Shopee PayLater Tidak Bisa Dipakai ? Ini 10 Cara Mengatasinya

Shopee PayLater Tidak Bisa Dipakai – Berkembangnya dunia teknologi memudahkan siapa saja untuk bisa menikmatinya. Salah satu dampak majunya teknologi adalah memudahkan urusan transaksi keuangan.

Salah satu kemudahan tersebut sudah ditawarkan dengan banyaknya PayLater atau pembayaran bersifat cicilan dengan tempo yang telah ditentukan. Salah satu PayLater yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang adalah Shopee PayLater (SPayLater).

Di mana ShopeePay Later adalah layanan pinjaman yang disediakan oleh PT Commerce Finance dan Perusahaan jasa keuangan lainnya yang bekerja sama untuk memberikan pinjaman bagi pembeli yang ingin berbelanja di Shopee.

Namun untuk bisa menikmati itu semua, terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan atau membuat Shopee PayLater agar mendapat pinjaman yang diinginkan. Dalam penggunaan Shopee PayLater tersebut, ada kalanya Anda menemui masalah yang mengganggu.

Shopee PayLater Tidak Bisa Dipakai

Shopee PayLater Tidak Bisa Dipakai

Misalnya masalah Shopee PayLater tidak muncul, tidak bisa dipakai atau digunakan untuk pembayaran dan beberapa lainnya. Jika demikian, pada pembahasan kali ini bankir.id akan sajikan informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi Shopee PayLater tidak bisa dipakai.

Penyebab Shopee PayLater Tidak Bisa Dipakai

Penyebab Shopee PayLater Tidak Bisa Dipakai

Berbicara mengenai Shopee PayLater tidak bisa dipakai itu sendiri ada beberapa penyebab umum yang menjadikan kegagalan ShopeePay untuk diakses dan membuat pengguna merasa kecewa. Mengenai kendala maupun masalah tidak bisa dipakai PayLater ini adalah karena beberapa hal ini:

1. Koneksi Buruk

Penyebab pertama, karena aplikasi Shopee merupakan aplikasi online yang membutuhkan akses internet guna membukanya. Maka saat koneksi alami masalah atau sedang buruk, maka saat membuka fitur Shopee PayLater akan alami kegagalan. Hal ini juga umum akan terjadi pada aplikasi online lainnya.

2. Saldo Tidak Cukup

Penyebab kedua, tidak dapat digunakan bisa saja terjadi karena saldo atau limit Shopee PayLater kurang dari total harga barang yang dipesan. Seperti misalnya barang yang akan Anda beli memiliki harga sekitar Rp 700 ribu, namun limit Shopee PayLater hanya tersisa Rp 500 ribu dan akan pada pilihan metode pembayaran tidak akan muncul metode SPayLater.

3. Pembelian Produk Digital

Penyebab ketiga, Shopee PayLater tidak bisa digunakan juga terjadi saat barang yang ingin dibeli menggunakan Shopee PayLater adalah barang maupun produk digital (Pulsa, paket data, token listrik, voucher dan pembelian item game online).

Dengan begitu, wajib diketahui jika fitur pembayaran Shopee PayLater hanya berlaku untuk sebuah pembelian barang dalam bentuk fisik atau non digital. Misalnya pembelian pakaian, peralatan elektronik, aksesoris dan lain sebagainya dengan nominal di atas Rp 50 ribu.

4. Akun Shopee PayLater Ditangguhkan

Penyebab keempat, Shopee PayLater tidak bisa digunakan juga bisa dialami saat akun sedang dalam masa ditangguhkan akibat melanggar ketentuan. Salah satunya saat telat melakukan bayar cicilan Shopee PayLater yang sebelumnya sudah pernah di ambil.

Dengan begitu, tentu saja bagi Anda yang mengalami hal serupa dam tidak bisa menggunakan Shopee PayLater untuk pembayaran. Silakan lakukan pengecekan tagihan dan bayar jika ada tagihan rutin agar tetap bisa memakai Shopee PayLater.

5. Cache Aplikasi Menumpuk

Tidak hanya datang dari beberapa penyebab di atas yang menjadikan SPayLater tidak bisa dipakai. Cache menumpuk pada sebuah aplikasi Shopee juga akan membuat Shopee PayLater gagal untuk dipakai melakukan pembayaran atau transaksi.

Ini umum layaknya penggunaan aplikasi PayLater atau aplikasi lainnya, di mana ada kalanya cache menumpuk yang membuat aplikasi tersebut gagal diakses. Bahkan akibat cache menumpuk aplikasi bisa saja alami bug saat sedang membuka Shopee PayLater.

Cara Mengatasi Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan

Jika sudah tahu apa saja penyebab yang menjadikan ShopeePayLater tidak bisa dipakai atau digunakan untuk melakukan pembayaran barang. Selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah Shopee PayLater tersebut agar kembali bisa dipakai. Adapun cara mengatasi bisa simak di bawah ini:

1. Cek & Periksa Koneksi

Saat pengaksesan gagal dan Shopee PayLater tidak bisa dipakai akibat koneksi buruk. Maka jalan satu-satunya adalah Anda perlu cek dan periksa koneksi tersebut. Jika benar koneksi tidak stabil, maka bisa pakai koneksi internet lain seperti misalnya paket data dan jaringan internet rumah atau Wi-Fi.

2. Bayar Tagihan Shopee PayLater

Jika penyebabnya karena tagihan yang belum terbayarkan, silakan atasi dengan cara membayar bayar tagihan atau cicilan Shopee PayLater yang dimiliki agar limit yang terpakai bisa kembali. Namun saat limit sudah mencukupi, nantinya bisa kembali melakukan pembelian barang di Shopee menggunakan Shopee PayLater.

Untuk pembayaran tagihan Shopee PayLater bisa dilakukan lewat beberapa cara salah satunya adalah bayar Shopee PayLater di Mandiri Online atau layanan Mobile Banking bank lainnya. Atau bisa juga manfaatkan layanan offline (ATM).

3. Beli Barang Cash

Namun saat limit Shopee PayLater memiliki nominal angka di bawah dari harga barang yang ingin dibeli. Maka jalan satu-satunya adalah Anda harus membayar barang tersebut secara cash tanpa menggunakan sistem pembayaran cicil.

Selain itu, cara ini biasanya digunakan saat mengatasi akun Shopee PayLater sedang ditanggungkan akibat sanksi telat bayar. Jika tetap ingin melakukan pembayaran dengan Shopee PayLater, maka silakan tunggu sampai penangguhan berakhir atau membayar tagihan belum terbayarkan.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

Namun untuk permasalahan SPayLater tidak bisa dipakai akibat cache aplikasi yang terbilang menumpuk, maka Anda bisa lakukan hapus cache sebelum membuka SPayLater kembali. Lalu bagaimana cara hapus cache? Tidak perlu khawatir akan hal itu, simak langkah hapus cache di bawah ini:

Selain itu, solusi tepat dari masalah Shopee PayLater tidak bisa digunakan adalah dengan membersihkan file Cache di aplikasi Shopee. Berikut adalah langkah-langkah menghapus cache aplikasi Shopee :

  • Silakan buka aplikasi Shopee.
  • Lalu masuk ke menu “Saya”.
  • Akan muncul tampilan baru, silakan pilih “Pengaturan”.
  • Kemudian pilih “Informasi” untuk (Android) dan “Tentang” untuk (iOS).
  • Terakhir klik “Bersihkan Cache”, terakhir “YA”.

Jika perlu Anda bisa update aplikasi Shopee ke versi terbaru, baru setelah itu buka dan masuk ke fitur Shopee PayLater. Secara umum permasalahan akibat cache menumpuk penyelesaiannya hanya seperti itu saja.

5. Hubungi Call Center Shopee

Setelah melakukan beberapa cara di atas, namun tetap saja Shopee PayLater gagal dipakai atau digunakan. Maka Anda bisa meminta bantuan dengan hubungi call center Shopee. Silakan sampaikan secara jelas atas permasalahan yang dialami.

Untuk call center Shopee Anda bisa hubungi 1500702 kapan saja selama 24 jam di 7 hari jam kerja. Selain itu Anda juga bisa hubungi lewat email di help@support.shopee.com.

Akhir Kata

Dengan adanya pembahasan terkait penyebab dan cara mengatasi Shopee PayLater tidak bisa dipakai maupun digunakan di atas yang dapat bankir.id sajikan. Semoga bagi Anda yang alami hal serupa di mana SPayLater tidak bisa dipakai, adanya pembahasan di atas bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here