13 Cara Aktivasi BJB Digi Lewat HP, Hanya 5 Menit!!

Cara Aktivasi BJB Digi – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan jumlah penduduk yang cukup padat. Selain itu, dari segi perekonomian Jawa Barat bisa dibilang cukup maju, oleh karena itu guna mengelola sistem perekonomian setempat, Pemprov Jawa Barat menyediakan BPD (Bank Pembangunan Daerah) bernama BJB.

Melalui Bank BJB, masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya bisa menyimpan uang hasil usaha atau menabung untuk keperluan jangka panjang. Selain itu, BJB juga menyediakan berbagai fasilitas perbankan, salah satunya adalah Mobile Banking bernama BJB Digi.

Layaknya layanan mBanking dari Bank lain, BJB Digi juga mendukung berbagai macam transaksi mulai dari transfer, cek saldo hingga pembayaran tagihan bulanan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua nasabah BJB bisa menggunakan layanan tersebut.

BJB Digi hanya bisa digunakan oleh nasabah yang sudah melakukan registrasi serta aktivasi layanan tersebut. Jika kalian merupakan nasabah BJB dan belum mempunyai akses BJB Digi, berikut ini telah kami siapkan informasi lengkap mengenai cara daftar dan juga aktivasi BJB Digi.

Syarat Mengaktifkan Mobile Banking BJB

Syarat Mengaktifkan Mobile Banking BJB

Sebelum masuk ke inti pembahasan, perlu diketahui bahwa Bank BJB menerapkan beberapa syarat dan ketentuan bagi setiap nasabah yang ingin aktivasi BJB Digi. Persyaratan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Memiliki Nomor HP

Pertama, kalian wajib mempunyai nomor HP aktif dari provider Telkomsel, Indosat, XL dan Three. Disamping itu pada nomor tersebut juga harus ada pulsa sedikitnya 2000 rupiah.

2. Melakukan Registrasi

Kedua, sebelum aktivasi kalian perlu melakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu. Proses ini dapat dilakukan dengan mudah melalui mesin ATM BJB terdekat.

3. Mempunyai Smartphone (Android / iOS)

Ketiga, perangkat smartphone Android maupun iOS sebagai sarana untuk menjalankan aplikasi BJB Digi. Aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Google Play Store maupun App Store.

Cara Daftar BJB Digi

Dari ketiga syarat diatas ada satu yang paling penting, yaitu melakukan pendaftaran BJB Digi. Seperti kami singgung diatas bahwa untuk registrasi bisa dilakukan dengan cara Offline melalui ATM BJB. Jika belum tahu seperti apa cara melakukannya, langsung saja simak tutorial selengkapnya berikut ini :

1. Masukkan ATM BJB

Masukkan ATM BJB

Pertama-tama kunjungi mesin ATM BJB terdekat lalu masukkan kartu ATM dengan benar. Jika sudah, pilih Bahasa Indonesia guna memudahkan setiap langkahnya.

2. Input PIN ATM

Input PIN ATM

Setelah itu kalian akan diminta memasukkan PIN ATM BJB. Ingat, jangan sampai salah 3 kali berturut-turut, sebab hal tersebut bisa membuat ATM BJB terblokir.

3. Pilih Transaksi Lainnya

Pilih Transaksi Lainnya

Pada tampilan berikutnya silahkan pilih menu Transaksi Lainnya.

4. Daftar e-Banking BJB

Daftar e Banking

Karena disini kita akan daftar BJB Digi, maka pilihlah menu Daftar e-Banking.

5. Pilih Mobile Banking

Pilih Mobile Banking

Setelah itu akan muncul tiga pilihan registrasi, langsung saja pilih yang paling atas yaitu Mobile Banking BJB.

6. Tekan Setuju

Tekan Setuju

Pada halaman konfirmasi, kalian tekan Setuju.

7. Masukkan Nomor HP

Masukkan Nomor HP

Sekarang masukkan nomor HP yang akan dipakai pada akun BJB Digi. Lakukan proses ini sebanyak 2 kali sebagai konfirmasi, jika sudah tekan Benar.

8. Registrasi Selesai

Registrasi Selesai

Terakhir, dari mesin ATM akan keluar struk sebagai bukti bahwa proses registrasi BJB telah berhasil.

Cara Aktivasi BJB Digi

Cara Aktivasi BJB Digi

Meskipun sudah berhasil membuat akun BJB Digi, layanan tersebut hanya bisa digunakan apabila kalian sudah melakukan aktivasi. Nah, untuk cara aktivasi BJB Digi bisa dilakukan lewat HP, sehingga tidak perlu repot-repot keluar rumah. Siapkan smartphone yang sudah terhubung ke koneksi internet lalu ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Install Aplikasi BJB Digi

Install Aplikasi BJB Digi

Pertama silahkan download dan instal aplikasi BJB Digi melalui Google Play Store atau App Store (menyesuaikan perangkat).

2. Jalankan Aplikasi BJB Digi

Jalankan Aplikasi BJB Digi

Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut lalu tap menu BJB Mobile.

3. Input Nomor HP

Input Nomor HP

Selanjutnya input nomor HP dan klik Kirim untuk meminta kode aktivasi.

4. Masukkan Kode Aktivasi

Masukkan Kode Aktivasi

Tidak lama kemudian kalian akan menerima SMS dari 3373 berisi 6 digit kode aktivasi. Silahkan input kode tersebut pada aplikasi. Sebelumnya balas terlebih dahulu SMS tersebut dengan format : AKT [spasi] Kode Aktivasi [spasi] PIN [spasi] PIN. Untuk PIN itu sendiri merupakan PIN baru yang dibuat sebagai kode keamanan. Contoh : AKT [spasi] 1234567 [spasi] 1234 [spasi] 1234. Setelah itu klik Kirim

5. Aktivasi BJB Digi Berhasil

Aktivasi BJB Digi Berhasil

Terakhir, pada layar smartphone akan muncul pemberitahuan bahwa proses aktivasi BJB Digi lewat HP telah berhasil. Sekarang kalian sudah bisa menggunakan layanan tersebut.

Biaya Aktivasi mBanking BJB

Biaya Aktivasi mBanking BJB

Sampai disini mungkin beberapa dari kalian penasaran apakah untuk aktivasi BJB Digi dikenai biaya atau tidak. Jadi, untuk setiap nasabah yang ingin memiliki layanan BJB Digi tidak akan dikenai biaya dalam bentuk alias Gratis. Biaya admin berlaku untuk transaksi tertentu melalui BJB Digi, seperti transfer ke rekening Bank lain atau bayar tagihan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari Bankir.id mengenai cara registrasi serta aktivasi BJB Digi lewat HP. Dengan adanya layanan tersebut, sekarang transaksi CEK SALDO, kirim uang dan lain sebagainya bisa dilakukan tanpa harus ke ATM. Namun perlu diketahui juga bahwa khusus untuk transfer uang lewat BJB Digi berlaku LIMIT TRANSFER, baik itu ke sesama rekening BJB maupun beda Bank.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here