BSI Mobile Tidak Bisa Transaksi ? Ini Dia 10 Cara Mengatasinya

BSI Mobile Tidak Bisa Transaksi – BSI (Bank Syariah Indonesia) merupakan hasil merger dari tiga Bank Syariah terbesar di Indonesia, yaitu BRIS, BNIS dan BSM. Dengan demikian, nasabah dari ketiga Bank kini diwajibkan melakukan migrasi rekening ke BSI.

Dalam proses migrasi maupun aktivasi (nasabah baru) nantinya bakal menerima fasilitas utama berupa BSI Mobile. Layaknya fasilitas Mobile Banking pada umumnya, BSI Mobile juga mendukung banyak fitur transaksi di dalamnya antara lain cek saldo, cek mutasi, transfer sesama, transfer Antar Bank Online hingga pembayaran tagihan.

Bicara soal BSI Mobile, belakangan ini beberapa pengguna atau nasabah BSI mengaku bahwa layanan tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Bagi kalian para pengguna BSI Mobile yang juga mengalami masalah tidak bisa transaksi, silahkan simak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengalami gangguan tersebut adalah mencari tahu penyebabnya. Setelah berhasil menemukan sumber masalah, selanjutnya baru mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Tenang, informasi mengenai penyebab maupun cara mengatasi BSI Mobile tidak bisa transaksi bisa kalian temukan pada ulasan dibawah ini.

BSI Mobile Tidak Bisa Transaksi

BSI Mobile Tidak Bisa Transaksi

Bagi para nasabah BSI yang sudah terbiasa pakai BSI Mobile untuk transfer uang, bayar tagihan, TOP UP PULSA dan transaksi lainnya, tentu akan jadi masalah ketika layanan tersebut tidak bisa transaksi. Gangguan seperti ini biasanya ditandai dengan munculnya notifikasi “Permintaan Tidak Dapat Diproses (100)” .

Sementara itu, gangguan seperti ini tidak hanya berlaku saat melakukan transaksi finansial, melainkan berlaku juga pada transaksi non-finansial seperti CEK SALDO dan CEK MUTASI. Jika demikian, bisa dibilang gangguan tersebut menyebabkan BSI Mobile tidak bisa digunakan sama sekali.

Penyebab mBanking BSI Gagal Transaksi

Penyebab mBanking BSI Gagal Transaksi

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan mBanking BSI tidak bisa dipakai transaksi? Seperti kami singgung diatas bahwa Bankir.id telah menyiapkan informasi seputar beberapa faktor yang mengakibatkan masalah gagal transaksi pada mBanking BSI. Beberapa faktor tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Saldo Tidak Mencukupi

Pertama, apabila transaksi ditolak ketika melakukan transfer, pembayaran tagihan atau pembelian pulsa dan token listrik, hal tersebut bisa terjadi karena saldo di rekening BSI tidak mencukupi. Maka dari itu, sebelum melakukan transaksi pastikan saldo kalian mencukupi.

2. BSI Mobile Belum di Update

Kedua, ketika aplikasi BSI Mobile belum di update ke versi terbaru juga bisa menimbulkan berbagai macam Bug, salah satunya adalah tidak bisa digunakan untuk transaksi, baik itu transaksi finansial maupun non-finansial.

3. Koneksi Internet Tidak Stabil

Ketiga, koneksi internet pada perangkat smartphone yang digunakan untuk mengakses BSI Mobile juga berperan penting dalam kelancaran setiap transaksi. Artinya, ketika koneksi internet tidak stabil maka ada kemungkinan hal tersebut berdampak pada kegagalan transaksi.

4. BSI Mobile Sedang Mengalami Gangguan

Keempat, hampir sama seperti pengguna aplikasi BSI Mobile versi lama, ketika layanan mengalami gangguan server juga bisa menjadi alasan setiap transaksi gagal diproses. Gangguan BSI Mobile bisa terjadi kapan saja tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Transaksi via mBanking BSI

Cara Mengatasi Tidak Bisa Transaksi via mBanking BSI

Dari semua informasi penyebab diatas, apakah ada salah satu diantaranya yang sedang kalian alami? Jika demikian, kalian bisa memilih beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi transaksi di mBanking BSI tidak bisa diproses sesuai penyebabnya :

1. Top Up Saldo ke Rekening BSI

Jika gagal transaksi disebabkan karena saldo tidak mencukupi, maka solusi paling tepat adalah melakukan isi saldo BSI. Kalian bisa melakukan Top Up BSI Mobile melalui fasilitas mBanking dari Bank lain atau memanfaatkan fasilitas Dompet Digital seperti DANA, OVO dan ShopeePay.

2. Perbarui Aplikasi BSI Mobile

Sedangkan untuk masalah yang disebabkan karena belum update aplikasi BSI Mobile, maka solusinya adalah melakukan update atau pembaruan BSI Mobile ke versi terbaru. Kalian bisa memperbarui aplikasi tersebut di Google Play Store (pengguna Android) atau Apps Store (pengguna iPhone).

3. Gunakan Koneksi Wifi / 4G Lte

Sementara itu, untuk mengatasi tidak transaksi pakai BSI Mobile karena koneksi buruk kalian bisa coba mengganti koneksi internet pada perangkat yang digunakan. Kami sarankan untuk menyambungkan perangkat ke Wifi atau data seluler 4G Lte. Jika koneksi lancar, maka setiap transaksi di BSI Mobile juga bisa berjalan lancar.

4. Lakukan Transaksi di ATM BSI

Cara terakhir untuk mengatasi BSI Mobile gagal transaksi adalah melakukan transaksi melalui ATM BSI. Cara ini berlaku jika masalah disebabkan karena gangguan server dari layanan BSI Mobile itu sendiri. Kenapa kami merekomendasikan untuk ganti metode via ATM? Sebab, proses perbaikan atau Maintenance BSI Mobile tidak bisa dipastikan kapan selesai, bisa hanya dalam beberapa jam namun bisa juga sampai seharian penuh.

Akhir Kata

Seperti itulah penjelasan dari Bankir.id mengenai penyebab mBanking BSI tidak bisa melakukan transfer, pembayaran, pembelian maupun transaksi lainnya. Bagi yang pernah atau bahkan sedang mengalami masalah serupa, kalian bisa simak ulasan diatas untuk mengetahui cara mengatasinya tanpa perlu meminta bantuan CALL CENTER BSI apalagi sampai repot-repot mendatangi Kantor Bank Syariah Indonesia (BSI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here