GoPay Tidak Bisa Transfer ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

GoPay Tidak Bisa Transfer – Kemudahan transaksi baik itu pembayaran atau transfer uang sudah dapat dirasakan secara online. Banyak aplikasi dompet digital dan uang elektronik sejenis yang bisa memudahkan urusan transaksi keuangan Anda dalam keseharian.

Salah satunya dengan GoPay yang menjadi uang elektronik dari aplikasi Gojek. Menjadi dompet digital serba bisa dari Gojek yang bisa melakukan transaksi mulai dari transaksi cepat untuk semua layanan Gojek dan ratusan Rekan Usaha, hingga transfer atau menerima uang dengan mudah.

Untungnya transfer ke rekening bank menggunakan GoPay nantinya hanya akan dikenai biaya admin sebesar Rp 2.500 berbeda saat ingin transfer dari rekening bank. Tentu saja keuntungan tersebut kerap dimanfaatkan oleh para pengguna aplikasi Gojek atau GoPay.

Namun dalam urusan kirim uang atau transfer dari GoPay tidak semua bisa berjalan lancar. Ada kalanya para pengguna menemui masalah yang menyebabkan GoPay tidak bisa digunakan untuk transfer atau kirim uang saat itu juga di mana membuat transaksi tertunda.

GoPay Tidak Bisa Transfer

GoPay Tidak Bisa Transfer

Mengenai permasalahan tidak bisa kirim saldo tersebut, pada pembahasan kali ini bankir.id akan sajikan informasi lengkap penyebab dan cara mengatasi GoPay tidak bisa kirim uang. Jadi terus untuk simak dan ikuti pembahasan di GoPay Gagal kirim saldo bawah ini sampai akhir.

Penyebab GoPay Tidak Bisa Transfer

Penyebab GoPay Tidak Bisa Transfer

Berbicara mengenai penyebab yang menjadikan transfer GoPay ke DANA, OVO atau sesama, dan rekening bank gagal. Rupanya bisa terjadi akibat beberapa faktor, namun secara umum permasalahan GoPay tidak bisa melakukan kirim uang diantara lainnya seperti:

1. Belum Upgrade ke Akun GoPay Plus

Pertama, bisa jadi transfer dapat diakibatkan belum melakukan upgrade ke GoPay Plus. Karena seperti diketahui sendiri jika ingin lakukan transfer di GoPay perlu upgrade akun GoPay dahulu.

2. Jaringan Internet Buruk

Kedua, bisa saja jaringan internet yang digunakan atau terhubung dengan koneksi perangkat pengakses aplikasi Gojek sedang buruk maupun tidak stabil. Sehingga pembukaan pengaksesan menjadi gagal.

3. Server Alami Gangguan

Ketiga, transfer GoPay gagal dapat dikarenakan karena adanya gangguan hari ini (sistem sibuk) akibat pada server aplikasi Gojek atau bank penerima saldo transferan. Umum hal ini terjadi karena biasanya sedang dalam pemeliharaan sistem.

4. Salah Memasukkan Nomor Rekening Tujuan

Keempat, salah memasukkan nomor rekening tujuan juga bisa menjadikan proses transfer lewat GoPay alami kegagalan. Itulah yang menjadikan tujuan penerima saldo dari GoPay tidak valid.

5. Akun Rekening Penerima Telah Terblokir

Kelima, selain salah memasukkan nomor rekening tujuan penerima. Gagal kirim saldo dari GoPay juga terjadi akibat akun rekening si penerima telah terblokir atau sudah tidak aktif.

6. Virtual Account (VA) Belum Terdaftar

Keenam, saat Anda mengirim saldo GoPay ke nomor VA yang valid namun kirim saldo tetap gagal. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena nomor VA yang dituju belum terdaftar di GoPay.

Cara Mengatasi GoPay Tidak Bisa Transfer

Cara Mengatasi GoPay Tidak Bisa Transfer

Jika sudah tahu apa saja penyebab yang menjadikan transfer atau kirim saldo GoPay gagal di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Untuk cara mengatasi GoPay tidak bisa transfer tinggal sesuaikan dengan permasalahan yang ada.

1. Upgrade Akun GoPay Plus

Jika permasalahan tidak bisa transfer akibat belum upgrade ke akun GoPay Plus, maka silakan langsung saja upgrade ke GoPay Plus di aplikasi Gojek. Cara upgrade sendiri sangat mudah, karena siapkan aplikasi Gojek versi terbaru dan foto KTP/Paspor. Untuk cara upgrade akun GoPay Plus seperti berikut:

  • Buka aplikasi Gojek.
  • Pergi ke “Eksplor”.
  • Lalu pilih “Plus”.
  • Setelah itu klik “Upgrade sekarang”.
  • Kemudian ambil foto e-KTP.
  • Lalu foto wajah (selfie) bersama KTP.
  • Kemudian klik “Kirim Dokumen”.
  • Terakhir silakan cek status upgrade GoPay ke GoPay Plus.

2. Ganti Koneksi Internet

Lalu saat tidak bisa kirim saldo lewat GoPay akibat koneksi internet yang buruk. Silakan Anda gunakan koneksi lain yang kiranya lancar dan lebih stabil. Bisa gunakan paket data atau internet rumah (WiFi) saat transaksi dengan GoPay.

Secara umum untuk permasalahan tidak bisa transfer akibat koneksi tidak stabil, mengatasi dengan cara ini sudah kembali normal. Jadi tidak perlu khawatir saat alami kegagalan ini, hanya saja transaksi sedikit tertunda.

3. Tunggu Server Normal Kembali

Kemudian saat kirim saldo GoPay gagal akibat gangguan server, maka jalan satu-satunya untuk mengatasi adalah dengan menunggu sampai server kembali pulih. Untuk lama server normal kembali tidak bisa ditentukan.

Jadi untuk memastikan apakah server aplikasi Gojek sudah pulih, silakan buka dan lakukan transaksi kembali secara berkala. Jika transfer berhasil tanpa alami kegagalan, maka itu tandanya server sudah pilih atau normal kembali.

4. Cek Ulang Nomor Rekening Tujuan

Sedangkan untuk permasalahan tidak bisa transfer akibat salah memasukkan nomor rekening tujuan, untuk mengatasinya adalah dengan cek ulang apakah nomor rekening sudah sesuai. Sehingga kegagalan transfer dari GoPay minim terjadi.

Lalu saat kirim saldo GoPay ke nomor VA ternyata belum valid akibat belum terdaftar di GoPay. Silakan untuk daftar nomor virtual account GoPay tersebut terlebih dahulu. Kemudian coba ulang transaksi transfer di GoPay tersebut.

5. Hubungi Call Center Gojek

Jika dirasa dengan cara mengatasi di atas rupanya tetap tidak berhasil dan alami kegagalan. Maka Anda bisa meminta bantuan dengan menghubungi call center Gojek untuk menyelesaikan permasalahan tidak bisa transfer ini. Anda bisa hubungi lewat kapan saja di :

  • Email : customerservice@gojek.com
  • Telepon : +6221-5084-9000

Akhir Kata

Demikian kiranya pembahasan terkait GoPay tidak bisa transfer atau kirim saldo yang dapat bankir.id sajikan lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya pembahasan terkait GoPay gagal kirim saldo di atas bisa bermanfaat bagi semua, terutama pengguna aplikasi Gojek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here