√ Token Mandiri Terkunci 2021 : 2 Cara Mengatasi & Biaya

Token Mandiri Terkunci – Sebagai nasabah Mandiri mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah memiliki akses layanan Internet Banking Mandiri. Hampir sama dengan Mandiri Online dan SMS Banking Mandiri, layanan Internet Banking juga memungkinkan kalian untuk melakukan transaksi finansial maupun non-finansial tanpa harus keluar rumah.

Bicara soal Internet Banking Mandiri, tahukah kalian bahwa pada penggunaan layanan tersebut kalian wajib mempunyai perangkat tambahan bernama TOKEN MANDIRI. Fungsi utama dari perangkat tersebut adalah memaksimalkan setiap transaksi yang dilakukan melalui Internet Banking Mandiri.

Sama seperti penggunaan ATM dan Mandiri Online, pada proses aktivasi fasilitas ini kalian juga diminta untuk membuat PIN. Nantinya PIN tersebut berguna dan wajib dimasukkan pada setiap melakukan transaksi di iBanking Mandiri. Jika pada proses tersebut kalian mengalami kesalahan melebihi batas maksimal maka perangkat akan terkunci.

Saat terjadi demikian, artinya perangkat itu tidak bisa digunakan sementara waktu. Bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, berikut ini kami punya beberapa cara untuk mengatasinya. Bukan hanya itu, ada juga informasi seputar biaya yang perlu disiapkan guna menangani masalah tersebut.

Token Mandiri Terkunci

Token Mandiri Terkunci

Penggunaan Token Mandiri memang terbilang merepotkan bagi sebagian orang. Namun asal kalian ketahui, hadirnya fasilitas ini dapat meningkatkan sistem keamanan transaksi di Internet Banking Mandiri. Setiap melakukan transaksi apapun lewat Internet Banking, nantinya Token Mandiri akan menampilkan kode unik (Nomor Challenge) yang hanya diketahui oleh pengguna.

Namun seperti kami singgung diatas bahwa kalian juga wajib memasukkan PIN Token Mandiri setiap akan memakai fasilitas tersebut. Kami sarankan agar selalu hati dan teliti saat memasukkan PIN Token, sebab jika salah sebanyak 5 secara berturut-turut, perangkat tersebut akan terkunci.

Ketika Token Mandiri terkunci maka untuk sementara waktu layanan Internet Banking Mandiri tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Temukan jawabannya pada poin informasi dibawah ini.

Cara Mengatasi Token Mandiri Terkunci

Untuk menangani masalah diatas kalian bisa menggunakan cara Online maupun Offline. Untuk metode Online kalian bisa memanfaatkan fasilitas Call Center sedangkan untuk cara Offline kalian tinggal datang ke Bank Mandiri. Adapun untuk langkah-langkah menangani Token Mandiri terkunci lewat Online dan Offline adalah sebagai berikut :

1. Lewat Call Center Mandiri

Buka Token Terkunci Lewat Call Center Mandiri
  • Lakukan panggilan ke Call Center Mandiri.
  • Jika sudah, tersambung silahkan sampaikan jika token Mandiri kalian terkunci karena salah PIN.
  • Setelah itu petugas akan meminta Nomor Challenge.
  • Nyalakan Token Mandiri maka di layar akan muncul tulisan LOCK PIN xxxx345. Nah, nomor Challenge merupakan 7 digit angka yang terdapat di belakang tulisan LOCK PIN. Silahkan sebutkan nomor tersebut pada petugas.
  • Tunggu beberapa saat, petugas akan menginput nomor Challenge dari kalian ke sistem guna membuka Token Mandiri yang terkunci.
  • Setelah itu petugas akan memberi nomor response yang telah diterima.
  • Tekan tombol merah pada Token lalu masukkan nomor response yang diberikan oleh petugas pada perangkat.
  • Kemudian akan muncul tampilan NEW PIN _ _ _ _ _ . Silahkan buat PIN baru untuk Token Mandiri kalian.
  • Lakukan konfirmasi pembuatan PIN baru pada kolom PIN CONF _ _ _ _ _.
  • Sampai disini masalah Token Mandiri terkunci sudah berhasil diatasi.

2. Lewat Kantor Cabang Bank Mandiri

Buka Token Terkunci Lewat Kantor Cabang Bank Mandiri
  • Ambil nomor Antrian CS Mandiri (Customer Service).
  • Tunggu sampai nomor antrian dipanggil.
  • Jika sudah, temui petugas dan sampaikan maksud kedatangan, yaitu ingin membuka Token Mandiri yang terkunci.
  • Serahkan berkas persyaratan yang diminta oleh petugas. (KTP / Buku Rekening / ATM Mandiri).
  • Selanjutnya nyalakan Token dan sebutkan nomor Challenge yang muncul di layar perangkat.
  • Kemudian pihak petugas akan mencantumkan nomor tersebut pada sistem.
  • Jika sudah, petugas CS Mandiri akan menerima kode response dan memberikannya pada kalian untuk membuka Token Mandiri terkunci.
  • Caranya tekan tombol merah pada perangkat lalu input kode response pada tampilan layar PIN _ _ _ _ _ _ _.
  • Lakukan konfirmasi pembuatan PIN Baru.
  • Sekarang proses membuka Token Mandiri mengalami Lock PIN atau terkunci telah berhasil.

Biaya Memperbaiki Error Pada Token Mandiri

Biaya Memperbaiki Error Pada Token Mandiri

Kemudian untuk urusan biaya, Mandiri membebaskan biaya bagi nasabah yang mengalami Lock PIN pada perangkat Token Mandiri. Namun jika error atau masalah yang terjadi berupa kerusakan perangkat, maka ada biaya penggantian sebesar Rp. 20.000. Sedangkan jika Token Mandiri hilang kalian wajib membayar biaya penanganan sejumlah Rp. 100.000.

Jenis Error Token MandiriBiaya
Terkunci / Lock PINRp. 0 (Gratis)
RusakRp. 20.000
HilangRp. 100.000

Akhir Kata

Jadi seperti itulah ulasan dari Bankir.id mengenai apa yang bakal terjadi ketika perangkat Token Mandiri mengalami Lock PIN. Diatas kami juga menjelaskan cara untuk mengatasi masalah tersebut lengkap dengan informasi biaya penanganan masalah pada Token Mandiri. Melalui cara diatas, kalian bisa membuka perangkat yang terkunci sehingga dapat MENGGUNAKAN TOKEN MANDIRI lagi untuk transfer, cek mutasi hingga bayar tagihan lewat Internet Banking Mandiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here