Lupa PIN GoPay ? Ini 10 Syarat & Cara Mengatasinya

Advertisements

Lupa PIN GoPay – Perihal layanan Gojek, tentu saja bagi masyarakat tanah air sudah melekat sekali. Karena dengan adanya Gojek inilah nantinya setiap keperluan Anda bisa dilakukan secara mudah.

Dengan adanya aplikasi Gojek tentu saja berkaitan dengan apa itu yang dinamakan GoPay. Di mana GoPay adalah uang elektronik yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi pembayaran dan keuangan melalui aplikasi Gojek.

Dalam penyelesaian transaksi tersebut nantinya pengguna Gojek harus memasukkan 6 digit PIN GoPay sebagai langkah akhir. Namun bagaimana jika sampai pengguna lupa PIN GoPay atau Gojek tersebut?

Advertisements

Tentu saja transaksi akan tertunda sampai pengguna GoPay mengatasinya. Lantas bagaimana cara mengatasi lupa PIN GoPay? Untuk lebih jelasnya pada pembahasan kali ini bankir.id akan sajikan lengkap di bawah ini.

Lupa PIN GoPay
Advertisements

Apa Itu PIN GoPay

Sebelum lanjut ke pembahasan cara mengatasinya, alangkah baiknya ketahui dahulu apa itu pengertian PIN GoPay. Di mana PIN GoPay adalah 6 (enam) digit kode PIN (Personal Identification Number).

Nantinya PIN ini berfungsi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat menggunakan GoPay untuk bertransaksi. Layaknya PIN di kartu ATM, PIN GoPay dihadirkan untuk jaga keamanan dari kemungkinan penyalahgunaan akun GoPay.

Advertisements

Jadi saat membuat PIN GoPay, pastikan gunakan kombinasi angka yang mudah diingat dan jangan pernah berikan PIN ke orang lain. Termasuk yang mengatasnamakan Gojek atau GoPay.

PIN GoPay nantinya akan digunakan untuk menyelesaikan proses transaksi seperti misalnya:

  • Transfer GoPay ke pengguna Gojek lain.
  • Transfer GoPay ke rekening bank (BRI, BCA, BNI, Mandiri dan bank lainnya).
  • Pembayaran transaksi GoPulsa.
  • Pembayaran transaksi GoTagihan.
  • Pembayaran di Rekan Usaha GoPay.
  • Pembayaran menggunakan GoPayLater.
  • Pembayaran tagihan GoPayLater.
  • Mengganti atau ubah nomor handphone pada akun Gojek.

Lupa PIN GoPay

Dengan begitu tentu saja dengan adanya masalah lupa PIN GoPay akan menjadikan setiap penggunanya akan terkendala saat ingin transaksi. Itu membuat transaksi sedikit tertunda sampai Anda mengatasinya.

Bagaimana jika salah PIN GoPay 3 kali? Jika Anda sebelumnya salah memasukkan PIN sebanyak 3 (tiga) kali, namun sudah mengubah PIN GoPay. Maka Anda harus menunggu 60 menit / 1 jam agar dapat melakukan transaksi kembali menggunakan GoPay.

Lalu seperti sudah disampaikan di atas, jika kami akan sajikan secara lengkap mengenai syarat dan cara mengatasi lupa PIN GoPay. Jadi simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Syarat Atasi Lupa PIN GoPay

Mengenai syarat atau ketentuan reset akibat tidak mengingat PIN GoPay, sebenarnya tidak ada syarat khusus, di mana pengguna GoPay hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar proses mengatasi bisa berjalan lancar.

  • Pastikan koneksi internet lancar agar saat buka aplikasi Gojek lancar.
  • Pastikan nomor HP terdaftar diakun GoPay masih aktif.
  • Terakhir adalah telah menerima kode verifikasi yang dikirim ke nomor HP.

Cara Mengatasi Lupa PIN GoPay

Jika sudah mengetahui syarat ketentuannya, maka Anda tinggal mengetahui bagaimana cara reset PIN GoPay akibat lupa. Caranya cukup mudah dan sederhana, namun untuk yang belum tahu bisa ikuti langkah di bawah ini.

1. Buka Aplikasi Gojek

Pertama, silakan buka aplikasi Gojek di perangkat yang digunakan dan pastikan perangkat terhubung dengan koneksi internet lancar.

1. Buka Aplikasi Gojek

2. Klik Menu Eksplor

Dengan berhasil membukanya, maka Anda akan dibawa atau ditampilkan menu awal aplikasi Gojek. Di sini silakan pilih menu “Eksplor”.

2. Klik Menu Eksplor

3. Klik Pengaturan

Akan muncul beberapa opsi menu baru, untuk atasi lupa PIN GoPay Anda tinggal pilih menu “Pengaturan”.

3. Klik Pengaturan

4. Klik Lupa PIN

Muncul kembali beberapa pilihan menu lain seperti gambar di bawah ini. Di langkah ini Anda tinggal klik saja di bagian “Lupa PIN”.

4. Klik Lupa PIN

5. Masukkan PIN Baru

Lalu Anda diminta memasukkan 6 digit PIN GoPay baru, silakan buat PIN yang hanya Anda ketahui dan sulit ditebak oleh orang lain.

5. Masukkan PIN Baru

6. Konfirmasi PIN Baru

Sekali lagi silakan masukkan 6 digit PIN yang tadi Anda buat untuk konfirmasi PIN baru GoPay-nya.

6. Konfirmasi PIN Baru

7. Masukkan Kode OTP

Langkah berikutnya Anda tinggal menunggu kode verifikasi atau kode OTP yang akan dikirim ke nomor HP terdaftar di akun GoPay.

Setelah berhasil didapatkan, silakan masukkan kode OTP tersebut dan klik “Kirim” untuk melanjutkan.

7. Masukkan Kode OTP

8. PIN Berhasil Diubah

Dengan langkah memasukkan kode OTP di atas, itu sebagai langkah akhir atasi atau reset PIN GoPay. Jadi mengatasi PIN GoPay akibat lupa sudah berhasil.

8. Cara Mengatasi Lupa PIN GoPay Berhasil

Akhir Kata

Demikian kiranya pembahasan terkait lupa PIN GoPay lengkap dari cara syarat dan cara mengatasi yang dapat bankir.id sajikan. Semoga adanya pembahasan masalah pada GoPay tersebut bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan. Bagi yang alami masalah serupa, silakan atasi dengan cara di atas.

Advertisements

Tinggalkan komentar