Tabel KUR Bank DIY 2021 : Bunga, Tenor, Angsuran & Jumlah Pinjaman

Tabel KUR Bank DIY 2021 – Daerah Istimewa Yogyakarta atau D.I.Y merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Bahkan, Daerah tersebut diklaim sebagai Bali di Pulau Jawa karena disana terdapat banyak objek wisata budaya serta wisata alam yang kerap dikunjungi turis Domestik maupun Mancanegara.

Kemudian masyarakat kota Jogja juga banyak yang memanfaatkan hal tersebut sebagai ladang penghasilan. Salah satunya adalah membuat kerajinan tangan berupa souvenir atau cinderamata. Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini tentu saja objek wisata di DIY mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada pendapatan para pemilik UMKM yang memanfaatkan destinasi wisata di kota Jogja. Dengan demikian, Bank Pembangunan Daerah Yogyakarta menawarkan solusi finansial melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Bersama program tersebut diharapkan bisa membantu pemilik UMKM untuk mengembangkan usahanya kembali di tengah pandemi COVID-19. Nah, dibawah ini Bankir.id menyiapkan informasi lengkap terkait jumlah kredit, Periode angsuran hingga ketentuan lainnya dari program KUR Bank DIY.

Tabel KUR Bank DIY 2021

Pengajuan dana KUR Bank DIY nantinya bisa kalian gunakan untuk modal kerja atau investasi. Disamping itu, proses pengajuan juga bisa dilakukan secara perorangan maupun Badan Usaha. Bank DIY juga menerapkan persyaratan khusus untuk para debitur, antara lain memiliki bisnis usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan serta jaminan berupa barang bergerak atau tidak bergerak.

Sedangkan untuk nominal kredit dari program tersebut juga beragam, yakni mulai dari puluhan sampai dengan ratusan juta rupiah. Nah, sebagai referensi berikut kami sajikan tabel KUR Bank DIY berisi jumlah pinjaman hingga biaya angsuran per bulan :

Tabel KUR 25 Juta Tenor 48 Bulan

Tabel KUR Bank DIY 2021

Tabel KUR 25 Juta Tenor 60 Bulan

Tabel KUR 25 Juta Tenor 60 Bulan

Tabel KUR 500 Juta Tenor 60 Bulan

Tabel KUR 500 Juta Tenor 60 Bulan

Namun perlu diketahui jika informasi pada tabel diatas masih bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan Bank DIY. Disamping itu, masih ada beberapa ketentuan lainnya dari program KUR Bank DIY, maka dari itu mari kita lanjut ke informasi berikutnya.

Jenis KUR Bank DIY

Jenis KUR Bank DIY

Bank DIY juga membagi program KUR menjadi 2 jenis, yaitu Mikro dan Ritel. Masing-masing jenisnya memiliki ketentuan tersendiri terkait jumlah dana KUR yang tersedia. Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

KUR Mikro

Untuk jenis KUR Mikro, Bank DIY menyediakan limit pinjaman antara Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 25.000.000. Jenis pinjaman ini mungkin bisa jadi pilihan terbaik untuk mengembangkan bisnis UMKM dengan penghasilan tidak terlalu besar.

KUR Kecil / Ritel

Sedangkan untuk Badan Usaha atau kalian pemiliki bisnis berskala besar mungkin bisa memilih KUR jenis ini sebagai modal kerja atau investasi. Disini kalian dapat mengajukan dana KUR mulai dari Rp. 25.000.000 hingga Rp. 500.000.000.

Tenor Angsuran Untuk KUR Bank DIY

Tenor Angsuran Untuk KUR Bank DIY

Selain ketentuan mengenai jumlah pinjaman dari setiap jenis KUR Bank DIY, kami juga informasi seputar pilihan tenor angsuran yang tersedia pada program tersebut. Jadi, mengenai pilihan tenor disesuaikan dengan jenis KUR dan tujuan pembiayaan. Informasi tersebut telah kami siapkan pada tabel dibawah ini :

KUR MikroKUR Ritel
Modal Kerja36 bulan48 bulan
Investasi60 bulan60 bulan

Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat Bank DIY

Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat Bank DIY

Kemudian untuk ketentuan soal suku bunga yang berlaku di KUR Bank DIY adalah 7% per tahun. Jumlah tersebut juga berlaku pada program serupa dari Bank Daerah lain seperti BANK JATENG dan BANK SUMUT. Dengan suku bunga yang cukup efektif, Bank DIY berharap program KUR bisa benar-benar memberi manfaat pada UMKM masyarakat.

Kelebihan & Kekurangan Program KUR Bank DIY

Kelebihan Kekurangan Program KUR Bank DIY

Setelah mengetahui informasi mengenai tabel angsuran, jumlah pinjaman, pilihan tenor hingga suku bunga KUR Bank DIY, mungkin beberapa dari kalian mulai tertarik untuk menggunakan dana tersebut. Atau sebaliknya, kalian justru tidak tertarik untuk menggunakannya karena satu dan lain hal. Nah, maka dari itu sebelum memutuskannya silahkan simak terlebih dahulu beberapa kekurangan dan kelebihan KUR Bank DIY dibawah ini :

Kelebihan

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pelaku bisnis kecil dan menengah.
  • Menyediakan dana pinjaman hingga Rp. 500.000.000.
  • Suku bunga efektif 7% per tahun.
  • Periode angsuran lama, bisa mencapai 5 tahun.

Kekurangan

  • Membutuhkan jaminan sebagai syarat utama pengajuan dana KUR.
  • Berlaku biaya provisi sebesar 1% dari jumlah pinjaman.

FAQ

Apa Yang Dimaksud Jaminan Barang Tidak Bergerak?

Surat tanah / Gedung / Kios dan lain sebagainya.

Apakah Bunga KUR Bank DIY Bersifat Permanen?

Tidak. Ketentuan mengenai suku bunga mungkin selalu berubah setiap tahunnya tergantung kebijakan dari Bank DIY.

Akhir Kata

Kurang lebih itu saja informasi dari Bankir.id mengenai tabel angsuran KUR Bank DIY lengkap dengan data jumlah pinjaman, periode angsuran dan suku bunga yang berlaku. Sedangkan untuk kalian yang tertarik mengajukan dana KUR di Bank DIY, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai syarat dan prosedur pengajuannya pada pembahasan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here