Lupa PIN ATM BRI ? Ini Syarat & Cara Mengatasinya

Lupa PIN ATM BRI – Lupa atau tidak mengingat sesuatu merupakan hal lumrah yang bisa dialami oleh setiap manusia. Hal itu bisa saja dialami oleh Anda para nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Seperti lupa akan Personal Identification Number (PIN) atau password ATM yang berupa perpaduan 6 digit angka. Jika sampai demikian, maka proses transaksi dengan kartu ATM baik di mesin ATM atau EDC akan gagal.

Untuk bisa kembali menggunakannya, silakan Anda mengatasinya terlebih dahulu. Nah proses mengatasi lupa PIN inilah yang terkadang banyak nasabah bingung seperti apa cara atau langkah mengatasinya.

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena pada pembahasan kali ini bankir.id akan sampaikan secara lengkap mengenai cara mengatasinya. Sehingga nanti tetap bisa menggunakan kartu ATM BRI untuk transaksi.

Lupa PIN ATM BRI

Lupa PIN ATM BRI

Lupa PIN ATM saat transaksi di mesin ATM atau EDC dan Anda salah memasukkan sebanyak 3 kali berturut-turut, maka akan secara otomatis ATM terblokir. Untuk mengatasi hal ini caranya sangat mudah, Anda hanya perlu datang ke kantor cabang bank BRI terdekat.

Tujuannya adalah untuk membuka blokiran dengan reset PIN kemudian membuat PIN ATM baru. Nah untuk Anda yang belum mengetahui cara dan mengatasi lupa PIN ATM BRI ini, simak pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Syarat Atasi Lupa PIN ATM BRI

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasinya, alangkah baiknya Anda mengetahui syarat ketentuan yang diperlukan saat datang ke kantor cabang bank BRI untuk mengurusnya. Di mana syarat ketentuan seperti:

  • Kartu identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor
  • Buku rekening tabungan BRI
  • Kartu ATM / debit BRI
  • Uang cash Rp 5.000 (Pembukaan pemblokiran kartu ATM)

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BRI

Jika sudah tahu akan syarat di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui langkah mengatasinya. Cara reset PIN ATM akibat lupa ini tidak jauh berbeda dengan atasi lupa PIN ATM Mandiri, BNI dan lain yang mengharuskan datang ke kantor cabang langsung.

Di mana cara reset PIN untuk atasi lupa PIN ATM yang sama sekali tidak diingat hanya bisa dilakukan dengan datang ke kantor cabang Bank Rakyat Indonesia terdekat. Bagi yang masih bingung langkah-langkahnya, simak di bawah ini:

1. Datang ke Kantor Bank BRI

Pertama, silakan datang ke kantor cabang bank BRI dengan membawa persyaratan yang sudah disampaikan diatas.

2. Ambil & Tunggu Nomor Antrean

Sesampainya di kantor Bank Rakyat Indonesia, langsung ambil nomor antrean dan tunggu nomor tersebut dipanggil oleh customer service.

3. Sampaikan Maksud Tujuan

Tiba giliran nomor antrean dipanggil, silakan temui customer service dan sampaikan jika Anda ingin atasi lupa PIN ATM BRI-nya.

4. Tunggu Pemprosesan

Dengan begitu customer service BRI akan mulai memproses dari meminta syarat dan mereset PIN/buka pemblokiran. Anda hanya perlu menunggu arahan selanjutnya.

5. Pembuatan PIN ATM Baru

Jika sudah, maka Anda akan diminta untuk membuat 6 digit PIN ATM BRI baru. Buatlah PIN ATM yang mudah diingat dan hanya Anda yang mengetahui, tujuannya agar tidak terulang kembali masalah lupa PIN.

Proses buka pemblokiran kartu ATM BRI nantinya dikenai biaya Rp 5.000. Dengan begitu, Anda perlu membawa uang cash seperti sudah disampaikan di awal, atau biaya bisa juga meminta dipotong dari rekening.

Adakah Cara Buka Lupa PIN ATM BRI Tanpa ke Bank?

Ada. Anda bisa menghubungi call center BRI di 14017 / 1500017 dan meminta bantuan pada petugas untuk melakukan reset PIN ATM dan melakukan pembuatan PIN baru. Hanya saja cara ini bisa dilakukan bagi nasabah BRI yang sudah mengingat PIN ATM-nya.

Tujuan reset ini adalah untuk mengubah atau mengganti PIN lama menjadi PIN baru. Dengan begitu silakan buat PIN ATM yang baru di mana mudah untuk diingat namun sulit ditebak oleh orang lain. Bisa manfaatkan pembuatan PIN ATM baru dengan angka istimewa Anda.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya pembahasan dapat bankir.id sajikan mengenai lupa PIN ATM BRI lengkap dengan cara mengatasinya. Semoga bagi nasabah BRI yang alami hal serupa, dengan adanya pembahasan di atas bisa berguna dan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here