Mobile Banking BCA Error 101? Berikut Cara Mengatasinya

Mobile Banking BCA Error 101 – Bank BCA menghadirkan aplikasi Mobile Banking untuk memudahkan para nasabahnya melakukan transaksi finansial maupun non-finansial. Dengan Mobile Banking BCA, maka nasabah dapat melakukan transaksi non-tunai jauh lebih mudah, cepat dan aman tanpa harus mengunjungi gerai ATM atau kantor cabang.

Selain itu, dengan BCA Mobile nasabah juga dapat melakukan berbagai transaksi kapan saja selama 24 jam non stop dan dimana saja tanpa harus mendatangi bank. Dengan demikian, BCA Mobile menjadi inovasi yang sangat cocok digunakan di zaman modern seperti sekarang ini, dimana sistem pembayaran serba online menjadi pilihan praktis.

Namun dibalik kemudahan yang diberikan Mobile Banking BCA, hal itu tidak selamanya berjalan lancar dan terkadang kendala muncul. Hal yang sangat mengganggu aktivitas transaksi melalui aplikasi Mobile Banking BCA adalah munculnya kode error yang membingungkan dan mengakibatkan transaksi Mobile Banking BCA tidak bisa dilakukan.

Advertisements

Selain permasalahan BCA Mobile error 213, banyak juga nasabah yang mengalami kendala Mobile Banking BCA error 101. Lantas, mengapa BCA Mobile menampilkan kode 101? Adapun penyebab dan cara mengatasi m-Banking BCA menampilkan kode error 101 dapat Anda simak penjelasan lebih lengkapnya pada ulasan lebih detail di bawah ini.

Arti M-BCA Error 101

M-BCA error 101 secara tiba-tiba, tentu akan membuat nasabah kebingungan dengan kemunculan kode error tersebut. Kode error yang ditampilkan pada aplikasi Mobile Banking BCA umumnya berupa pesan yang menunjukkan adanya kesalahan, dimana setiap kode error yang ditampilkan Mobile Banking memiliki arti masing-masing.

Sedangkan untuk arti Mobile Banking BCA error 101 yaitu SIM Card yang digunakan tidak sesuai. Dimana error ini akan menampilkan pesan “101 – SIM Card yang digunakan tidak sesuai. Silakan gunakan SIM Card yang digunakan saat aktivasi atau lakukan verifikasi ulang melalui fitur Verifikasi Ulang BCA Mobile pada menu About” dilayar ponsel.

Penyebab Mobile Banking BCA Error 101

Penyebab Mobile Banking BCA Error 101

Kode error yang ditampilkan pada BCA mobile tentu saja memiliki sebab yang jelas mengapa itu bisa terjadi. Ada beberapa penyebab yang memungkinkan kode kesalahan 101 muncul pada aplikasi m-BCA. Adapun penyebab tersebut yaitu sebagai berikut ini.

  • SIM Card digunakan untuk aktivasi Mobile Banking tidak terpasang di ponsel.
  • SIM Card digunakan untuk aktivasi BCA Mobile tidak berada di slot SIM 1.
  • SIM Card tidak terbaca di ponsel karena sudah tidak aktif atau terblokir.

Kasus error 101 sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh seperti kasus BCA Mobile error 209, hanya saja error 101 lebih spesifik pada kartu SIM sedangkan 209 pada perangkat. Setelah penyebabnya diketahui, maka tinggal mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Mobile Banking BCA Error 101

Cara Mengatasi Mobile Banking BCA Error 101

Setelah mengetahui apa saja penyebab Mobile Banking error 101, maka sekarang Anda tinggal mengambil tindakan untuk mengatasinya. Dengan diketahui penyebab error 1010, tentunya akan lebih mudah mengatasi M-BCA 101. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Mobile Banking BCA error kode 101 yaitu sebagai berikut ini.

1. Pastikan Kartu SIM Terpasang di Ponsel

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa SIM card yang digunakan untuk aktivasi terpasang di perangkat smartphone. Dengan begitu, maka pesan error 101 – SIM Card yang digunakan tidak sesuai dapat teratasi dengan cepat.

2. Pastikan Kartu SIM Terpasang di Slot SIM 1

Tidak hanya terpasang di perangkat HP yang digunakan untuk mengakses BCA Mobile saja, akan tetapi SIM Card tersebut juga harus terpasang di slot SIM 1. Seperti yang diinformasi oleh customer service BCA saat registrasi BCA Mobile, jika pengguna BCA Mobile wajib memasang kartu SIM di slot SIM 1. Dengan begitu, error 101 akan teratasi.

3. Ganti Nomor dan Registrasi Ulang

Apabila nomor HP yang terdaftar sudah tidak aktif karena kartu SIM terblokir, hingga menyebabkan Mobile Banking BCA error 101, maka untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu mengganti nomor dan melakukan registrasi ulang di kantor cabang BCA.

4. Verifikasi Ulang Mobile Banking BCA

Seperti yang telah dijelaskan pada pesan error 101 Mobile Banking BCA, dimana untuk mengatasi error ini nasabah diminta untuk melakukan verifikasi ulang. Adapun untuk cara melakukan verifikasi ulang Mobile Banking BCA yaitu sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi BCA Mobile terlebih dahulu.
  2. Kemudian, tekan tombol “i” atau “About” di sudut kanan atas.
  3. Selanjutnya, pilihlah opsi “Verifikasi Ulang”.
  4. Setelah itu, tekan “Simpan”, jika Anda ingin menyimpan pesan masuk lama.
  5. Lanjutkan dengan masukkan 16 digit nomor kartu debit ATM BCA dan klik “OK”.
  6. Tunggu hingga proses verifikasi selesai dan pastikan Anda memiliki pulsa yang mencukupi agar bisa mengirim permintaan kode akses.
  7. Lalu, masukkan kode akses atau PIN Mobile Banking BCA yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Jika sudah klik “OK”.
  8. Setelah proses verifikasi ulang berhasil, maka Anda bisa masuk ke halaman utama BCA Mobile tanpa muncul error 101.

Akhir Kata

Nah, itulah informasi lengkap dari bankir.id mengenai Mobile Banking BCA error 101, dilengkapi dengan penyebab dan cara mengatasinya. Dengan sebab yang diketahui dan mengikuti cara yang kami bagikan, maka masalah error 101 SIM Card yang digunakan tidak sesuai dapat Anda atasi dengan cepat tanpa harus ke kantor cabang BCA.

Sumber gambar: webbudi.com, ekbis.sindonews.com

Tinggalkan komentar