16 Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online : Syarat & Aktivasi

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online – Mandiri merupakan salah satu dari sekian banyak Bank terbaik di Indonesia. Selain mampu memberikan pelayanan terbaik pada setiap nasabah, Mandiri juga menyediakan berbagai macam fasilitas perbankan, diantaranya adalah Internet Banking Mandiri (iBanking Mandiri).

Sebagai nasabah Mandiri, mungkin beberapa dari kalian yang sudah memiliki akses ke Internet Banking. Layanan ini memungkinkan kalian untuk melakukan beragam transaksi, seperti transfer, bayar tagihan, Top Up dan lain sebagainya. Bagi yang belum punya, pada artikel berikut kami bakal menjelaskan tata cara daftar hingga aktivasi iBanking Mandiri.

Berbicara soal cara daftar layanan Internet Banking Mandiri, belum lama ini kami memperoleh pertanyaan “Apakah bisa daftar Internet Banking Mandiri secara Online?“. Apabila cara itu memang tersedia, pasti bakal sangat memudahkan kalian untuk melakukan registrasi.

Namun untuk jawaban yang lebih pasti akan kami jelaskan di bagian pembahasan. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa proses daftar Internet Banking Mandiri Online memerlukan beberapa persyaratan. Supaya lebih jelasnya, kalian dapat langsung simak informasinya dibawah ini.

Perbedaan iBanking Mandiri & mBanking Mandiri

Perbedaan iBanking Mandiri mBanking Mandiri

Perlu diketahui bahwa layanan Internet Banking Mandiri ini berbeda dengan Mandiri Online. Pada iBanking Mandiri kalian akan menerima perangkat tambahan bernama TOKEN MANDIRI yang digunakan sebagai sistem keamanan ganda. Disamping itu layanan tersebut juga lebih efektif untuk digunakan pada perangkat Desktop seperti PC atau Laptop.

Sedangkan Mandiri Online (mBanking Mandiri) merupakan fasilitas Digital Perbankan dari Mandiri yang dapat diakses melalui smartphone. Proses registrasi atau pendaftaran mBanking Mandiri dapat dilakukan secara Online lewat aplikasi. Untuk aplikasinya sendiri dapat kalian install secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store.

Syarat Daftar Internet Banking Mandiri

Syarat Daftar Internet Banking Mandiri

Setelah mengetahui perbedaan antara Internet Banking dan Mobile Banking Mandiri, sekarang kita lanjut ke persyaratan apa saja yang diperlukan untuk daftar iBanking Mandiri. Mengenai hal tersebut, selengkapnya telah kami siapkan dibawah ini :

Rekening Mandiri

Pertama, kalian wajib mempunyai rekening Mandiri, baik itu dari Tabungan biasa, Giro maupun jenis rekening lainnya.

ATM Mandiri

Kedua, kalian juga perlu memiliki kartu ATM MANDIRI. Tidak ada ketentuan khusus terkait jenis ATM Mandiri yang bisa digunakan, artinya kalian bebas menggunakan ATM Mandiri jenis apa saja.

Kartu Identitas

Ketiga, untuk daftar Internet Banking Mandiri kalian wajib memiliki Kartu Identitas yang telah terdaftar sebagai nasabah Mandiri.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online

Pada salah satu persyaratan daftar iBanking Mandiri adalah wajib memiliki kartu ATM. Nah, hal ini berarti proses registrasi Internet Banking tidak bisa dilakukan secara Online, melainkan perlu datang ke mesin ATM Mandiri. Berikut ini telah kami siapkan tata cara registrasi layanan iBanking secara Offline lewat ATM Mandiri :

1. Datang ke ATM Mandiri

Datang ke ATM Mandiri

Pertama silahkan datang ke gerai ATM Mandiri terdekat. Sesampainya disana masukkan kartu ATM dan pilih Bahasa Indonesia.

2. Masukkan PIN

Masukkan PIN ATM

Setelah itu masukkan PIN ATM Mandiri. Ingat, ketika kalian salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, maka fasilitas tersebut secara otomatis akan terblokir.

3. Tekan Transaksi Lainnya

Tekan Transaksi Lainnya

Pada tampilan berikutnya silahkan pilih menu Transaksi Lainnya.

4. Pilih Pendaftaran e-Banking

Pilih Pendaftaran e Banking

Kemudian tekan menu Pendaftaran e-Banking.

5. Pilih Internet Banking

Internet Banking

Sesuai tujuan, silahkan pilih menu Internet Banking pada layar.

6. Tekan Setuju

Tekan Setuju

Setelah itu akan muncul informasi syarat dan ketentuan. Pahami terlebih dahulu, lalu tekan Setuju.

7. Input PIN ATM

Input PIN ATM

Selanjutnya input PIN ATM sekali lagi.

8. Buat PIN iBanking Mandiri

Buat PIN Internet Banking Mandiri

Jika sudah, sekarang kalian diminta untuk membuat PIN iBanking Mandiri. Lakukan proses ini sebanyak dua kali sebagai konfirmasi. Setelah itu tekan Benar.

9. Daftar iBanking Mandiri Telah Berhasil

Daftar iBanking Mandiri Telah Berhasil

Tunggu beberapa saat, maka secara otomatis mesin akan mengeluarkan struk bukti daftar Internet Banking Mandiri. Selesai.

Cara Aktivasi iBanking Mandiri Secara Online

Meskipun sudah melakukan registrasi, layanan Internet Banking Mandiri belum dapat digunakan secara penuh. Setelahnya kalian masih harus melakukan aktivasi secara Online melalui situs resmi Bank Mandiri. Lalu seperti apa sih cara aktivasi iBanking Mandiri secara Online? Tenang, tutorial lengkapnya telah Bankir.id siapkan dibawah ini :

1. Kunjungi Website Resmi Bank Mandiri

Kunjungi Website Resmi Bank Mandiri

Buka browser di PC atau Laptop setelah itu kunjungi ibank.bankmandiri.co.id. Setelah itu pilih Silahkan Klik Disini pada menu Pengguna Baru / Registrasi Ulang.

2. Pahami Syarat & Ketentuan

Pahami Syarat Ketentuan

Kemudian pahami syarat dan ketentuan yang berlaku terkait proses aktivasi Internet Banking Mandiri Secara Online. Silahkan klik Setuju untuk melanjutkan.

3. Masukkan ACCED ID & Kode Akses

Masukkan Nomor ATM Kode Akses

Pada halaman selanjutnya silahkan input nomor ATM Mandiri pada kolom Masukkan ACCED ID. Sedangkan untuk kolom di bawahnya kalian masukkan PIN Internet Banking Mandiri yang telah dibuat pada proses pendaftaran. Jika sudah, klik Aktifkan.

4. Lengkapi Data Aktivasi

Lengkapi Data Aktivasi

Kemudian lengkapi data aktivasi yang terdiri dari UserID, PIN, Nama Kecil Ibu, Email dan Bahasa. Setelah itu klik Kirim.

5. Klik Login

Klik Login

Sampai disini kalian sudah berhasil melakukan aktivasi iBanking Mandiri secara Online. Pada layar juga akan muncul UserID Internet Banking Mandiri milik kalian. Selanjutnya, klik Login.

6. Masukkan Data Login

Masukkan Data Login

Setelah itu input UserID dan PIN iBanking Mandiri pada kolom yang tersedia. Lalu pilih Kirim.

7. Internet Banking Mandiri Siap Digunakan

Internet Banking Mandiri Siap Digunakan

Sekarang layanan Internet Banking Mandiri sudah bisa digunakan secara penuh. Kalian dapat memanfaatkannya untuk transfer sesama, antara Bank Online, pembayaran dan lain sebagainya.

Kelebihan Layanan Internet Banking Mandiri

Kelebihan Layanan Internet Banking Mandiri

Setelah mengetahui cara daftar hingga aktivasi Internet Banking Mandiri secara Online, kalian juga perlu tahu bahwa fasilitas tersebut memiliki beberapa kelebihan. Penasaran apa saja kelebihan dari iBanking Mandiri? Jika demikian, silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini :

Syarat Daftar Mudah

Pertama, syarat daftar layanan ini sangatlah mudah, yaitu hanya KTP, Rekening dan ATM Mandiri. Selain itu, Mandiri juga tidak menerapkan biaya apapun untuk proses pendaftaran Internet Banking.

Mendukung Proses Aktivasi Secara Online

Kedua, meskipun belum mendukung proses registrasi secara Online, tapi untuk aktivasi layanan ini sudah dapat dilakukan secara Online melalui website. Sehingga kalian tidak perlu lagi pergi ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.

Keamanan Transaksi Terjamin

Ketiga, layanan Internet Banking Mandiri juga sudah mendukung perangkat Token. Nantinya perangkat tersebut bakal memberikan keamanan lebih pada setiap transaksi yang dilakukan secara Online lewat iBanking Mandiri. Informasi lebih lanjut mengenai cara menggunakan Token Mandiri bisa kalian lihat disini.

Akhir Kata

Jadi, untuk saat ini proses daftar iBanking Mandiri belum bisa dilakukan secara Online, melainkan harus lewat ATM Mandiri. Namun untuk tahap aktivasi layanan, kalian bisa melakukannya secara Online tanpa harus ke Bank. Selain itu, Bankir.id juga menjelaskan mengenai beberapa keunggulan dari layanan tersebut, salah satunya adalah mampu menjamin keamanan transaksi yang dilakukan lewat Internet Banking Mandiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here