16 Resiko Jadi Agen BRILink & Cara Mengatasinya 2022

Resiko Jadi Agen BRILink – Guna melakukan ekspansi atau memperluas jangkauan produk, biasanya beberapa perusahaan akan menggandeng masyarakat sebagai rekan bisnis. Salah satu contohnya adalah BRI dengan program BRILink.

Sebagai nasabah Bank BRI, pastinya Anda sudah sering mendengar kata BRILink. Nantinya akan ada satu orang yang berjaga untuk melayani pemberian fasilitas keuangan bernama Agen BRILink. Namun dibalik itu semua, ternyata ada resiko jadi Agen BRILink.

Karena BRI sudah memiliki nama yang besar, pastinya semua orang tertarik untuk menjadi mitra dan bergabung sebagai Agen BRILink. Jika Anda adalan salah satunya, maka wajib diketahui apa saja resiko jadi Agen BRILink sebagai bahan pertimbangan.

Advertisements

Agar bisa membantu Anda dalam mengantisipasi serta mengatasi beberapa hal tersebut, maka Bankir ID akan coba berikan berbagai Resiko jadi Agen BRILink. Simak setiap poin pembahasan sebagai bekal pengetahuan menjadi Agen BRILink yang sukses.

Sekilas Tentang Agen BRILink

BRILink adalah layanan Branchless Banking dari Bank Rakyat Indonesia yang merupakan program untuk masyarakat Indonesia. Hadirnya BRILink membuka peluang praktik layanan perbankan tanpa harus menggunakan teknologi dan tanpa menuju kantor cabang.

Dalam menjalankan program tersebut, BRI akan menggandeng masyarakat yang nantinya akan menjadi seorang Agen BRILink. Tugas Agen BRILink adalah melayani kebutuhan masyarakat yang ingin menggunakan layanan perbankan seperti Tarik Tunai dan Transfer.

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Sudah banyak bukti sukses dari mitra program BRILink. Maka bisa disimpulkan jika ada beberapa keuntungan ketika menjadi seorang Agen. Apalagi jika dipadukan dengan kerja keras, maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda bisa menjadi Agen BRILink yang sukses.

Berikut beberapa keuntungan jadi seorang Agen BRILink.

1. Fee Komisi Transaksi

Dalam setiap aktivitas transaksi nasabah melalui BRILink, Anda akan mendapatkan komisi. Umumnya nominal Fee atau Komisi Transaksi BRILink adalah Rp. 1.500,00 untuk transaksi sesama BRI dan Rp. 5.000 antar sesama bank.

Belum lagi komisi tambahan untuk setiap transaksi pembayaran tagihan nasabah yang bisa mencapai angka Rp. 2.500,00 hingga Rp. 10.000,00. Jadi itulah mengapa banyak orang tertarik bergabung menjadi Agen BRILink.

2. Jaminan Asuransi

Tidak hanya Fee Komisi, Anda juga memiliki kesempatan mendapatkan berbagai jaminan Asuransi ketika jadi Agen BRILink. Jadi kerja akan terasa lebih aman dan tenang sehingga kita bisa fokus dalam melayani nasabah.

3. Tunjangan Pendidikan

Ketika sudah mencapai target transaksi dalam jangka waktu tertentu, maka Agen BRILink akan mendapatkan tambahan tunjangan Pendidikan. Jadi kebutuhan buah hati bisa tercukupi sepenuhnya.

4. Santunan Pendapatan

Adapun santunan pendapatan lainnya sesuai dengan kontrak perjanjian yang diberikan oleh pihak BRI. Namun hal tersebut bisa didapatkan ketika Anda sudah mencapai target saat bertugas jadi Agen BRILink.

Resiko Jadi Agen BRILink Berdasarkan Pengalaman

Dalam setiap bidang kerja, namanya resiko pasti selalu ada dan bisa datang sewaktu-waktu. Sama halnya dengan Agen BRILink yang memiliki beberapa tantangan dalam praktik operasionalnya.

Berikut beberapa resiko jadi Agen BRILink.

1. Resiko Tidak Tutup Target Transaksi BRILink

Sudah disinggung sebelumnya jika Agen BRILink akan berhubungan dengan target pelayanan atau transaksi nasabah. Setidaknya dalam kurun waktu satu bulan, seorang Agen BRILink harus mencapai target 200 Transaksi.

Apabila dalam satu bulan ternyata target tidak terpenuhi, maka akan ada penalti atau denda sebesar Rp. 1.000,00 untuk setiap transaksi yang belum tercapai. Kami akan berikan contoh perhitungan agar bisa jadi sebuah gambaran.

Misalkan pada bulan ini seorang Agen BRILink hanya mencapai 100 transaksi saja dari target 200, maka Anda harus membayar sejumlah denda sebesar Rp. 100.000,00.

  • Denda Target Tidak Tercapai: Rp. 1.000,00
  • Target Transaksi: 200
  • Pencapaian: 100
  • Target Tidak Tercapai: 200 – 100 = 100
  • Jumlah Penalti:
    Denda x Target Tidak Tercapai
    Rp. 1.000,00 x 100 = Rp. 100.000,00

2. Resiko Fee Transaksi yang Rendah

Perlu diketahui jika tidak semua transaksi memiliki Fee Komisi tinggi. Terkadang jumlahnya tidak pasti dan inilah dinamika ketika jadi Agen BRILink. Maka dari itu Anda memiliki resiko pendapatan rendah, belum lagi pemotongan jika tidak mencapai target.

3. Resiko Gagal Transaksi Lewat BRILink

Pelayanan transaksi selalu dilakukan secara online atau dengan bantuan koneksi Internet. Terkadang karena masalah koneksi atau perangkat pelayanan, maka transaksi BRILink gagal dan membuat nasabah harus berkompromi terhadap hal tersebut.

4. Resiko Modal BRILink

Jadi Agen BRILink bukannya tanpa modal karena Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp. 3.000.000,00 sebagai jaminan atas pemberian mesin EDC BRI. Nantinya nominal akan dikembalikan ketika Anda sudah tidak jadi Agen BRILink lagi.

Kemudian modal juga dibutuhkan guna melayani berbagai kebutuhan transaksi nasabah. Anda harus sedia saldo dan kas dalam jumlah besar guna mengakomodir kebutuhan nasabah. Jadi butuh persiapan besar ketika ingin menjadi Agen BRILink.

5. Resiko Uang Rusak atau Palsu

Penyebaran uang di masyarakat memang terkadang datang dari berbagai sumber. Hal inilah yang kemudian memunculkan potensi penggunaan uang palsu dan rusak untuk transaksi. Alhasil, Anda tidak dapat mencairkan Fee Komisi karena hal tersebut.

Cara Mengatasi Resiko Jadi Agen BRILink

Meskipun beberapa Resiko di atas terlihat sangat menakutkan, harusnya hal tersebut jadi motivasi agar lebih sukses kedepannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan guna mengantisipasi risiko di atas ketika jadi seorang Agen BRILink.

Berikut beberapa cara mengatasi Resiko Agen BRILink.

1. Gencar Melakukan Promosi BRILink

Layaknya sebuah bisnis, promosi adalah kunci dalam mendapatkan banyak pelanggan. Maka dari itu seorang Agen BRILink harus aktif mempromosikan layanan perbankan. Bisa melalui media sosial atau secara lisan dari satu rumah ke rumah lainnya.

2. Perbanyak Aktivitas Transaksi

Jika ingin mencapai target transaksi setiap bulan, maka inisiatif harus dimiliki seorang Agen BRILink. Caranya adalah dengan jemput bola dan tawarkan layanan perbankan BRI secara agresif. Datangi konsumen dan tawarkan hal tersebut secara langsung.

3. Jaga Hubungan Dengan Nasabah

Relasi juga menjadi faktor sukses lainnya ketika jadi seorang Agen BRILink. Jadi ada baiknya jika menjaga hubungan baik dengan nasabah agar nantinya bisa kembali bertransaksi di tempat Anda.

4. Cek Kelengkapan Penunjang Transaksi BRILink

Sebelum mulai membuka pelayanan, ada baiknya Anda cek kondisi kelengkapan penunjang kegiatan operasional. Misalnya saja koneksi jaringan internet kemudian kondisi mesin EDC baik secara fisik maupun fungsi.

5. Cek Keaslian dan Kondisi Uang

Hal dasar dalam mengecek keaslian uang adalah dengan menerapkan 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang). Jika ingin hasil akurat, maka Anda dapat menggunakan mesin Money Detector atau alat scan keaslian uang.

6. Menabung atau Investasi Modal

Jika masalahnya adalah modal, maka Anda bisa mulai menabung dari sekarang atau menginvestasikan dana yang dimiliki dalam instrumen investasi tertentu. Akan ada masanya seluruh modal terkumpul ketika ingin mengajukan diri jadi Agen BRILink.

Pengalaman Sukses Jadi Agen BRILink

Kunci sukses menjadi seorang Agen BRILink adalah semangat kerja keras, serta belajar dari beberapa pengalaman orang lain. Tentunya kesuksesan tersebut bisa dilakukan karena seseorang sudah berhasil mengantisipasi serta mengatasi resiko kerjanya.

Contoh Agen BRILink Sukses adalah Ibu Farida yang mulai karir keagenan dari 0 (nol). Awalnya beliau hanya seorang penjual warung kopi biasa. Namun karena aktif dalam mempromosikan bisnis Agen BRILink pada masyrakat, maka jadilah Bu Farida sukses sampai saat ini.

Call Center Daftar Agen BRILink

Setelah menimbang beberapa poin pembahasan di atas, maka kami sudah sediakan akses untuk menggali informasi BRILink serta layanan Call Center lengkapnya. Tentunya Anda bisa secara langsung bertanya pada Customer Service bahkan melakukan pengajuan diri.

Berikut beberapa Call Center Resmi untuk Daftar Agen BRILink.

  • Call Center Daftar Agen BRILink: 14017
  • Telepon Daftar Agen BRILink: 1500017
  • WhatsApp Daftar Agen BRILink: 08121214017
  • Email Daftar Agen BRILink: Call BRI

Akhir Kata

Sekarang kita bisa lebih merasa aman dan nyaman ketika mendengar tentang Resiko Jadi Agen BRILink. Kami hanya memberikan data di lapangan dan semua pengendalian resiko tersebut akan kembali pada Anda selaku Agen BRILink.

Sekian pembahasan mengenai Resiko jadi Agen Branchless Banking BRI dari Bankir ID. Nantikan informasi menarik lainnya seputar produk dan program perbankan hanya dari kami. Semoga pembahasan ini bisa memberikan manfaat bagi seluruh Calon Agen BRILink.

Sumber Gambar: Admin Bankir ID, BRI.co.id

Tinggalkan komentar