Apakah Saldo ShopeePay Bisa Hangus ? Berikut Penjelasannya

Apakah Saldo ShopeePay Bisa Hangus – Jika Anda merupakan pengguna e-commerce Shopee, tentu sudah tidak asing lagi dengan apa itu yang dinamakan ShopeePay. Di mana ShopeePay menjadi fitur uang elektronik milik Shopee yang bisa digunakan untuk pembayaran transaksi di aplikasi Shopee.

Teruntuk Anda para pengguna akun Shopee baru, maka silakan aktifkan terlebih dahulu fitur ShopeePay guna bisa melakukan transaksi tersebut. Sehingga nantinya urusan pembayaran barang yang berhasil di checkout di Shopee semakin praktis. Dengan catatan Anda harus sudah melakukan isi saldo atau top up ShopeePay dahulu.

Untuk urusan top up ShopeePay sendiri banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya Anda melakukan top up lewat layanan bank seperti ATM dan Mobile Banking dari semua bank yang ada, top up lewat Alfamart, Indomaret, dompet digital (OVO, DANA, LinkAja dan lainnya). Tinggal sesuaikan saja dengan cara diinginkan.

Advertisements

Jika berhasil top up ShopeePay nantinya bisa digunakan untuk lakukan top up. Nah terkadang tidak sedikit dari para pengguna akun Shopee atau ShopeePay yang bertanya “Apakah saldo ShopeePay bisa hangus?” Pertanyaan tersebut kerap terlontar oleh Anda yang khawatir saldo ShopeePay tidak digunakan dalam waktu lama.

Apakah Saldo ShopeePay Bisa Hangus

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada pembahasan kali ini bankir.id akan sajikan jawaban atas pertanyaan tersebut secara lengkap di bawah ini. Jadi bagi Anda yang penasaran bisa untuk simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Apakah Saldo ShopeePay Bisa Hangus ?

Berbicara mengenai apakah saldo ShopeePay dapat hangus itu sendiri jawabannya adalah TIDAK. Lalu apa alasannya? Hal itu dikarenakan ShopeePay adalah fitur uang elektronik yang telah mutlak menjadi hak dari pemilik akun sehingga tidak bisa diambil lagi oleh pihak Shopee sekalipun tanpa ada alasan.

Dengan begitu saldo ShopeePay tidak memiliki masa aktif atau expired sehingga tidak akan hangus. Ini berbeda dengan koin Shopee atau bonus saldo ShopeePay yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Lalu apa jadinya jika sampai saldi ShopeePay hilang? Adapun penyebab saldo ShopeePay hilang diantara lainnya:

1. Digunakan Orang Lain

Penyebab pertama, saldo ShopeePay hilang bisa saja terjadi karena saldo digunakan oleh orang lain yang tidak dikenal. Banyaknya kasus ini diakibatkan oleh PIN akun ShopeePay sudah diketahui oleh si pelaku dan melakukan pengurasan terhadap isi saldo akun ShopeePay.

2. Saldo Digunakan Untuk Transaksi

Penyebab kedua, saldo ShopeePay hilang dapat terjadi akibat digunakan untuk tambahan transaksi saat pembayaran belanjaan. Selain itu, bisa juga Anda telah melakukan penarikan namun Anda lupa tidak mengingat sehingga dikira saldo ShopeePay hilang secara misterius.

3. Adanya Indikasi Penipuan

Penyebab ketiga, saldo ShopeePay menghilang juga dapat terjadi akibat adanya indikasi penipuan. Penipuan seperti apa yang dimaksud? Banyak motif penipuan yang bisa menjadikan saldo menghilang, jadi jangan mudah percaya dengan orang / kontak tidak dikenal yang meminta pembayaran menggunakan ShopeePay.

4. Sistem Shopee Error

Penyebab keempat, saldo ShopeePay tidak ada secara misterius dapat terjadi karena sistem Shopee sedang error atau alami gangguan yang membuat pengaksesan tidak normal seperti biasanya di mana memunculkan informasi saldo ShopeePay di layar tampilan menu awal aplikasi Shopee.

5. Akun Diretas

Penyebab terakhir, saldo ShopeePay menghilang juga dapat terjadi akibat akun Shopee di retas atau di hack. Ini masih berkaitan dengan penyebab nomor tiga yang mana banyak modus yang bisa terjadi untuk mengelabuhi korban (pengguna Shopee).

Cara Mengetahui Saldo ShopeePay Hilang Kemana

Jika alami saldo ShopeePay menghilang dan Anda tidak tahu kemana akibat tidak merasa melakukan transaksi dengan ShopeePay. Maka Anda bisa lakukan hal berikut ini guna mengetahui saldo ShopeePay hilang kemana.

  • Pertama silakan buka dan jalankan aplikasi Shopee di HP.
  • Kemudian login dengan akun terdaftar.
  • Lalu di halaman awal aplikasi Shopee pilih saja “ShopeePay”.
  • Setelah itu Anda bisa lihat melihat riwayat kemana saja saldo ShopeePay Anda yang hilang.

Cara Mengatasi Saldo ShopeePay Tiba-tiba Hilang

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi saldo ShopeePay yang hilang tersebut? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, tergantung dengan penyebabnya. Untuk lebih jelas cara mengatasinya bisa simak di bawah ini.

  • Jika diretas, silakan lakukan reset password akun Shopee dan PIN ShopeePay.
  • Untuk permasalahan penipuan, digunakan, diambil orang lain tidak ada cara mengatasi yang ampuh.

Selain itu, Anda juga bisa hubungi call center Shopee guna meminta bantuan. Lalu untuk saldo ShopeePay yang hilang, nantinya tidak bisa kembali ke akun ShopeePay Anda seperti semula.

Tips Hindari Hilangnya Saldo ShopeePay

Jika sudah tahu penyebab dan cara yang menjadikan saldo ShopeePay menghilang di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana tips hindari hilangnya saldo ShopeePay. Ada beberapa tips untuk menghindari tersebut, diantara lainnya:

  • Memastikan jika kode OTP Shopee tidak diketahui oleh siapapun terkecuali oleh orang yang dianggap dipercayai.
  • Memastikan jika kode PIN ShopeePay hanya Anda yang tahu dan orang yang dianggap dipercayai.
  • Memastikan jangan sembarangan klik Link tidak jelas, karena bisa jadi ini modus para penipu.
  • Mewaspadai saat menerima telepon atau pesan misterius dengan meminta kode dikirimkan lewat SMS dan email.

Akhir Kata

Dengan adanya pertanyaan apakah saldo ShopeePay bisa hangus di atas, sekali lagi jawabannya saldo ShopeePay tidak bisa hangus. Yang ada saldo ShopeePay hilang akibat beberapa faktor penyebab seperti sudah disampaikan.

Demikian kiranya pembahasan yang bisa bankir.id sajikan mengenai apakah saldo ShopeePay bisa hangus atau tidak beserta informasi terkait lainnya. Semoga adanya pembahasan di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Tinggalkan komentar