√ ShopeePay Later Dikunci : Penyebab & Cara Mengatasi

ShopeePay Later Dikunci – Sebagai pengguna Shopee yang beruntung menerima penawaran aktivasi ShopeePay Later, tentu kalian sudah menggunakan fitur tersebut. Ya, ShopeePay Later (SPayLater) merupakan fasilitas Cicilan Tanpa Kartu Kredit dari Shopee.

Ketika mempunyai fitur SPayLater di akun Shopee, kalian bisa belanja apa saja di Shopee (kecuali produk Digital) dengan pembayaran di cicil maupun tempo. Namun dalam penggunaan ShopeePay Later pernahkah kalian mengalami masalah?

Jadi, perlu diketahui beberapa pengguna mengaku mengalami masalah berupa akun ShopeePay Later dikunci. Masalah ini membuat fitur tersebut tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. Bagi kalian yang mungkin sedang mengalami kendala serupa, pasti ingin tahu bagaimana cara mengatasinya.

Setiap masalah yang terjadi pada ShopeePay Later pasti ada beragam faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Nah, mengenai hal tersebut berikut ini kami telah merangkum beberapa penyebab lengkap dengan cara mengatasi akun SPayLater yang dikunci. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

ShopeePay Later Dikunci

ShopeePay Later Dikunci

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran fitur ShopeePay Later sangatlah bermanfaat bagi para pelanggan setiap Shopee, khususnya di masa PPKM seperti sekarang ini. Namun, selain menguntungkan ternyata fitur ini juga kerap membuat kesal pada pelanggan.

Jadi perlu diketahui bahwa fitur ShopeePay Later memang kerap mengalami beberapa gangguan, salah satunya adalah akun dikunci. Jika terjadi demikian, maka sementara waktu kalian tidak bisa BELANJA PAKAI SHOPEEPAY LATER, sehingga mau tidak mau kalian harus menggunakan metode pembayaran lainnya yang tersedia.

Penyebab SPayLater Dikunci

Penyebab SPayLater Dikunci

Setiap masalah pada ShopeePay Later pasti mempunyai berbagai faktor penyebab. Nah, untuk penyebab dari masalah diatas mungkin berasal dari beberapa hal sebagai berikut :

1. Masalah Keamanan

Penyebab pertama adalah masalah keamanan. Jadi, sering terjadi kasus-kasus penipuan yang mengatasnamakan pihak Shopee dan memberitahukan bahwa pelanggan telah menerima sejumlah hadiah dari program tertentu.

Nantinya si pelaku bakal meminta data akun Shopee si korban lalu meminta kode OTP yang diterima oleh korban. Kemudian dengan kode OTP tersebut, si pelaku dapat mengakses ShopeePay Later untuk belanja di Shopee.

Nah, karena sistem mengindikasi adanya aktivitas mencurigakan dari akun korban, maka akun tersebut akan langsung dikunci oleh pihak Shopee.

2. Tidak Membayar Cicilan

Penyebab kedua dari akun ShopeePay Later dikunci adalah karena sebagai pengguna kalian tidak membayar cicilan atau tagihan setelah melewati tanggal jatuh tempo. Jika terjadi demikian artinya sudah jelas bahwa kalian telah melanggar ketentuan pengguna, maka sebagai hukumannya akun SPayLater bakal dikunci.

3. Penggunaan Emulator (Aplikasi Pihak Ketiga)

Sedangkan untuk penyebab yang terakhir kenapa akun ShopeePay Later dikunci adalah penggunaan Emulator dalam mengoperasikan fitur tersebut. Hal ini bakal tercatat sebagai aktivitas mencurigakan dan berdampak pada pembekuan akun sementara (dikunci).

Cara Mengatasi ShopeePay Later Dibekukan

Cara Mengatasi ShopeePay Later Dibekukan

Setelah tahu apa saja penyebab dari SPayLater dikunci, sekarang kalian juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Informasi selengkapnya telah kami siapkan dibawah ini :

1. Buka Pembekuan Akun Secara Manual

Cara pertama untuk mengatasi masalah diatas adalah membuka akun yang dikunci secara manual dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Shopee
  • Tap menu Saya -> ShopeePay Later
  • Kemudian tap Silahkan klik disini untuk membuka kunci
  • Jika sudah, masukkan Kode OTP yang dikirim via SMS.
  • Selanjutnya upload foto KTP. Pastikan hasil foto jelas.
  • Lalu lengkapi semua kolom Informasi Tambahan
  • Lakukan verifikasi wajah
  • Dalam waktu kurang lebih 1 x 24 jam pihak Shopee akan mengirimkan notifikasi terkait pengajuan buka akun ShopeePay Later yang sedang dikunci.

2. Hubungi Call Center Shopee

Apabila cara diatas tidak berhasil membuka akun SPayLater yang dikunci, maka cara satu-satunya adalah meminta bantuan pada Call Center Shopee 24 Jam. Berikut adalah tata cara melaporkan masalah via Kontak Pusat Pelayanan Shopee :

  • Lakukan panggilan pada nomor 1500702 atau 021-39500300.
  • Jika sudah tersambung dengan petugas, sampaikan masalah yang sedang dialami.
  • Setelah itu petugas akan meminta beberapa data guna membuka akun yang dikunci
  • Serahkan semua data yang diperlukan
  • Terakhir, kalian tinggal mengikuti arahan dari petugas untuk menangani masalah tersebut

Akhir Kata

Mungkin itu saja informasi dari Bankir.id mengenai penyebab akun ShopeePay Later dikunci. Selain itu, diatas kami juga telah menambahkan beberapa solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Semoga dengan adanya informasi diatas kalian para pengguna ShopeePay Later bisa dengan mudah mengatasi ketika mengalami masalah serupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here