Apa Itu Token BNI? Fungsi & Cara Mudah Mendapatkannya 2021

Token BNI – Bank Nasional Indosia (BNI) merupakan salah satu dari sekian banyak Bank terbaik di Indonesia. Menyandang predikat Bank terbaik tentu saja Bank BNI menyediakan beragam fasilitas guna kenyamanan dan kepuasan nasabah.

Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah Token BNI atau BNI e-Secure. Beberapa dari kalian mungkin belum tahu apa itu BNI e-Secure dan fungsi dari fasilitas tersebut. Untuk itu, kalian perlu menyimak artikel ini sampai akhir.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang fasilitas BNI e-Secure. Pertama, fasilitas tersebut hanya bisa dimiliki dengan cara mengajukannya pada Bank BNI. Proses ini juga berlaku syarat dan ketentuan.

Syarat utama untuk mendapatkan Token BNI adalah memiliki akun Internet Banking. Kenapa demikian? sebab perangkat tersebut memang hanya bisa digunakan saat melakukan transaksi via iBanking BNI. Selain itu, kalian juga memerlukan sejumlah uang sebagai biaya pembuatan perangkat tersebut.

Apa Itu Token BNI? Lengkap Dengan Fungsi & Cara Mendapatkannya

Apa Itu Token BNI Lengkap Dengan Fungsi Cara Mendapatkannya

Lalu berapa sih biaya yang diperlukan untuk membuat BNI e-Secure? Untuk menemukan jawabannya langsung saja simak ulasan dibawah ini mengenai apa itu BNI e-Secure, fungsi dan bagaimana cara mendapatkannya.

Token BNI

Token BNI

Token BNI atau BNI e-Secure sejatinya merupakan sistem keamanan pendukung yang digunakan saat bertransaksi melalui Internet Banking BNI. Perangkat ini berbentuk seperti remot dengan layar kecil diatasnya.

Cara kerja dari BNI e-Secure adalah menampilkan kode unik dari setiap transaksi yang dilakukan. Kode tersebut hanya diketahui oleh kalian sebagai pemilik. Dengan demikian, data transaksi tentu akan terjaga keamanannya dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Fungsi & Manfaat Token BNI Bagi Nasabah

Fungsi Manfaat Token BNI Bagi Nasabah

Diatas telah kami singgung mengenai fungsi dari perangkat ini, yaitu sebagai sistem keamanan ganda. Melalui kode yang berbeda dari setiap transaksi, data pribadi kalian di rekening BNI akan lebih terjaga.

Selain itu, BNI e-Secure juga bermanfaat untuk mendeteksi percobaan penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Dengan demikian, kalian bisa terhindar dari tindak penipuan dengan dalih transfer uang atau sejenisnya.

Syarat & Cara Mendapatkan BNI e-Secure

Syarat Cara Mendapatkan BNI e Secure

Kemudian untuk menerima semua benefit dari Token BNI, kalian perlu memesannya via iBanking BNI. Setelah itu, kalian akan diminta datang ke Kantor Cabang Bank BNI untuk proses pengambilan dan aktivasi perangkat tersebut. Namun sebelum itu, siapkan beberapa persyaratan berikut terlebih dahulu :

  • KTP
  • Buku tabungan BNI
  • Kartu ATM BNI
  • Memiliki akun Internet Banking BNI
  • Biaya pembuatan Token BNI sesuai ketentuan yang berlaku

Setelah semua syarat sudah siap, silahkan ikuti tata cara berikut untuk pemesanan BNI e-Secure via Internet Banking BNI :

  1. Login Internet Banking BNI melalui PC atau laptop.
  2. Pada halaman utama silahkan pilih menu Administrasi.
  3. Kemudian klik menu Registrasi BNI e-Secure.
  4. Salin atau catat nomor referensi yang tertara di layar pada smartphone atau notepad.
  5. Tentukan Kantor Cabang Bank BNI terdekat untuk pengambilan perangkat.
  6. Setelah itu akan muncul notifikasi mengenai waktu pengambilan BNI e-Secure di Kantor Cabang.

Jika sudah tiba waktu pengambilan Token BNI, silahkan kunjungi Kantor Cabang Bank BNI yang sudah kalian tentukan. Lalu ikuti langkah-langkah berkut ini :

  1. Silahkan ambil nomor antrian untuk pelayanan CS (Customer Service).
  2. Tunggu hingga tiba giliran.
  3. Jika sudah, silahkan temui petugas Customer Service di mejanya.
  4. Sampaikan jika kalian ingin melakukan pengambilan serta aktivasi Token BNI.
  5. Selanjutnya petugas akan meminta berkas persyaratan yang diperlukan diantaranya nomor referensi (pemesanan), KTP, buku rekening dan lain sebagainya.
  6. Setelah itu kalian tinggal mengikuti setiap instruksi yang diberikan petugas.
  7. Kemudian petugas akan menginformasikan terkait pembayaran membuat Token BNI. Proses ini bisa dilakukan lewat Teller maupun potong saldo dari rekening BNI yang dimiliki.
  8. Terakhir, petugas akan memberikan perangkat BNI e-Secure yang telah diaktifkan.
  9. Selesai.

FAQ

Berapa Biaya Pembuatan BNI e-Secure?

Rp. 20.000 (Dua Puluh Ribu Rupiah).

Berapa Lama Proses Pemesanan BNI e-Secure?

Kurang lebih 10 hari, tergantung kebijakan dari pihak Bank BNI.

Apakah BNI e-Secure Bisa Digunakan Oleh Nasabah BNI Syariah?

Bisa. Perangkat ini mendukung transaksi di iBanking BNI Konvensional maupun Syariah.

Bagaimana, sudah paham mengenai apa itu Token BNI dan apa saja fungsi yang ditawarkan? Jika demikian, Bankir.id sudah menjelaskan syarat dan cara untuk mendapatkannya. Kalian bisa MENGGUNAKAN perangkat tersebut sebagai sistem keamanan ganda setiap kali bertransaksi via Internet Banking BNI.