Tabel KUR Bank Jatim 2021 : Bunga, Tenor, Angsuran & Jumlah Pinjaman

Tabel KUR Bank Jatim 2021 – Banyak sekali pelaku bisnis UMKM memilih gulung tikar karena terkena imbas dari pandemi COVID -19. Ya, hal tersebut memang menyerang semua aspek bidang usaha, tak terkecuali bisnis mikro kecil dan menengah.

Dalam kasus ini menuntut pemerintah untuk menerapkan program #DirumahSaja dimana tentu saja berpengaruh pada faktor ekonomi suatu wilayah. Di sisi lain, para pelaku usaha akan kehilangan pelanggan dan lama-lama kelamaan mereka kehabisan modal untuk menjalankan bisnisnya.

Nah, berbicara mengenai kekurangan modal usaha, Bank Jatim mungkin punya solusinya. Ya, Bank Jatim kembali merilis produk KUR dengan limit pinjaman cukup guna mengatasi permasalahan modal usaha. Penasaran dengan apa itu KUR Bank Jatim?

Pada program ini, Bank Jatim punya tabel berisi plafond pinjaman, jumlah angsuran dan tenor cicilan yang tersedia. Nah, daripada penasaran langsung saja simak informasi selengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Sekilas Mengenai KUR Bank Jatim 2021

Sekilas Mengenai KUR Bank Jatim 2021

Guna mengatasi permasalahan modal bagi para pemilik UMK, Bank Jatim menawarkan produk pinjaman bernama Kredit Usaha Rakyat (KUR). Melalui produk tersebut nasabah bisa mengajukan dana pinjaman untuk mengembangkan usahanya kembali.

Pada tahun 2021, kabarnya Bank Jatim telah menyiapkan dana KUR sebesar 1 Triliun untuk para nasabah dengan berprofesi sebagai wirwasta dan memiliki jaminan. Jumlah tersebut mengalami sedikit peningkatan dari KUR di tahun sebelumnya.

Terlepas dari itu semua, untuk nominal pencairan dana KUR pun beragam, yakni mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Terkait program Kredit Usaha Rakyat, Bank Jatim juga mempunyai beberapa ketentuan yang wajib diketahui. Informasi selengkapnya mengenai hal tersebut telah kami siapkan pada artikel berikut.

Tabel KUR Bank Jatim 2021

Pertama adalah mengenai tabel angsuran KUR Bank Jatim, dimana memiliki jumlah angsuran berbeda tergantung jumlah dana KUR yang diterima. Nah, sebagai referensi berikut kami sajikan tabel KUR Bank Jatim 2021 dengan plafond kredit mulai dari 5 juta sampai 250 juta :

Tabel KUR Bank Jatim 2021
Tabel KUR Bank Jatim 50 Juta
Tabel KUR Bank Jatim 500 Juta

Namun perlu digarisbawahi jika tabel diatas belum bisa dijadikan sebagai acuan, sebab semua informasi pada tabel tersebut masih bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, Bank Jatim juga punya beberapa jenis KUR dimana setiap jenisnya menawarkan limit pinjaman berbeda-beda.

Jenis KUR Bank Jatim

Jenis KUR Bank Jatim

Jadi, pada tahun 2021 Bank Jatim menawarkan sedikitnya 4 jenis KUR yang bisa digunakan. Berikut adalah penjelasan lengkap dari masing-masing jenis KUR Bank Jatim :

KUR Mikro

Kredit Mikro dari Bank Jatim menawarkan pinjaman dana KUR sampai dengan Rp. 500.000.000. Dana tersebut ditujukan bagi wiraswasta atau badan usaha yang mempunyai agunan. Sedangkan syarat utama untuk pengajuan KUR Mikro adalah memiliki UKM atau usaha lainnya yang telah berjalan minimal 2 tahun.

KUR SiUMI

Sama seperti KUR Mikro, Bank Jatim juga menyediakan limit pinjaman hingga Rp. 500.000.000 untuk KUR jenis SiUMI. Namun, untuk target nasabahnya Bank Jatim fokus pada pelaku bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah) dan beberapa sektor usaha produktif di bidang perdagangan, Industri, Pertanian dan Jasa. Sebagai jaminan agar proses pengajuan disetujui, nasabah wajib memiliki kelayakan usaha atau berkas jaminan tambahan berupa SK jabatan.

KUR Resi Gudang

Resi Gudang merupakan dokumen atau agunan yang berguna sebagai syarat pengajuan KUR Bank Jatim. Plafond pinjaman yang tersedia maksimal Rp. 75.000.000 atau 75% dari harga resi gudang. Target utama dari jenis KUR yang satu ini adalah nasabah yang berprofesi sebagai petani (subsidi) atau perusahaan, CV dan PT (Non-Subsidi).

KUR Investasi Pemerintah

Khusus kalian para pemilik UMKM bisa mengajukan dana KUR Investasi Pemerintah dari Bank Jatim. Kalian dapat mengajukan dana KUR minimal Rp. 50.000.000 dan maksimal Rp. 500.000.000. Sedangkan untuk jaminannya adalah tempat usaha yang layak atau dokumen seperti BPKB, sertifikat tanah maupun bangunan.

Pilihan Tenor Angsuran Pada KUR Bank Jatim

Pilihan Tenor Angsuran Pada KUR Bank Jatim

Pada tabel yang kami kami sajikan diatas memang tertera beberapa pilihan tenor untuk KUR Bank Jatim. Namun, perlu diketahui jika Bank Jatim juga punya ketentuan lain terkait hal tersebut pada masing-masing jenis KUR. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak pada tabel berikut ini :

Jenis KURPilihan Tenor
KUR Mikro48 bulan (Kredit Modal Kerja)
60 bulan (Kredit Investasi)
KUR SiUMI15 tahun (Pegawai PNS/BUMN/BUMD)
10 tahun (Pensiunan PNS/BUMN/BUMD)
5 tahun (Pegawa Swasta)
KUR Resi GudangMaksimal 1 bulan atau sebelum batas waktu Resi Gudang
KUR Investasi Pemerintah5 tahun

Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat Bank Jatim

Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat Bank Jatim

Sedangkan untuk informasi terkait bunga memang tidak tertera pada tabel KUR Bank Jatim 2021 diatas. Begitu juga pada situs resmi Bank Jatim kami tidak menjumpai data informasi mengenai suku bunga yang berlaku. Meskipun demikian, pada situs resminya tertulis Suku Bunga ringan, kompetitif dan menarik.

Namun jika kalian masih penasaran berapa jumlah pasti dari suku bunga tersebut, kami sarankan untuk menghubungi Call Center Bank Jatim di 14044 atau melakukan panggilan ke nomor (031) 531 0090 – 99. Ingat, dalam menggunakan layanan tersebut kalian mungkin akan dikenai biaya tarif sesuai ketentuan yang berlaku.

Kelebihan & Kekurangan KUR Bank Jatim

Kelebihan Kekurangan KUR Bank Jatim

Setelah menyimak referensi tabel angsuran KUR Bank Jatim dan beberapa ketentuan lainnya seputar program tersebut, beberapa dari kalian mungkin sudah tertarik ingin mengajukan dana KUR Bank Jatim. Nah, sebelum melakukan pengajuan, alangkah baiknya simak terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan dari program KUR Bank Jatim berikut ini :

Kelebihan

  • Berpotensi mengembangkan bisnis UMKM dan lainnya menjadi lebih produktif.
  • Tersedia limit pinjaman hingga Rp. 500.000.000.
  • Tenor cicilan mencapai 15 tahun.

Kekurangan

  • Memerlukan jaminan atau agunan sebagai syarat pengajuan.
  • Kurang transparan mengenai informasi suku bunga KUR.

FAQ

Berapa Limit Pinjaman Untuk KUR Investasi Pemerintah?

Rp. 50.000.000 – Rp. 500.000.000.

Apakah Pengajuan KUR Bank Jatim Bisa Dilakukan Lewat Online?

Untuk saat ini pengajuan KUR hanya bisa dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Jatim.

Akhir Kata

Ternyata bukan hanya BANK JATENG yang menyediakan program KUR untuk nasabahnya, Bank Jatim juga punya program serupa dimana telah Bankir.id jelaskan melalui ulasan diatas. Namun mengingat keterbatasan informasi yang dapat kami peroleh mengenai tabel KUR Bank Jatim 2021, silahkan hubungi Call Center atau datang langsung ke Kantor Cabang Bank Jatim untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait program tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here