6 Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek 2022 : Syarat & Pengajuan

Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek – Memiliki sebuah pekerjaan tetap mungkin menjadi impian bagi banyak orang, bukan tidak terkecuali itu adalah Anda. Tahukah Anda? jika nantinya bagi karyawan perusahaan di Indonesia akan diikutsertakan BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek.

Tujuan diikutsertakan Jamsostek tersebut agar nantinya para karyawan bisa mendapatkan sebuah hak dan kewajiban atas pekerjaannya. Hal yang nantinya bisa didapat seperti misalnya Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan kerja dan lainnya.

Dengan keikutsertaan Jamsostek tersebut, nantinya peserta akan diberikan sebuah tanda pengenal berupa kartu Jamsostek. Yang mana kartu ini berfungsi sebagai tanda jika Anda bekerja bekerja di perusahaan dan mendapatkan perlindungan sosial ketika anda sudah tidak bekerja lagi.

Advertisements

Nantinya iuran bulanan dari Jamsostek akan dipotong secara otomatis dari gaji bulanan Anda. Nah mengenai Jamsostek ini sendiri, pada pembahasan kali ini bankir.id akan sajikan informasi mengenai beberapa pinjaman koperasi dengan jaminan Jamsostek.

Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek Syarat Pengajuan

Jadi tidak hanya untuk melindungi diri atas saat sedang bekerja, rupanya kartu Jamsostek bisa digunakan untuk jaminan untuk pinjam uang di koperasi. Lantas koperasi mana saja yang menyediakan pinjaman uang dengan Jaminan Jamsostek? Lebih jelasnya simak sampai akhir.

Apa Itu Jamsostek

Bagi yang belum tahu akan apa itu Jamsostek, maka ketahui dahulu secara lengkap apa itu pengertian Jamsosteknya. Di mana Jamsostek adalah Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja.

Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek

Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek

Berbicara mengenai koperasi yang menawarkan pinjaman dengan jaminan Jamsostek itu sendiri terbilang cukup banyak. Namun terkadang masih banyak peserta yang tidak mengetahuinya, jadi dengan adanya pembahasan terkait pinjaman koperasi dengan agunan Jamsostek ini bisa membantu.

1. Koperasi Graha Gemilang Indonesia

Pertama ada koperasi bernama Graha Gemilang Indonesia, di mana KSP ini beralamat di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara dan mempunyai produk pinjaman khusus bagi karyawan. Tidak terkecuali dengan menjaminkan kartu Jamsostek Anda bisa mendapatkan pinjaman uang.

Bahkan plafon pinjaman yang ditawarkan juga terbilang bervariasi tergantung dari besaran gaji maupun upah yang diterima dari perusahaan. Namun secara umum limit kredit berkisar mulai dari Rp 1 – 50 juta dengan tenor pinjaman mencapai 24 bulan.

2. Koperasi Sejahtera Bersama

Kedua ada koperasi simpan pinjam bernama Sejahtera Bersama (KSPSB), mungkin bagi sebagian orang tidak asing lagi dengan koperasi satu ini. Itu dikarenakan KSP Sejahtera Bersama menjadi salah satu yang terbaik dari banyaknya koperasi yang ada.

Produk unggulan yang ditawarkan berupa pinjaman multiguna yang dikhususkan untuk karyawan dengan jaminan berupa kartu Jamsostek. Untuk plafon pinjaman dari koperasi ini maksimal Rp 5 juta dengan tenor 12 bulan, sedangkan bunga pinjamannya hanya sebesar 2,5% per bulan.

3. Koperasi Sahabat Bintang Mandiri

Ketiga ada koperasi simpan pinjam di mana terkenal di Kota Semarang yaitu KSP Sahabat Bintang Mandiri (KSPSBM), salah satu produk unggulan adalah pinjaman dengan jaminan berupa Kartu Jamsostek. Untuk pengajuan sendiri juga terbilang cukup mudah dan praktis.

Karena nantinya slip gaji sebulan terakhir akan diminta saat proses pengajuan. Disisi lain, proses pengajuan dan pencairan cepat. Sehingga ini bisa dimanfaatkan jika Anda ingin melakukan pinjaman uang dengan pencairan dana yang cepat.

4. Koperasi Nasari

Keempat ada koperasi simpan pinjam Nasari, sama halnya dengan koperasi di atas, tentu saja koperasi ini tidak cukup asing. Bahkan produk yang ditawarkan untuk para seorang tenaga kerja adalah pinjaman dengan jaminan kartu Jamsostek, dengan catatan karyawan aktif bekerja minimal 1 tahun.

Bahkan syarat pengajuan pinjaman cukup mudah, apalagi jika perusahaan tempat bekerja karyawan telah menjalin kerjasama dengan Koperasi Nasari. Di mana nantinya hanya menjaminkan kartu Jamsostek dan angsuran akan dipotong dari gaji pokok setiap bulannya.

5. Koperasi PBR Citra Artha Sedana

Kelima ada koperasi simpan pinjam bernama PBR Citra Artha Sedana, koperasi ini merupakan koperasi yang kantor pusatnya ada di Cikarang Utara. Di KSP ini Anda bisa ajukan pinjaman dengan jaminan kartu Jamsostek yang masih aktif.

Untuk plafon kredit bisa mencapai Rp 35.000.000 dengan jangka kredit maksimal 36 bulan dan suku bunga kredit minimum 2,0 % per bulan. Dalam pengajuan ini cara dan syaratnya cukup mudah, di mana Anda hanya perlu sertakan kartu Jamsostek saja.

6. Kopdit Kosayu

Terakhir ada koperasi karyawan yang lokasinya ada di Jalan Candi Kalasan, Malang, Jawa Timur. Untuk warga masyarakat Malang dan sekitarnya, sudah tidak asing lagi dengan koperasi satu ini. Produk yang ditawarkan salah satunya adalah pinjaman dengan jaminan kartu Jamsostek.

Bahkan produk pinjaman serba guna untuk karyawan ini diharapkan oleh karyawan untuk mendapatkan uang dalam kondisi mendesak seperti saat renovasi rumah, biaya sekolah atau lainnya. Sedangkan untuk plafon pinjaman maksimal Rp 30 juta dengan tenor 60 bulan atau 5 tahun, suku bunga dikenakan 18% per tahun.

Syarat Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek

Jika sudah tahu akan beberapa KSP dengan jaminan Jamsostek di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui syarat ketentuan apa saja saat ajukan pinjaman atau kredit dengan Jaminan kartu Jamsostek. Antara lain syarat pengajuan itu sendiri seperti misalnya:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan.
  • Informasi slip gaji.
  • Kartu ATM dan buku rekening tabungan.
  • dan tentu saja kartu Jamsostek.

Pengajuan Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek

Sedangkan untuk pengajuan sendiri caranya cukup mudah dan sederhana, nantinya petugas KSP akan menawarkan pinjaman tersebut. Jika tidak kunjung datang menawarkan maka bisa menghubungi ke nomor atau petugas koperasi untuk lakukan pengajuan.

Sebagai catatan di setiap koperasi simpan pinjam akan memiliki ketentuan syarat dan cara pengajuan yang berbeda satu sama lain. Namun secara umum dan kebanyakan, syarat dan pengajuan pinjaman dengan jaminan kartu Jamsostek seperti sudah di jelaskan di atas.

Akhir Kata

Demikian kiranya pembahasan terkait beberapa koperasi yang menawarkan pinjaman dengan jaminan kartu Jamsostek beserta informasi terkait lainnya dapat bankir.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait pinjaman koperasi di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Selain pinjaman koperasi di atas, Anda juga bisa ajukan pinjaman di Bank BRI dengan jaminan AJB (Akta Jual Beli) seperti rumah, tanah, kendaraan atau barang berharga lainnya. Bahkan pinjaman ini resmi layaknya pinjaman KUR BRI atau produk pinjaman bank BRI lainnya.

Tinggalkan komentar