25 Daftar Kode Error Internet Banking BRI & Cara Mengatasi

Kode Error Internet Banking BRI – Jadi bank terbaik di Indonesia, tentu saja Bank BRI selalu senantiasa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap nasabahnya. Hal itu telah dibuktikan dengan adanya pemberian layanan yang akan memudahkan nasabah BRI melakukan transaksi.

Adapun layanan tersebut seperti misalnya ATM, Mobile Banking dan Internet Banking. Untuk layanan online seperti Mobile dan Internet Banking mungkin menjadi salah satu alternatif yang menjadikan nasabah bertransaksi tanpa perlu datang ke kantor cabang BRI atau ke ATM.

Namun dengan catatan jika nasabah BRI sudah melakukan registrasi atau pendaftaran Internet Banking BRI dan Mobile Banking. Untuk registrasi sendiri bisa dilakukan di kantor cabang terdekat dengan bawa persyaratan seperti KTP, buku rekening, kartu ATM dan perangkat.

Jika tidak ingin ribet Anda bisa registrasi dan aktivasi sekalian layanan Mobile Banking dan Internet Banking saat pembukaan rekening BRI di awal. Dengan telah lakukan registrasi nantinya Anda mendapat User ID dan Password guna login maupun mengakses masuk layanan tersebut.

Kode Error Internet Banking BRI

Namun untuk kali ini bankir.id bukan akan membahas mengenai cara registrasi layanan tersebut. Melainkan akan bahas mengenai kode-kode error yang muncul pada layanan Internet Banking BRI. Bagi nasabah BRI dan menggunakan layanan ini tentu akan menemui kode error tersebut.

Apa Itu Internet Banking BRI

Bagi yang belum tahu akan apa itu Internet Banking BRI atau IB BRI, maka ketahui dahulu. Di mana Internet Banking BRI merupakan sebuah layanan yang dapat membantu para nasabah Bank BRI melakukan berbagai keperluan transaksi tanpa harus datang ke gerai ATM atau kantor cabang.

Secara umum, layanan Internet Banking BRI digunakan digunakan untuk melakukan transaksi seperti transfer, cek saldo, mutasi rekening koran, bahkan sampai pembayaran tagihan seperti listrik, internet, pulsa telepon, premi asuransi, BPJS PDAM dan lainnya.

Layanan Internet Banking ini nantinya dapat diakses maupun dibuka melalui browser di perangkat yang ada (HP/komputer). Ini berbeda dengan Mobile Banking yang bisa mengoperasikannya lewat aplikasi yang telah disediakan pihak bank BRI dan nasabah perlu mengunduhnya.

Kode Error Internet Banking BRI

Jika sudah tahu apa itu Internet Banking BRI, selanjutnya mari ke pembahasan utama yaitu mengenai kode error pada layanan Internet Banking BRI beserta arti dan cara mengatasinya. Dengan begitu simak pembahasan kode error Internet Banking Bank Rakyat Indonesia ini sampai akhir.

1. Kode Error BBR002P

Kode error pertama yaitu error BBR002P, kode error ini disebabkan oleh adanya kesalahan saat memasukkan user Id maupun password pada saat login di BRImo. Jika dari dua penginputan layanan tersebut terjadi kesalahan otomatis kode error BBR002P akan muncul. Untuk mengatasi kode error BBR002P, silahkan memasukkan ulang User ID atau password secara benar.

2. Kode Error BBR00C2

Kode error kedua yaitu BBR00C2, Internet Banking BRI error dengan menampilkan kode error ini menunjukan jika ada kesalahan saat memasukkan kode Validation pada saat login di BRImo. Cara mengatasi kode error BBR00C2 dengan mencoba memasukkan ulang kode Validation secara benar.

3. Kode Error BBR2015

Selain itu Internet Banking juga bisa kerap memunculkan eror dengan kode BBR2015. Permasalahan error BBR2015 terjadi karena Anda belum terdaftar mToken. Jadi mengatasinya adalah dengan melakukan aktivasi mToken di kantor cabang Bank BRI terlebih dahulu.

4. Kode Error BBR00QC, ISO000Q4, ISO000Q1 & ISO0003

Untuk error Internet Banking BRI dan kemudian memunculkan kode-kode error seperti di atas, penyebab bukan lain karena tidak terkoneksinya transaksi jaringan dari web Anda ke server Internet Banking BRI. Sehingga secara otomatis akan alami kegagalan.

Selain itu akan mengakibatkan loading lambat dan akhir tidak berselang lama memunculkan kode kesalahan tersebut. Cara mengatasi kode error BBR00QC, ISO000Q4, ISO000Q1 dan ISO0003 adalah lakukan login ulang setelah beberapa saat.

5. Kode Error ISO0053 & Error ISO005

Lalu untuk error ISO0053 & Error ISO005 pada Internet Banking BRI disebabkan oleh 2 permasalahan. Di mana permasalahan tersebut diantara lainnya seperti:

  • Saldo rekening tidak mencukupi saat melakukan transaksi. jadi pastikan sebelum lakukan transaksi cek dahulu terkait ketersediaan saldo di dalam rekening BRI milik Anda.
  • Terjadi kesalahan dalam memasukkan nomor rekening tujuan saat melakukan transaksi transfer. Cek dan periksa nomor rekening sebelum lanjut ke langkah berikutnya adalah solusi paling tepat.

6. Kode Error BBR2004

Untuk pengaksesan Internet Banking BRI dan alami error dengan munculnya kode BBR2004, ada dua penyebabnya. Diantara lain penyebab tersebut adalah:

  • Anda lakukan penutupan halaman Web sebelum melakukan log out dari akun Internet Banking. Silakan atasi dengan cara hapus history akses yang telah dilakukan pada laman web, lalu silakan login ulang.
  • Anda lakukan Multi Login dari web berbeda, misalnya lakukan login melalui web di Smartphone dan di waktu bersamaan juga login melalui web di laptop/komputer. Mengatasi masalah ini Anda tinggal perlu log out dahulu, lalu login ulang dengan mengakses lewat satu web saja.

7. Kode Error ISO0096

Internet Banking BRI memunculkan eror dengan kode ISO0096 di sebabkan oleh beberapa hal. Untuk lebih jelasnya bisa simak penyebab error ISO0096 di bawah ini:

  • Saldo tidak cukup untuk lakukan transaksi. Solusinya adalah dengan memastikan ketersediaan saldo di dalam rekening BRI milik Anda.
  • Koneksi jaringan internet lemah atau buruk. Silakan cari koneksi internet yang kuat baik menggunakan paket data atau Wi-Fi rumah.

8. Kode Error BBR2009 & BBR200GEN

Kode error BBR2009 & BBR200GEN terjadi karena waktu sesi login telah berakhir/habis. Umumnya hal ini terjadi saat nasabah BRI membiarkan halaman Internet Banking terlalu lama tanpa adanya tindakan apa-apa. Mengatasinya yaitu dengan lakukan hapus riwayat akses di browser, dan jika tetap muncul bisa matikan jaringan internet lalu nyalakan ulang.

9. Kode Error BBR1006

Internet Banking BRI muncul kode error BBR1006 juga bisa terjadi karena karena pengguna salah dalam memasukkan password dan bisa juga kesalahan memasukkan user ID. Solusi paling tepat dengan munculnya kode error ini adalah dengan memasukkan kembali User ID atau password yang benar.

10. Kode Error BBR2002

Error selanjutnya pada layanan Internet Banking yang kerap muncul adalah error dengan kode BBR2002. Pokok permasalahan terjadi karena jaringan internet melambat maupun server Internet Banking BRI lagi download. Penyelesaian bisa dilakukan dengan melakukan login secara berkala.

11. Kode Error ISO005

Kode error ISO005, juga kerap muncul saat nasabah BRI mengakses layanan Internet Banking BRI. Di mana penyebab dari error ISO005 ini adalah karena ada kesalahan saat memasukkan nomor rekening tujuan ketika proses transfer. Jadi selalu konfirmasi kebenaran nomor rekening tujuan sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

12. Kode Error Q2

Kode error ketiga yaitu error Q2, untuk kode error pada Internet Banking Bank Rakyat Indonesia ini terjadi karena beberapa hal. Namun secara umum permasalahan datang dari beberapa hal ini:

  • Salah memasukkan password lebih dari 3 kali dan mengakibatkan terblokir. Cara mengatasi paling tepat adalah dengan reset password di kantor cabang Bank BRI.
  • Ada perubahan jumlah digit user ID yang telah di tetapkan oleh pihak Bank BRI. Di mana semulanya hanya berjumlah 10 dan kini di tetapkan menjadi 12 digit. Dengan begitu Anda hanya perlu mengganti user ID dan password dengan cara login di Internet Banking BRI, lalu pilih “Layanan Nasabah” atau datang ke kantor cabang Bank BRI langsung.
  • Terjadi kesalahan dalam proses memasukkan kode mToken saat melakukan transaksi melalui Internet Banking. Mengatasinya tinggal Anda masukkan ulang kode mToken secara benar.
  • User ID tidak pernah digunakan login dalam jangka waktu tertentu (45 hari), terhitung sejak pembuatan User ID. Cara mengatasi yaitu dengan datang ke kantor cabang Bank BRI dan minta bantuan Customer Service.
  • Adanya orang lain yang login dengan menggunakan user ID milik Anda, namun alami kesalahan memasukkan User ID 3 kali secara berturut-turut. Langkah atasinya tinggal melaporkan hal tersebut di kantor cabang Bank BRI.

13. Kode Error 109

Kode error 109 jadi salah satu dari sekian banyak kode error yang akan ditemui oleh nasabah BRI saat mengakses layanan Internet Banking lewat aplikasi BRI Mobile. Penyebab sendiri terjadi karena adanya update aplikasi BRI Mobile ke aplikasi BRImo. Mengatasi yaitu dengan hapus aplikasi BRI Mobile lalu install ulang BRImo.

14. Kode Error 114

Sedangkan untuk error 114 terjadi karena adanya jaringan internet yang melambat bahkan terputus. Cara mengatasi error 114 pada layanan BRI Mobile yaitu dengan cara memastikan kekuatan jaringan dan silakan lakukan login secara berkala. Jika perlu gunakan koneksi lain seperti paket data atau Wi-Fi.

15. Kode Error ISO0092

Untuk kode error ini pada layanan Internet Banking Mandiri yaitu karena terjadi karena ada gangguan jaringan maupun server bermasalah. Untuk mengatasinya silakan tunggu sampai jaringan server kembali normal dan silakan lakukan pengecekan secara berkala.

16. Kode Error Internet Banking BRI Lainnya

  • Kode Error ISO0076 – Rekening tujuan tidak benar, jadi periksa kembali nomor rekening tujuan.
  • Kode Error ISO0001 – Error terjadi saat melakukan pembayaran.
  • Kode Error ISO0051 – Terjadi karena saldo rekening BRI tidak mencukupi untuk lakukan transaksi transfer.

Akhir Kata

Demikian kiranya informasi terkait kode error pada layanan Internet Banking BRI yang bisa ditemui oleh para pengguna saat mengaksesnya. Semoga dengan adanya pembahasan kode error dan cara mengatasi yang bankir.id sajikan di atas bisa bermanfaat.

Jadi kesimpulannya setiap masalah pada Internet Banking BRI akan mengeluarkan kode error yang berbeda-beda. Selain itu, untuk penanganan atau solusi mengatasinya juga berbeda pula. Jadi adanya pembahasan tersebut semoga bagi pengguna Internet Banking BRI yang alami masalah serupa bisa membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here