15 Cara Mengetahui CVV BRI 2022 : Fungsi & Bagian Kartu

Cara Mengetahui CVV BRI – Bagi masyarakat Indonesia, tentu saja Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu dari sekian banyak bank terbaik yang hadir. Tidak heran jika banyak fasilitas layanan yang diberikan oleh bank BRI kepada para nasabah setelah berhasil membuka rekening BRI.

Dan salah satu fasilitas layanan yang didapatkan tersebut seperti misalnya kartu debit / ATM dan kartu kredit jika Anda mengajukan pembuatan kartu kredit BRI. Keduanya nantinya sudah bisa digunakan sebagai kartu transaksi maupun kartu pembayaran baik secara offline maupun online yang akan memudahkan berbagai urusan.

Nah berbicara mengenai kartu debit atau kartu kredit BRI sendiri rupanya ada sebuah kode rahasia yang terdapat pada setiap kartu tersebut. Di mana kode rahasia ini jauh lebih dikenal dengan nama kode CVV maupun CVC. Tentu saja bagi sebagian orang akan rada asing, lalu apa sebenarnya CVV?

Advertisements

Mengenai hal itu pada pembahasan kali bankir.id akan sajikan informasi lengkap mengenai CVV BRI baik dari pengertian apa itu CVV, fungsi CVV, sampai cara mengetahuinya. Jadi terus simak dan ikuti pembahasan di bawah ini agar rasa penasaran akan kode CVV bisa terjawabkan.

Cara Mengetahui CVV BRI

Apa Itu Kode CVV ?

Kode CVV (Card Verification Value) atau CVC (Card Verification Code) adalah sebuah 3 – 4 digit kode rahasia yang hanya boleh di ketahui oleh Anda para pemilik kartu debit / kredit BRI. Mengenai hal itu, terkadang masih banyak nasabah BRI di mana masih belum mengetahui akan kode CVV.

Di mana untuk lebih jelasnya, fungsi CVV yaitu sebagai kode verifikasi saat bertransaksi secara online baik itu menggunakan kartu kredit maupun debit BRI. Nantinya pengguna kartu debit / kredit BRI hanya perlu memasukkan angka CVV ini guna proses pengesahan saat langkah terakhir pembelian/pembayaran online.

Mengenai CVV itu sendiri tidak hanya diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia saja. Melainkan CVV juga akan diberikan oleh bank-bank lain yang mengeluarkan produk kartu debit atau kredit dengan logo VISA dan Mastercard. Seperti misalnya bank BNI, BCA, Mandiri dan bank lainnya.

Posisi CVV Kartu Kredit & Debit BRI

Lalu di mana letak maupun posisi kode CVV BRI? Mengenai posisi ataupun letak dari CVV kartu debit maupun kredit BRI yaitu terdapat di bagian belakang kartu dekat dengan tanda tangan pemilik kartu BRI. Untuk kartu debit BRI semua akan memiliki nomor CVV.

Berbeda dengan kartu debit / ATM BRI, di mana hanya kartu debit BRI tertentu saja yang akan memiliki CVV. Di mana kartu ATM berlogo MasterCard dan Visa saja yang terdapat kode CVV. Jadi jika kartu nasabah belum berlogo MasterCard dan Visa maka tidak akan memiliki kode CVV.

Cara Mengetahui CVV BRI

Mengenai cara mengetahui CVV BRI sebenarnya sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Nantinya Anda hanya perlu melihat 3 atau 4 digit nomor CVV pada sebuah kartu kredit/debit dari bank BRI di bagian belakang kartu di dekat tanda tangan pemilik kartu.

Sebenarnya para nasabah sudah pernah mengetahui letak dari CVV ini, hanya saja belum mengetahui jika itu merupakan CVV / CVC. Dengan begitu untuk mengetahui CVV BRI ini Anda tidak perlu repot-repot untuk mencarinya.

Bagian Kartu Debit / Kredit BRI

Bagian Kartu Debit Kredit BRI

Untuk lebih jelas, mari akan kami sampaikan bagian-bagian yang terdapat di kartu debit atau kartu kredit BRI. Agar nantinya nasabah BRI yang belum mengetahui maupun penasaran akan letak posisi CVV bisa terjawabkan.

Depan

Mengenai bagian depan kartu debit maupun kredit BRI akan ditampilkan beberapa pengenal lainnya. Salah satunya adalah untuk mengetahui 16 digit nomor kartu ATM BRI. Selain itu, di sisi depan sebuah kartu ATM akan ditampilkan bagian kartu seperti berikut:

  • Logo bank BRI yang merupakan sebagai penerbit kartu.
  • Smart chip dengan wujud dan memiliki warna emas.
  • 16 digit nomor kartu debit / kredit BRI.
  • Masa berlaku kartu / Valid Thru berupa bulan dan tahun.
  • Nama pemilik kartu debit / kredit BRI.
  • Jenis kartu baik itu VISA maupun Mastercard.

Belakang

Lalu untuk melihat di bagian belakang kartu, Anda akan di kasih lihat akan angka CVV BRI kartu dan informasi lainnya. Lalu apa saja bagian belakang kartu tersebut? Di mana dibagian belakang akan menawarkan hal seperti berikut.

  • Pita magnetic / magnetic strip berwarna hitam.
  • Panel tanda tangan dari nasabah BRI.
  • Tentu saja 3 digit Kode CVV / CVC.
  • Alamat bank penerbit.
  • Logo Cirrus / Plus.
  • Hologram.
  • Nomor call center bank BRI.

Call Center BRI

Namun bagi nasabah BRI yang tidak mengetahui CVV kartu debit atau kredit sama sekali, selain mengetahui dengan cara di atas. Maka bisa mengetahuinya dengan memanfaatkan layanan fasilitas layanan call center BRI untuk bisa mengetahuinya.

Silakan hubungi call center BRI untuk meminta bantuan dan penjelasan mengenai CVV BRI. Dengan begitu pihak customer service akan menginformasikan apa itu CVV BRI dan memandu Anda melihat nomor CVV dari kartu debit maupun kredit BRI.

Untuk menghubungi call center BRI silakan lakukan panggilan di 14017 atau 1500017. Anda bisa lakukan panggilan kapan saja selama 24 jam dan 7 hari kerja karena layanan ini melayani Anda setiap saat. Untuk kelancaran siapkan kartu debit/kredit karena akan ditanya nomor kartu untuk informasi.

Bagi nasabah yang menghubungi dengan panggilan layanan call center BRI tidak gratis. Jadi jika lakukan panggilan lewat nomor HP pastikan jika memiliki pulsa cukup, minimal di nomor HP tersebut memiliki pulsa Rp 20.000. Sedangkan untuk telepon rumah, maka biaya akan ditangguhkan saat pembayaran.

Akhir Kata

Mungkin seperti itulah informasi cara mudah mengetahui kode CVV BRI baik di kartu debit/ATM dan kartu kredit BRI yang dapat bankir.id sajikan. Selain itu kami juga sampaikan informasi terkait lainnya seputar CVV BRI.

Jadi, adanya pembahasan CVV BRI di atas semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua. Terutama bagi pada nasabah BRI yang belum mengetahui sama sekali apa itu CVV BRI dan cara mengetahui kode CVV BRI-nya.

Tinggalkan komentar