Kenapa Saldo ShopeePay Tidak Muncul ? Ini 8 Penyebab & Solusi

Kenapa Saldo ShopeePay Tidak Muncul – Shopee? Siapa tidak mengenal salah satu e-commerce atau tempat berbelanja online nomor 1 yang menyediakan berbagai produk. Nantinya Anda bisa membeli barang di Shopee tanpa perlu keluar rumah, karena nantinya barang akan dikirim sesuai alamat oleh pihak jasa pengirim yang dipilih.

Tentu saja bagi Anda para pengguna aplikasi Shopee, sudah tidak asing lagi dengan apa itu yang dinamakan dengan ShopeePay. Di mana ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik di mana bisa menjadi pilihan metode pembayaran transaksi online, pembayaran transaksi offline di merchant ShopeePay, bahkan bisa untuk menerima pengembalian dana di aplikasi Shopee.

Untuk bisa menikmati fitur ShopeePay ini, pengguna Shopee perlu untuk mengaktifkan terlebih dahulu agar nantinya transaksi bisa dimulai. Namun sebelum mulai Anda harus memastikan sudah melakukan isi saldo atau top up terlebih dahulu. Untuk cara top up ShopeePay banyak metode caranya misalnya top up di ATM, Mobile Banking (semua bank), dompet digital bahkan Alfamart & Indomaret.

Advertisements

Namun dalam penggunaan ShopeePay tersebut, terkadang para pengguna akan alami beberapa kendala pada fitur ShopeePay ini. Salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan para pengguna adalah saldo ShopeePay tidak muncul dan ShopeePay tidak bisa digunakan yang membuat bertanya-tanya mengenai penyebab kenapa hal itu dapat terjadi penyebabnya.

Kenapa Saldo ShopeePay Tidak Muncul

Kenapa Saldo ShopeePay Tidak Muncul

Mengenai kenapa ShopeePay tidak muncul, berikut akan bankir.id sajikan informasi secara lengkap terkait apa faktor penyebab dan cara mengatasinya. Jadi terus untuk simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir, agar rasa penasaran Anda tentang kenapa saldo ShopeePay tidak muncul tersebut terjawabkan.

Penyebab Saldo ShopeePay Tidak Muncul

Penyebab Saldo ShopeePay Tidak Muncul

Berbicara mengenai saldo ShopeePay tidak muncul tersebut, ternyata ada beberapa faktor penyebabnya. Menurut beberapa sumber atau informasi yang didapatkan dan pengalaman kami menggunakan ShopeePay terus saldo tidak muncul bisa disimpulkan penyebabnya terjadi karena beberapa hal ini.

1. Koneksi Internet Buruk

Penyebab pertama, koneksi buruk yang terhubung dengan HP yang digunakan untuk membuka aplikasi Shopee juga bisa jadi faktor kenapa saldo gagal muncul. Tidak hanya menjadikan gagal memunculkan saldo ShopeePay, koneksi buruk juga akan membuat pengguna akan terlempar secara otomatis dari aplikasi Shopee dan tidak bisa menggunakannya.

2. Aplikasi Shopee Error

Penyebab kedua saldo tidak muncul juga dapat terjadi karena aplikasi Shopee sedang error, alami gangguan, atau sedang terjadi maintenance maupun pemeliharaan. Untuk permasalahan ini kerap tidak disadari oleh para pengguna karena pihak Shopee tidak memberikan informasi terlebih dahulu saat akan adanya maintenance aplikasi Shopee.

3. Tidak Memenuhi Ketentuan

Penyebab ketiga saldo gagal muncul bisa terjadi akibat saat pengaktifan fitur uang elektronik dari Shopee ini Anda tidak memenuhi syarat ketentuan yang diminta. Dengan begitu secara otomatis proses aktivasi ShopeePay gagal dan saldo tidak dimunculkan meskipun Anda baru saja melakukan proses top up atau isi saldo.

4. Ada Promo Besar-Besaran

Selain beberapa penyebab di atas, saldo tidak muncul juga bisa terjadi saat terjadinya promo besar-besaran dari Shopee yang membuat efek pada sistem tidak bekerja secara normal seperti biasanya. Namun tidak perlu khawatir akan kejadian tidak muncul saldo ShopeePay, karena bukan masalah serius.

Cara Mengatasi Saldo ShopeePay Tidak Muncul

Cara Mengatasi Saldo ShopeePay Tidak Muncul

Jika sudah demikian tentu saja Anda bertanya mengenai bagaimana cara untuk mengatasi saldo ShopeePay tersebut kembali muncul. Untuk hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan melihat permasalahan terlebih dahulu. Untuk penanganan atau saldo tidak muncul bisa dilakukan dengan hal ini.

1. Gunakan Koneksi Lancar

Saat tidak munculnya saldo ShopeePay karena koneksi buruk dan tidak stabil, maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti atau menggunakan koneksi internet yang koneksinya lancar. Dalam hal itu, Anda bisa akses aplikasi Shopee dengan perangkat yang terhubung dengan apa koneksi lain.

Seperti misalnya menggunakan koneksi internet rumah Wi-Fi, paket data, maupun tethering hotspot perangkat milik teman, saudara, atau keluarga. Secara umum pembukaan aplikasi Shopee dengan koneksi lancar tersebut akan membuat pengaksesan seluruh fitur dapat berjalan normal seperti biasa.

2. Tunggu Aplikasi Normal

Namun saat saldo tidak muncul akibat adanya gangguan atau error dan proses maintenance pada aplikasi Shopee, maka tidak ada cara lain selain menunggu sampai gangguan atau maintenance pada aplikasi Shopee tersebut berakhir. Karena ini merupakan hal teknis yang pihak Shopee saja tidak menginginkannya.

Untuk lama tidaknya proses perbaikan dan menunggu sampai benar-benar saldo kembali muncul tidak bisa diperkirakan. Namun untuk bisa memastikan perbaikan telah berhasil, silakan Anda cek secara berkala aplikasi Shopee dan masuk ke fitur ShopeePay untuk melihat saldo muncul atau tidak.

3. Lengkapi Syarat Ketentuan

Sedangkan jika saldo ShopeePay tidak muncul karena saat mengaktifkan ShopeePay terjadi kekurangan dalam pengisian syarat ketentuan. Maka jalan satu-satunya untuk mengatasinya adalah dengan melengkapi semua syarat ketentuan yang diminta.

Jika perlu Anda bisa memulai pengaktifan ShopeePay dari awal sehingga mengetahui kekurangan data apa yang belum diisikan. Namun secara otomatis proses aktivasi tidak sulit di mana Anda hanya diminta untuk menyetujui syarat ketentuan dan memasukkan kode OTP/verifikasi yang dikirim pihak Shopee lewat WhatsApp.

4. Hubungi Pihak Shopee

Jika dirasa proses mengatasi di atas tetap saja tidak menemui hasil dan saldo tidak mau muncul. Maka Anda bisa menghubungi call center Shopee untuk mempertanyakan dan meminta bantuan atas permasalahan kenapa saldo ShopeePay gagal muncul tersebut.

Untuk menghubunginya bisa lewat customer service Shopee melalui live chat, mengirim email dengan menulis pertanyaan klik tombol Email di bawah kemudian tuliskan permasalahan, atau telepon call center Shopee di 1500702 atau media sosial Shopee.

Mengenai layanan pengaduan ini, tim customer service Shopee sedia dan siap melayani kapan saja selama 24 Jam dari hari 7 hari kerja (Senin -Minggu). Bahkan saat hari libur nasional, jadi tidak perlu khawatir akan hal itu saat Anda alami di jam-jam rawan seperti di malam hari.

Apa Saldo ShopeePay Akan Muncul Kembali?

Pertanyaan tersebut juga nantinya akan dilontarkan oleh para pengguna Shopee yang alami saldo ShopeePay tidak muncul. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, secara umum dan pengalaman telah terjadi, setelah lakukan hal tersebut nantinya saldo akan otomatis muncul.

Namun berbeda jika saldo ShopeePay hilang atau salah kirim, maka tidak ada cara untuk mengembalikan saldo yang hilang tersebut. Itu terjadi akibat bukan dari kesalahan sistem, di mana permasalahan terjadi karena kesalahan dari pengguna yang kurang teliti.

Akhir Kata

Dengan begitu Anda bisa memulai kembali guna melakukan proses transaksi di ShopeePay guna melakukan pembayaran produk atau transaksi lainnya. Mungkin itu saja informasi terkait yang bisa bankir.id sajikan mengenai kenapa saldo ShopeePay tidak mau muncul. Semoga adanya pembahasan saldo gagal muncul di atas bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar