua adalah membersihkan file Cache yang menumpuk. Cara ini bisa dilakukan pakai aplikasi pembersih yang tersedia gratis di Google Play Store dan App Store. Atau khusus untuk User Android kalian bisa Clear Cache lewat menu Setelan dengan tata cara sebagai berikut :

  • Pergi ke menu Setelan
  • Scroll kebawah dan pilih Apl
  • Setelah itu pilih Kelola Aplikasi
  • Kemudian cara aplikasi Livin Mandiri
  • Jika sudah, klik menu Hapus Data dibagian bawah kemudian klik Bersihkan Cache pada pop-up yang muncul
  • Selesai

Ketika file Cache sudah bersih, biasanya seluruh Bug yang tadinya mengganggu proses penggunaan Livin Mandiri akan hilang. Selanjutnya kalian bisa melakukan transfer BI Fast, Top Up ShopeePay dan transaksi lainnya di Livin Mandiri.

3. Ganti Perangkat

Lalu jika masalah diatas terjadi karena smartphone yang digunakan merupakan hasil Root, maka solusinya adalah mengganti perangkat baru yang masih normal (belum di Root). Dengan begitu, kode Error ER-R5 tidak akan muncul lagi.

Mungkin solusi atau cara mengatasi Error ER-R5 bisa dilakukan dengan mengubah settingan smartphone kembali ke awal. Tapi hal ini biasanya jarang berhasil, sebab perangkat sudah terlanjur di Root dan tidak menutup kemungkinan di dalamnya sudah ada Bug yang sulit diperbaiki.

4. Hubungi Call Center Mandiri

Apabila semua cara diatas sudah dilakukan tapi masalah tidak kunjung selesai, maka cara mengatasi yang terakhir adalah menghubungi Call Center Mandiri. Dengan cara ini kalian bisa langsung terhubung ke petugas Customer Service Bank Mandiri.

Kemudian kalian bisa menanyakan seputar permasalahan ER-R5 dalam penggunaan layanan Livin Mandiri. Nantinya petugas bakal membantu menjelaskan penyebab hingga cara mengatasi masalah tersebut.

Akhir Kata

Itu saja informasi dari Bankir.id mengenai Livin Mandiri Error ER-R5 (tidak bisa akses karena perangkat di Root). Selain itu, diatas kami juga menjelaskan secara lengkap terkait penyebab hingga cara mengatasi Error ER-R5 di mBanking Mandiri terbaru.

Advertisements

Tinggalkan komentar