BCA Mobile Tidak Bisa Verifikasi ? Ini Dia Penyebab & Cara Mengatasinya

BCA Mobile Tidak Bisa Verifikasi – Sebagai nasabah Bank BCA tentu banyak dari kalian yang sudah mengaktifkan fasilitas BCA Mobile atau mBanking BCA. Dengan adanya fasilitas tersebut, segala macam transaksi dari rekening BCA menjadi jauh lebih praktis.

Bicara soal BCA Mobile, bagi kalian yang sudah menjadi layanan tersebut pernahkah kalian mengalami mBanking BCA tidak bisa verifikasi? Jika pernah atau bahkan sedang mengalami masalah tersebut, kalian perlu simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Masalah seperti bisa dialami oleh setiap pengguna Mobile Banking BCA, baik itu di perangkat Android maupun iPhone. Disamping itu, adanya masalah mBanking tidak bisa verifikasi tentu saja disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa berasal dari koneksi, perangkat atau aplikasi itu sendiri.

Nah, melalui pembahasan berikut kami telah menyiapkan informasi lengkap seputar penyebab hingga cara mengatasi mBanking gagal melakukan verifikasi. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

BCA Mobile Tidak Bisa Verifikasi

BCA Mobile Tidak Bisa Verifikasi

Seperti kami singgung diatas bahwa hadirnya layanan Mobile Banking BCA sangat memudahkan nasabah dalam melakukan cek saldo, transfer uang hingga TOP UP GOPAY dan layanan eWallet lainnya. Meskipun demikian, layanan mBanking BCA ternyata tidak luput dari masalah.

Salah satu masalah yang belakangan ini kerap dikeluhkan para pengguna adalah mBanking BCA tidak bisa melakukan verifikasi. Bagi yang belum tahu, verifikasi di mBanking BCA merupakan suatu cara untuk mengatasi Bug transaksi, seperti tidak bisa transfer, tidak bisa cek mutasi dan lain sebagainya tanpa harus ke Bank.

Dengan demikian, ketika layanan tersebut mengalami masalah transaksi namun ketika dilakukan verifikasi, mBanking BCA tidak bisa merespon proses tersebut pastinya menjadi masalah baru. Jika kalian mengalami masalah serupa, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya.

Penyebab mBanking Gagal Verifikasi

Penyebab mBanking Gagal Verifikasi

Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya masalah verifikasi pada Mobile Banking BCA. Dibawah ini telah kami rangkum beberapa penyebab mBanking BCA tidak bisa verifikasi lengkap dengan cara mengatasinya :

1. Aplikasi Belum di Update

Pertama, aplikasi BCA Mobile yang terpasang di smartphone kalian mungkin belum di update. Perlu diketahui, penggunaan BCA Mobile versi lama memang seringkali menimbulkan Bug, salah satunya adalah tidak bisa melakukan verifikasi. Sebagai solusinya kalian hanya perlu melakukan update BCA Mobile di Google Play Store atau App Store.

2. Belum Mengaktifkan Izin SMS BCA Mobile

Kedua, saat izin SMS BCA Mobile di menu pengaturan smartphone kalian belum diaktifkan juga bisa menjadi alasan BCA Mobile gagal melakukan verifikasi. Sebab, jika demikian maka kalian tidak bisa menerima SMS yang dikirim oleh BCA terkait proses verifikasi. Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Apl / Aplikasi
  • Lalu pilih Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi BCA Mobile
  • Klik Perizinan Lainnya
  • Aktifkan Izin Notifikasi Permanen

Catatan : Cara diatas berlaku untuk pengguna smartphone Xiaomi. Bagi pengguna smartphone merk lain, kalian bisa menyesuaikan di menu pengaturan.

3. Smartphone Menggunakan Koneksi Wifi

Ketiga, saat smartphone kalian menggunakan koneksi Wifi dalam melakukan verifikasi maka hal tersebut bisa menjadi penyebab masalah gagal verifikasi. Sebagai solusinya, kalian tinggal mengganti koneksi dengan data seluler. Jika tidak punya kuota, maka lakukan isi ulang terlebih dahulu di konter pulsa terdekat atau membelinya secara Online.

4. Nomor HP yang Terhubung BCA Mobile Tidak Berada di SIM Utama

Terakhir, nomor HP yang terdaftar di layanan BCA Mobile tidak terpasang di slot SIM Card utama (1). Hal ini berlaku pada pengguna smartphone Dual SIM, dimana perlu diketahui bahwa untuk melakukan verifikasi BCA Mobile, kalian perlu memastikan bahwa nomor HP yang terdaftar harus nomor HP yang digunakan untuk mengakses internet. Silahkan ubah letak SIM ke slot utama untuk mengatasi masalah gagal verifikasi.

Cara Melakukan Verifikasi Ulang BCA Mobile

Cara Melakukan Verifikasi Ulang BCA Mobile

Setelah menyimak beberapa penyebab beserta solusi gagal verifikasi, selanjutnya kalian bisa melakukan verifikasi ulang BCA Mobile supaya layanan tersebut bisa kembali digunakan untuk transaksi. Sebelum itu, pastikan kalian telah menyiapkan beberapa hal berikut ini :

  • Pulsa minimal Rp. 5.000
  • Nomor Kartu ATM
  • Kode akses BCA Mobile

Jika sudah, sekarang ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk verifikasi ulang BCA Mobile :

1. Buka Aplikasi BCA Mobile

Buka Aplikasi BCA Mobile

Langkah pertama silahkan buka aplikasi BCA Mobile

2. Ketuk Menu About

Ketuk Menu About

Setelah itu ketuk ikon ( i ) di pojok kanan atas untuk masuk ke menu About.

3. Tap Verifikasi Ulang

Tap Verifikasi Ulang

Selanjutnya tap Verifikasi Ulang

4. Pilih Simpan

Pilih Simpan

Pada pop-up yang muncul, silahkan klik Simpan

5. Masukkan Nomor Kartu ATM BCA

Masukkan Nomor Kartu ATM BCA

Kemudian masukkan 16 digit nomor kartu ATM BCA lalu tap OK.

6. Masukkan Kode Akses

Masukkan Kode Akses

Selanjutnya kalian diminta memasukkan kode akses BCA Mobile. Lakukan proses ini sebanyak 2 kali sebagai konfirmasi.

7. Verifikasi Ulang mBanking BCA Berhasil

Verifikasi Ulang mBanking BCA Berhasil

Sampai disini kalian sudah berhasil melakukan verifikasi ulang BCA Mobile dan layanan tersebut sudah siap digunakan untuk melakukan cek saldo, cek mutasi, transfer, bayar tagihan, Top Up dan lain sebagainya.

Catatan : Apabila setelah dilakukan verifikasi ulang tapi BCA Mobile tetap tidak bisa digunakan, maka segera hubungi HaloBCA di nomor 1500888 untuk informasi lebih lanjut.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari Bankir.id mengenai penyebab aplikasi Mobile Banking BCA tidak bisa melakukan verifikasi. Diatas kami juga menjelaskan beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut sesuai dengan penyebabnya.

Setelah siap melakukan verifikasi ulang, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah yang kami sajikan diatas untuk verifikasi ulang Mobile Banking BCA. Jika berhasil, artinya layanan tersebut siap digunakan seperti sediakala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here