√ Pengajuan SPinjam Ditolak : Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Pengajuan SPinjam Ditolak – Sebagai pelanggan setia Shopee, tentu banyak dari kalian yang sudah berhasil menerima penawaran untuk mengaktifkan limit SPinjam. Nantinya jika proses aktivasi disetujui, limit SPinjam akan segera diaktifkan dan siap digunakan.

Limit SPinjam yang tersedia mulai dari ratusan ribu sampai 15 juta rupiah, tergantung loyalitas kalian sebagai pelanggan Shopee. Selain itu, besar kecilnya limit yang diberikan tergantung dari status data kalian di BI Checking.

Bicara mengenai layanan SPinjam, perlu diketahui bahwa ada beberapa pemilik SPinjam yang mengaku tidak bisa melakukan pengajuan SPinjam. Jadi, pengajuan SPinjam yang dilakukan ditolak oleh pihak Shopee karena satu dan lain hal.

Advertisements

Bagi kalian yang juga sedang mengalami pengajuan SPinjam ditolak, pastinya penasaran kenapa masalah itu bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Tenang, berikut ini telah kami siapkan penjelasan lengkap terkait permasalahan tersebut dalam penggunaan layanan SPinjam.

Pengajuan SPinjam Ditolak

Pengajuan SPinjam Ditolak
Advertisements

SPinjam menjadi salah satu layanan yang paling diminati oleh setiap pelanggan Shopee. Bagaimana tidak, setiap pelanggan Shopee yang berhasil mengaktifkan limit SPinjam nantinya bisa meminjam uang hingga jutaan rupiah dengan tenor pengembalian maksimal 12 bulan.

Sementara itu, untuk pinjam uang di SPinjam Shopee juga berlaku ketentuan mengenai minimal pengajuan, data rekening dan beberapa syarat lainnya. Oleh karena itu, jika ada pengguna SPinjam yang pengajuan pinjaman nya ditolak, artinya ada beberapa syarat dan ketentuan yang tidak dipenuhi.

Advertisements

Jadi pada proses pengajuan SPinjam setiap pelanggan akan diminta menentukan nominal pinjaman serta melakukan konfirmasi bahwa pengajuan dilakukan oleh diri sendiri tanpa adanya paksaan dari orang lain. Selain itu, ada juga proses memasukkan PIN ShopeePay sebagai tahap akhir pengajuan.

Penyebab Pinjam Uang di SPinjam Ditolak

Sebagai pemilik limit SPinjam di Shopee, tentu banyak dari kalian yang memanfaatkan layanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dana di saat-saat genting. Jika begitu, apa jadinya ketika sedang butuh dana cepat dan ingin mengajukan SPinjam tapi ternyata pengajuan tersebut ditolak?

Hal ini pastinya membuat kalian kecewa sekaligus bingung memikirkan darimana cara mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan yang sedang dihadapi. Tenang, sebenarnya pengajuan SPinjam yang ditolak masih bisa ditangani melalui beberapa cara.

Sebelum itu, kalian perlu tahu apa saja faktor yang menjadi penyebab pengajuan SPinjam ditolak, antara lain :

1. Limit SPinjam Tidak Mencukupi

Penyebab pertama mungkin berasal dari limit SPinjam yang dimiliki tidak mencukupi untuk melakukan pengajuan baru. Jadi, perlu diketahui bahwa pengajuan SPinjam minimal Rp. 200.000. Oleh karena itu, jika limit SPinjam yang tersedia kurang dari nominal tersebut, maka pengajuan SPinjam tidak mungkin bisa dilakukan.

2. Memiliki Tagihan Tertunggak

Kedua, pengajuan SPinjam juga bakal ditolak apabila kalian masih punya tagihan SPinjam yang belum dibayarkan padahal sudah melewati tanggal jatuh tempo. Ingat, jika punya Cicilan SPinjam kalian wajib membayarnya tepat waktu setiap bulannya agar bisa melakukan pengajuan baru sekaligus bisa menaikkan limit SPinjam secara otomatis.

3. Memiliki Cicilan SPayLater yang Belum Dibayar

Ketiga, selain disebabkan oleh adanya tagihan SPinjam yang tertunggak, penolakan pinjam uang di layanan SPinjam Shopee juga bisa berasal dari adanya Cicilan Shopee PayLater yang belum dibayar setelah melewati tanggal jatuh tempo.

Seperti diketahui, bahwa setiap pemilik SPinjam pastinya sudah mengaktifkan limit Shopee PayLater. Melalui limit tersebut pelanggan bisa beli barang apapun di Shopee dengan cara Cicilan. Nah, jika pembayaran Cicilan dari transaksi tersebut mengalami keterlambatan, maka hal tersebut bakal berdampak pada pengajuan SPinjam ditolak hingga pemberian sanksi berupa denda keterlambatan.

4. Sistem SPinjam Sedang Gangguan

Terakhir, ketika mengalami penolakan saat mengajukan SPinjam alias pengajuan tidak cair juga bisa dikarenakan sistem dari layanan tersebut sedang mengalami gangguan. Jika sudah seperti ini maka layanan tersebut sama sekali tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Pinjaman di Shopee Pinjam Tidak Cair

Cara Mengatasi Pinjaman di Shopee Pinjam Tidak Cair

Sampai disini kalian sudah mengetahui apa saja penyebab pengajuan SPinjam ditolak. Selanjutnya mari kita simak bersama bagaimana cara mengatasi masalah tersebut agar pengajuan SPinjam bisa cair :

1. Bayar Tagihan SPinjam Sebelumnya

Cara pertama adalah membayarkan tagihan SPinjam dari pengajuan sebelumnya agar limit bisa kembali. Dengan begitu, yang tadinya tidak bisa melakukan pengajuan karena limit SPinjam tidak cukup, setelah tagihan dibayarkan maka limit akan kembali dan kalian bisa melakukan pengajuan SPinjam seperti biasa.

Selain itu, dengan cara bayar tagihan SPinjam juga bisa mengatasi pengajuan ditolak karena adanya tagihan tertunggak. Setelah tidak ada lagi tunggakan di SPinjam, selanjutnya kalian bisa meminjam uang di layanan ini seperti biasa.

2. Bayar Tunggakan Tagihan SPayLater

Cara kedua adalah membayarkan tunggakan tagihan di SPayLater. Seperti kami sebutkan diatas bahwa ketika menunggak Cicilan SPayLater bisa menjadi penyebab pengajuan SPinjam ditolak. Oleh karena itu, jika sudah tidak mempunyai tunggakan pada Cicilan Shopee PayLater, maka layanan SPinjam bisa digunakan seperti biasa.

3. Hapus Recent App

Cara terakhir mungkin bisa dipakai untuk mengatasi pengajuan SPinjam tidak cair karena layanan sedang gangguan. Jadi, disini kalian tinggal keluar aplikasi kemudian tutup semua Recent App (aplikasi yang sedang berjalan).

Jika sudah, sekarang lakukan pengajuan SPinjam ulang di aplikasi Shopee. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi Bug yang berasal dari gangguan sistem. Tapi jika tidak berhasil, maka mau tidak mau kalian harus menunggu sampai proses Maintenance SPinjam berakhir.

Akhir Kata

Itulah penjelasan dari Bankir.id mengenai penyebab SPinjam tidak cair lengkap dengan cara mengatasi. Semoga dengan adanya pembahasan diatas, kalian para pengguna SPinjam tidak perlu panik lagi jika suatu saat menjumpai masalah tersebut.

Advertisements

Tinggalkan komentar