Pengalaman Telat Bayar Akulaku: Konsekuensi & Dendanya

Pengalaman Telat Bayar Akulaku – Berbelanja online melalui Akulaku adalah sebuah pengalaman yang asyik dan berkesan. Sebab, di aplikasi tersebut semua yang kita inginkan pada saat itu selalu ada. Selain itu, berbagai tawaran menarik di aplikasi Akulaku selalu ada tiap harinya, termasuk tawaran diskon gratis ongkir.

Meski begitu, dalam pelaksanaanya masih banyak orang yang tidak bisa memakai Akulaku secara bijak. Salah satunya yakni telat bayar tagihan. Bagi pengguna yang pernah melakukan hal tersebut, tentu punya Pengalaman Telat Bayar Akulaku yang tidak mengenakan.

Pengalaman Telat Bayar Akulaku ini bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari keteledoran, lupa, tidak memiliki uang, atau alasan-alasan lain yang membuat pengguna tidak bisa bayar tagihan pembayaran. Saat terjadi hal demikian, maka kita harus terima beberapa konsekuen yang bakal terjadi.

Berdasarkan beberapa Pengalaman Telat Bayar Akulaku dari berbagai sumber, ada banyak konsekuensi yang akan diberikan oleh pihak Akulaku. Apa saja konsukuensinya, mari kita ulas bersama Bankir.id di artikel ini. Bagi Anda pengguna baru, lebih baik baca ulasan ini hingga selesai.

Konsekuensi yang Diterima Jika Telat Bayar Akulaku

Konsekuensi yang Diterima Jika Telat Bayar Akulaku

Sebagai salah satu aplikasi E-Commerce terbesar, tentu Akulaku punya kebijakan dalam mengelola segala fiturnya, termasuk pembayaran tagihan belanja maupun pinjaman. Saat pengguna punya tagihan dan telat bayar karena sengaja maupun tidak sengaja, maka harus menerima konsekuensi.

Adapun konsekuensi ini sudah diberlakukan sejak lama. Apa saja konsekuensi pengguna ketika telah bayar Akulaku? Mari simak ulasan berikut:

1. Bunga Bertambah

Hal yang terjadi pertama saat telat bayar tagihan Akulaku adalah bunga bertambah. Sebagaimana konsekuensi ini berasal dari kesepatakan awal yang telah disetujui antara peminjam dan pihak Akulaku. Semakin lama telat bayar, maka bunga terus bertambah.

Bertambahnya bungapun sangat besar. Hal tersebut disebabkan pinjaman Akulaku menerapkan pinjaman tanpa agunan. Jadi, sangat disarankan ketika meminjam dana ke Akulaku diusahakan tepat waktu.

2. Skor Kredit Berkurang

Kemudian, konsekuensi yang akan diterima saat telat bayar Akulaku yakni skor kredit berkurang. Adanya pengurangan kredit inipun sama dengan bertambahnya bunga yakni sudah tertera dikesepatakan bersama. Meskipun kamu sudah membayar tagihan bulan sebelumnya, skor kredit tetap berkurang.

Ketika tidak dapat kredit tambahan, maka secara otomatis pengguna tidak bisa melakukan pinjaman di bulan berikutnya. Pastikan lagi kamu tidak mengalami hal tersebut.

3. Pelaporan Keterlambatan

Perlu diketahui bahwa Akulaku adalah salah satu platform digital pinjaman yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Ketika pengguna melakukan pinjaman, semua data yang diberikan akan diteruskan, ditinjau, dan disimpan secara baik oleh OJK.

Jadi, ketika menunggak pembayaran pinjaman, maka pihak Akulaku akan melaporkan nama pengguna ke OJK kemudian akan diteruskan ke layanan pinjaman di seluruh Indonesia. Bisa dipastikan pengguna tidak bisa meminjam lagi ke semua tempat pinjaman.

4. Penagihan Secara Online & Offline

Konsekuensi telat bayar berikutnya adalah penagihan langsung. Adapun ada 2 urutan penagihan, pertama ditagih secara online melalu custumer service Akulaku. Dari CS sendiri akan berusaha menghubungi melalui panggilan dan mengingatkan tanggal jatuh tempo. Contohnya dari pengalaman pengguna telat bayar 2 bulan, CS menghubungi melalui SMS dan telepon.

Penagihan kedua yakni dengan mendatangi secara langsung ke rumah. Hal ini dilakukan apabila tagihan online tidak diindahkan. Adapun tagihan ini akan langsung didatangi oleh dept collector Akulaku. Semakin menunda-nunda pembayaran, maka Akulaku tidak bosan untuk terus menagih.

5. Blokir Akun Akulaku

Selain beberapa konsekuensi di atas, pengguna juga bisa kehiulangan akses layanan Akulaku di bulan-bulan berikutnya. Bahkan, bisa jadi akun Akulaku pengguna bisa diblokir secara permanen jika benar-benar tidak melunasi pinjaman.

Pengalaman Telat Bayar Akulaku

Pengalaman Telat Bayar Akulak

Dari semua konsekuensi di atas, tentunya membuat kita diberi pengalaman bahwa melakukan pinjaman di aplikasi E-Commerce Akulaku ini layaknya pinjaman di bank. Meski tidak ada jaminan yang dilampirkan, akan tetapi segala perjanjian yang sudah disetujui maka harus dilakukan.

Ketika pengguna melanggar perjanjian telat bayar, dari Akulaku sendiri akan memberikan konsuensi berat. Seperti penambahan bunga, penanggihan langsung, pelaporan ke OJK, dan pemblokiran akun akses aplikasi.

Alangkah baiknya saat ingin bertransaksi di Akulaku, pastikan lebih dulu baca peraturan, pilih limit terkecil, atur waktu pinjaman, dan lain sebagainya. Apabila ketiga hal itu dilakukan, dipastikan kamu tidak akan punya pengalaman telat bayar.

Berapa Kali Debt Collector Akulaku Datang Ke Rumah?

Berdasarkan sumber dari Akulaku, Debt Collector Akulaku akan terus datang ke rumah hingga kita melunasi semua tagihan. Tidak ada batasan berapa kali pihak dari Akulaku ke rumah. Sebab pada dasarnya, tagihan terus diupayakan sampai pemilik akun bisa menunaikan kewajiban bayar hutang.

Berapa Denda Telat Bayar Akulaku?

Kemudian, ada pertanyaan lagi dari kalian, berapakah denda jika telat bayar tagihan Akulaku? Berdasarkan aturan-aturan di Akulaku, denda keterlambatan ini bervariasi tergantung perjanjiannya sebelumnya. Misalnya saja, apabila 1 minggu tidak bayar tagihan, akan dikenakan biaya 2%. Sedangkan telat bayar selamat 1 bulan maka dikenakan 10%.

Akhir Kata

Nah, itulah semua ulasan dari kami. Dari semua pembahasan, bisa disimpulkan bahwa pengalaman telat bayar tagihan di Akulaku tidak mengenakan. Ada banyak konsekuensi yang sudah diberlakukan dan bakal dilakukan apabila akun melanggar aturan.

Kiranya itu ulasan dari Bankir.id mengenai Pengalaman Telat Bayar Akulaku. Semoga dari adanya ulasan ini bisa menjadi bahan bacaan menarik dan membantu agar kalian tidak telat bayar pinjaman di Akulaku.

Sumber Gambar: Admin Bankir.id