11 Cara Ganti ATM BCA via Mesin CS Digital : Biaya & Manfaat

Cara Ganti ATM BCA via Mesin CS Digital – Sebagai nasabah BCA kalian pasti sudah menerima notifikasi terkait perintah untuk ganti kartu ATM BCA berteknologi Chip. Pemberitahuan ini berlaku untuk semua nasabah BCA yang masih menggunakan kartu ATM Magnetic Stripe

Nah, kabar gembira untuk kalian yang ingin ganti kartu ATM BCA, sebab kali ini proses tersebut bisa dilakukan lebih mudah melalui mesin CS Digital. Dengan cara ini proses ganti ATM BCA jadi lebih praktis serta tidak perlu repot-repot antri dengan nasabah lain.

Akan tetapi mesin CS Digital mungkin belum tersedia di setiap Bank BCA, melainkan baru ada di Kantor Cabang atau Kantor Pusat Bank BCA. Lalu seperti apa langkah-langkah mengganti kartu ATM BCA dari Magnetic Stripe ke Chip via mesin CS Digital?

Tenang, melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara melakukan proses tersebut. Bukan hanya itu, kami juga telah menyiapkan informasi seputar syarat, biaya hingga manfaat ganti kartu ATM BCA. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Ganti ATM BCA via Mesin CS Digital

Cara Ganti ATM BCA via Mesin CS Digital

Saat ini hampir semua Bank di Indonesia seperti Mandiri, BRI dan BNI telah mewajibkan nasabah untuk ganti atau migrasi dari ATM Magnetic Stripe ke Chip. Hal serupa juga berlaku pada nasabah BCA dimana setiap nasabah yang masih menggunakan ATM lama (Magnetic Stripe) diharuskan mengganti ATM BCA versi terbaru atau yang sudah berteknologi Chip.

Nah, seperti kami singgung diatas bahwa Bank BCA bakal memudahkan nasabah dalam melakukan proses tersebut. Jadi, BCA telah menyediakan sebuah mesin CS Digital yang bisa digunakan untuk ganti ATM BCA. Adapun syarat untuk ganti ATM BCA via mesin CS Digital sangatlah mudah, yaitu cukup membawa e-KTP. Setelah itu, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Kunjungi Mesin CS Digital BCA

Kunjungi Gerai Mesin CS Digital BCA

Pertama-tama silahkan datang ke gerai mesin CS Digital BCA yang terletak di Kantor Cabang Bank BCA terdekat. Ingat, fasilitas ini hanya bisa digunakan pada pukul 08:00 – 20:00 WIB.

2. Tekan Menu Kartu

Tekan Menu Kartu

Setelah itu tap Start pada layar mesin lalu pilih menu Kartu.

3. Pilih Ganti Kartu

Pilih Ganti Kartu

Selanjutnya ketuk Ganti Kartu karena disini kalian ingin ganti ATM BCA lama ke yang baru.

4. Lakukan Scan e-KTP

Lakukan Scan e KTP

Jika sudah, kalian akan diminta meletakkan e-KTP diatas Scanner (lihat gambar). Posisikan e-KTP sesuai instruksi agar proses pemindaian berhasil.

5. Scan Sidik Jari

Scan SidiK Jari

Selanjutnya letakkan jari telunjuk kanan pada Fingerprint Scanner yang terletak dibawah tempat memasukkan kartu ATM.

6. Masukkan Kartu ATM BCA Lama

Masukkan Kartu ATM BCA Lama

Sekarang masukkan ATM BCA Magnetic Stripe yang kalian miliki.

7. Input PIN ATM

Input PIN ATM

Input PIN ATM untuk melanjutkan proses ganti ATM BCA via mesin CS Digital.

8. Tentukan Jenis Kartu

Tentukan Jenis Kartu

Sekarang pilih jenis kartu ATM BCA baru (sesuai jenis ATM BCA lama).

9. Ketuk Lanjutkan

Ketuk Lanjutkan

Lakukan konfirmasi ganti ATM BCA dengan cara ketuk Lanjutkan di pojok kanan bawah.

10. Buat PIN Baru

Buat PIN Baru

Setelah itu kalian akan diminta membuat PIN ATM baru. Disini kalian bisa membuat PIN yang sama dengan sebelumnya.

11. Ambil ATM BCA Baru

Ambil ATM BCA Baru

Tunggu beberapa saat, maka ATM BCA baru yang sudah mengusung teknologi Chip di dalamnya akan keluar dari mesin CS Digital. Silahkan ambil kartu tersebut dan tinggalkan mesin. Selesai.

Biaya Ganti Kartu ATM BCA di Mesin CS Digital

Biaya Ganti Kartu ATM BCA di Mesin CS Digital

Sampai disini mungkin beberapa dari kalian masih penasaran mengenai biaya layanan ganti ATM BCA melalui mesin CS Digital. Ya, takutnya setelah selesai melakukan cara ganti ATM BCA tiba-tiba saldo di rekening BCA berkurang sebagai biaya layanan.

Tenang, Bank BCA sama sekali tidak menerapkan biaya pada nasabah yang melakukan ganti ATM BCA di mesin CS Digital. Sebelumnya proses ini memang berlaku biaya sebesar Rp. 10.000. Namun saat ini ketentuan tersebut sudah tidak berlaku, jadi kalian hanya perlu membawa e-KTP dan ATM BCA sebagai syarat utamanya, tanpa harus memikirkan biaya maupun saldo di dalam rekening.

Manfaat Ganti Kartu Debit BCA

Manfaat Ganti Kartu Debit BCA

Perlu diketahui bahwa Bank BCA telah menerbitkan peraturan mengenai kewajiban nasabah yang masih menjadi pengguna ATM Magnetic Stripe untuk melakukan migrasi ke ATM berbasis Chip. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, proses ganti ATM BCA ke versi terbaru memiliki manfaat sebagai berikut :

1. Menghindari Pemblokiran Kartu

Pertama, dengan cara diatas para pengguna ATM BCA lama bisa tetap menggunakan fasilitas tersebut untuk transaksi, seperti MENGAMBIL UANG, transfer, bayar tagihan di ATM BCA. Sebab, bagi pengguna ATM BCA lama yang tidak segera melakukan migrasi sebelum Januari 2022 secara otomatis kartu ATM akan diblokir oleh BCA.

2. Menjaga Keamanan Transaksi

Kedua, ATM BCA yang sudah berteknologi Chip juga mampu menunjang keamanan data nasabah maupun transaksi yang dilakukan. Sebab, melalui Chip tersebut segala bentuk aktivitas dari ATM BCA akan terekam oleh sistem.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai cara ganti ATM BCA via mesin CS Digital. Untuk melakukan migrasi ATM BCA dari Magnetic Strip ke Chip pakai cara diatas kalian tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Selain bisa digunakan untuk ganti ATM BCA, mesin CS Digital juga mendukung layanan lain mulai dari ganti jenis kartu, MENGATASI LUPA PIN SMS BCA hingga mencetak kartu Digital ke Fisik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here