Aktivasi BNI Mobile Gagal Terus : Penyebab & Cara Mengatasi

Aktivasi BNI Mobile Gagal Terus – BNI Mobile merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bank BNI guna memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai macam transaksi. Dengan adanya BNI Mobile, transaksi seperti transfer, bayar tagihan hingga Top Up berbagai macam Dompet Digital bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah.

Namun jika ingin menikmati fasilitas tersebut nasabah BNI wajib melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Setelah itu, diperlukan juga proses aktivasi agar layanan BNI Mobile bisa diakses sepenuhnya. Nah, bicara soal aktivasi BNI Mobile, beberapa pengguna mengaku mengalami masalah ketika melakukan aktivasi.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, proses aktivasi sebenarnya tidak hanya dilakukan setelah registrasi berhasil. Ketika melakukan update atau memperbarui aplikasi BNI Mobile, pengguna juga akan diminta melakukan aktivasi ulang dengan cara mencantumkan beberapa data yang diperlukan.

Namun belakangan ini tidak sedikit pengguna yang mengaku gagal melakukan aktivasi BNI Mobile. Jika demikian, tentu saja ada satu dan lain hal yang menjadi penyebab dari masalah tersebut. Maka dari itu, berikut telah kami siapkan informasi lengkap seputar penyebab hingga cara mengatasi aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus.

Aktivasi BNI Mobile Gagal Terus

Aktivasi BNI Mobile Gagal Terus

Ketika aktivasi BNI Mobile gagal terus maka bisa dipastikan layanan tersebut tidak bisa digunakan. Sebab, aktivasi merupakan tahapan penting jika ingin melakukan transaksi menggunakan BNI Mobile. Selain itu, ketika menjumpai masalah tersebut, secara otomatis kalian tidak bisa KLAIM KODE REFERRAL maupun menggunakan program lainnya yang mewajibkan penggunaan BNI Mobile.

Jika mengalami kegagalan aktivasi mBanking BNI secara terus menerus, biasanya di layar akan muncul notifikasi ” Error MBANK37 Aktivasi tidak bisa diproses. Silahkan lakukan aktivasi kembali “ Pada tampilan tersebut juga diberitahukan bahwa nasabah diminta untuk datang ke Kantor Cabang BNI atau menghubungi Call Center guna mendapatkan solusinya.

Penyebab Gagal Aktivasi mBanking BNI

Penyebab Gagal Aktivasi mBanking BNI

Sebelum melakukan perintah untuk datang ke Bank atau menghubungi CS, alangkah baiknya kalian cari tahu terlebih dahulu penyebab aktivasi BNI Mobile gagal terus. Seperti kami sebutkan diatas bahwa kendala ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut :

1. Pulsa Tidak Mencukupi

Penyebab pertama adalah nomor HP yang digunakan untuk mendaftar BNI Mobile tidak memiliki pulsa. Jika demikian, maka kode OTP tidak akan muncul. Perlu diketahui bahwa kode OTP dalam proses ini sangatlah penting dan berlaku tarif sekitar Rp. 550 – Rp. 1000 yang ditanggung oleh pihak penerima. Jadi, jika pulsa kosong maka kode OTP tidak mungkin diterima, sehingga mengakibatkan aktivasi BNI Mobile gagal terus.

2. Koneksi Internet Tidak Stabil / Buruk

Penyebab kedua adalah koneksi internet yang digunakan pada perangkat smartphone tidak stabil atau buruk. Ingat, layanan BNI Mobile hanya bisa diakses secara Online, begitu juga pada saat melakukan aktivasi. Jadi, jika koneksi internet tidak memadai maka kalian akan mengalami aktivasi BNI Mobile gagal terus.

3. Terjadi Gangguan Server Pada Layanan BNI Mobile

Penyebab ketiga mungkin karena adanya gangguan server atau Maintenance dari layanan BNI Mobile itu sendiri. Faktor ini memang tidak bisa terdeteksi, sebab gangguan server bisa terjadi kapan saja tanpa pemberitahuan sebelumnya. Intinya, jika terjadi demikian maka BNI Mobile akan mengalami berbagai macam Bug atau masalah, tak terkecuali gagal terus dalam melakukan aktivasi akun.

4. Belum Mengaktifkan Settingan Perizinan Aplikasi

Penyebab keempat mungkin berasal dari settingan perizinan aplikasi BNI Mobile di smartphone. Ya, saat pertama kali membuka aplikasi BNI Mobile pasti kalian akan menjumpai beberapa pop-up perizinan, apabila ada salah satu permintaan yang tidak diizinkan maka akan berdampak seperti masalah diatas.

5. Perangkat Tidak Memadai

Penyebab terakhir yaitu berupa perangkat smartphone yang tidak kompatibel dengan aplikasi BNI Mobile versi terbaru. Layanan ini hanya mampu dioperasikan pada smartphone Android versi 4.4 keatas. Sedangkan untuk iPhone, BNI Mobile hanya bisa berjalan untuk sistem operasi 10.0 atau yang lebih tinggi.

Cara Mengatasi Gagal Aktivasi Mobile Banking BNI

Cara Mengatasi Gagal Aktivasi Mobile Banking BNI

Sampai disini kalian sudah mengetahui apa saja faktor yang mungkin bisa menjadi alasan aktivasi BNI Mobile gagal terus. Selanjutnya, kalian bisa melakukan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi aktivasi mBanking BNI gagal terus :

1. Lakukan Top Up Pulsa

Cara pertama untuk mengatasi gagal terus saat mengaktifkan akun BNI Mobile adalah mengisi pulsa pada nomor HP yang terdaftar. Jika nomor HP memiliki pulsa sedikitnya Rp. 5000, maka kalian bisa menerima kode OTP sehingga proses aktivasi BNI Mobile bisa berjalan lancar.

2. Ganti Koneksi Internet

Cara kedua adalah mengganti koneksi internet dengan data seluler 4G Lte atau Wifi. Dengan adanya koneksi yang stabil, maka akses ke BNI Mobile bisa jadi lebih lancar sekaligus mengatasi kendala berupa gagal terus saat aktivasi mBanking BNI.

3. Aktifkan Izin Akses BNI Mobile

Cara ketiga adalah memberi izin akses aplikasi BNI Mobile di smartphone. Untuk mengaktifkan perizinan tersebut kalian bisa simak tutorialnya dibawah ini :

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih menu Apl / Pengaturan Aplikasi
  • Pilih Perizinan -> Perizinan Lainnya
  • Cari aplikasi BNI Mobile
  • Geser toggle aktivasi untuk memberi izin akses pada aplikasi tersebut
  • Selesai

Setelah izin aplikasi diaktifkan, selanjutnya coba lakukan aktivasi ulang BNI Mobile, maka yang tadinya gagal terus kini bakal berjalan lancar dan layanan mBanking BNI bisa digunakan kembali.

4. Ganti Perangkat Smartphone

Cara keempat adalah mengganti perangkat smartphone yang tidak kompatibel dengan aplikasi BNI Mobile. Ingat, BNI selalu melakukan update aplikasi BNI Mobile ke versi lebih tinggi setiap beberapa bulan sekali. Jadi, gunakan smartphone dengan spesifikasi yang mendukung agar tidak menjumpai masalah aktivasi awal maupun aktivasi ulang gagal terus.

5. Hubungi Call Center BNI

Sedangkan untuk cara terakhir kami tujukan apabila masalah diatas terjadi karena adanya Maintenance pada BNI Mobile. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut kami sarankan untuk melakukan panggilan ke Call Center BNI di nomor 1 500 046. Nantinya petugas akan memberi informasi lebih lanjut seputar kendala yang dialami hingga lama waktu proses perbaikan server BNI Mobile.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai penyebab aktivasi mBanking BNI tidak bisa dilakukan atau error terus. Selain itu, diatas kami juga memberikan beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi, jika suatu saat menjumpai masalah serupa, kalian bisa menggunakan artikel diatas sebagai panduan dalam mencari tahu penyebab hingga solusinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here