√ Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB (Akta Jual Beli) 2022

Advertisements

Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB – Setiap melakukan jual beli hal penting seperti tanah atau rumah, nantinya Anda akan mendapatkan sebuah dokumen penting berupa Akta Jual Beli (AJB). Yang mana AJB ini dibuat oleh petugas PPAT maupun notaris.

Dokumen AJB inilah menjadi salah satu dokumen penting dan berharga yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pinjaman uang. Bahkan pihak bank-bank di tanah air seperti BRI, BCA, Danamon dan CIMB Niaga siap menerima nasabah yang ingin ajukan pinjaman dengan agunan ini.

Bisa dibilang AJB tidak masuk kategori surat berharga yang bisa digadaikan atau diagunkan ke pihak perbankan, namun ada beberapa bank yang menerima AJB sebagai jaminan untuk meminjam uang salah satunya seperti yang sudah disampaikan tadi.

Advertisements

Tentu saja bagi Anda para nasabah BRI atau masyarakat yang ingin ajukan pinjaman bank BRI dengan jaminan AJB, bertanya terkait tabel pinjaman tersebut. Nah pada pembahasan kali ini akan bankir.id sajikan secara lengkap di bawah ini.

Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB
Advertisements

Jenis Jaminan AJB Pinjaman Bank BRI

Namun sebelum lanjut ke pembahasan terkait tabel pinjaman bank BRI jaminan Akta Jual Beli, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis pinjaman. Bagi yang ingin ajukan pinjaman dengan jaminan AJB itu tandanya memilih produk pinjaman Kupedes BRI.

Dalam pengajuan Kupedes BRI sendiri terbilang cukup mudah, di mana Anda hanya perlu melengkapi syarat seperti identitas diri (KTP), dokumen legalitas usaha beserta jaminan berupa AJB. Namun jenis AJB yang mempengaruhi disetujui atau tidak pengajuan pinjaman seperti:

Advertisements

1. AJB atas SHM yang Belum Dipecah

Pertama, jenis Akta Jual Beli (AJB) di mana seseorang membeli tanah kavling dengan biaya pemecahan sertifikat sendiri. Dalam artian pembeli tanah mengurus biaya pemecahan sertifikat atas nama penjual.

Meskipun bisa dibilang sedikit merepotkan, justru jenis AJB ini lebih aman dan bahkan AJB atas nama SHM yang belum dipecah lebih mudah dijadikan agunan di bank-bank tidak terkecuali pada Bank Rakyat Indonesia (BRI).

2. AJB atas Hak Guna Bangun (HGB) Belum Dipecah

Kedua, jenis AJB ini bukan mengalihkan kepemilikan tanah, melainkan mengalihkan hak guna bangun (HGB) saja. Itu artinya Anda boleh mendirikan bangunan dan menempatinya namun tidak berhak untuk memilikinya.

3. AJB di atas Tanah Elgendom, Girik & Petok

Ketiga, jenis AJB inilah yang memiliki kekuatan paling rendah dalam kepemilikan tanah dan bangunan yang dimilikinya. Seharusnya tanah elgendom, girik atau petok diwajibkan memiliki SHM dahulu sebelum diperjualbelikan.

Karena harga yang cenderung lebih murah, maka banyak orang membeli tanah dengan AJB jenis ini. Tidak heran jika banyak masyarakat atau orang Indonesia memiliki AJB satu ini.

Plafon Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Selain mengetahui beberapa hal yang mempengaruhi disetujui atau tidak pengajuan kredit di bank BRI dengan jaminan AJB, ketahui dahulu plafon yang ditawarkan. Bisa dibilang plafond pinjaman jaminan Akta Jual beli cukup banyak.

Di mana plafon mulai dari Rp 1 juta – Rp 250.000.000 dengan tenor waktu angsuran bisa mencapai 60 bulan. Selain itu Anda bisa memilih untuk kredit sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sehingga nantinya pembayaran angsuran bisa berjalan lancar.

Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Penasaran akan tabel angsuran atau pinjaman bank BRI jaminan Akta Jual Beli? Bisa dibilang hampir sama seperti tabel KUR BRI ada beberapa pilihan nominal kredit dan pilihan lama kredit atau angsurannya. Untuk lebih jelasnya bisa lihat tabel pinjaman bank BRI berikut.

1. Tabel Angsuran Gadai AJB Rp 1 – Rp 250 Juta

Tabel 1
Tabel 2

2. Tabel angsuran Gadai AJB Rp 10 – Rp 200 Juta

Tabel 3
Tabel 4
Tabel 5

Syarat Kredit Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Jika sudah tahu akan jenis dan tabel pinjaman bank BRI agunan AJB di atas, bagi Anda yang ingin lakukan pengajuan pastinya perlu mengetahui apa saja syarat ketentuan yang diperlukan. Baik itu syarat dokumen maupun non dokumen, inilah syarat tersebut:

  • Fotokopi kartu identitas diri berupa e-KTP (suami & istri).
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • AJB (Akta Jual Beli) yang asli.
  • Fotokopi legalitas agunan atau jaminan (AJB).
  • Fotokopi rekening BRI & rekening koran.
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi legalitas usaha berupa SIUP/lainnya

Cara Kredit Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Lantas bagaimana dengan cara pengajuan pinjaman dengan jaminan AJB ini? Bagi yang ingin melakukan pengajuan pinjaman ke BRI, bisa langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa semua syarat ketentuan.

Selain itu Anda bisa juga melakukan pengajuan dengan cara menghubungi marketing BRI, saat hubungi dengan cara ini pastikan semua syarat ketentuan sudah disiapkan agar nantinya proses pengajuan bisa berjalan lancar sesuai harapan.

Jika sudah berhasil lewati tahap pengisian formulir pendaftaran, nantinya pihak bank BRI akan melakukan survey. Jika sudah lewati tahap ini maka tinggal menunggu proses persetujuan kredit yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 – 14 hari kerja.

Setelah menunggu dan pengajuan kredit diterima, maka Anda akan diminta tanda tangan akad kredit di bank BRI. Dengan begitu, pihak bank BRI akan memberikan pencairan dana yang akan diberikan ke rekening BRI Anda.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait tabel pinjaman bank BRI Jaminan AJB dan informasi terkait lain dapat bankir.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait tabel pinjaman bank BRI di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements

Tinggalkan komentar