√ Lupa PIN ATM BNI 2021 : Penyebab & Cara Mengatasi Tanpa ke Bank

Lupa PIN ATM BNI – Sebagai nasabah BNI, tentu kalian akan memperoleh fasilitas berupa kartu ATM. Fasilitas tersebut nantinya berguna untuk melakukan transaksi di gerai ATM BNI maupun ATM lain yang berlogo Bersama, Prima dan Link. Ada beragam jenis transaksi yang bisa dilakukan melalui ATM BNI, antara lain tarik tunai, cek saldo hingga bayar tagihan.

Kemudian sebagai pengguna ATM BNI tentu kalian telah memiliki PIN yang selalu dimasukkan setiap kali melakukan transaksi. Informasi tersebut bersifat pribadi dan jangan sampai diketahui oleh orang lain. Lalu bagaimana jadinya jika lupa PIN ATM BNI?

Apabila hal tersebut terjadi pada kalian, kami sarankan untuk segera mengatasinya. Jika tidak segera diatasi, maka bisa memberi dampak buruk pada kartu ATM hingga isi tabungan di dalamnya. Jika demikian, seperti apa sih cara mengatasi masalah tersebut?

Baiklah, sepertinya beberapa dari kalian ada yang belum tahu bagaimana cara mengatasi masalah lupa PIN ATM BNI. Tenang, dibawah ini kami telah menyiapkan penjelasan lengkap mulai dari akibat, penyebab hingga solusi masalah lupa kode keamanan ATM BNI.

Lupa PIN ATM BNI

Lupa PIN ATM BNI

Dalam penggunaan fasilitas kartu ATM BNI, fungsi PIN (Personal Identification Number) memang sangat penting, bahkan bisa di bilang merupakan syarat utama keberhasilan dari setiap transaksi. Nomor PIN sendiri berjumlah 6 digit yang ditentukan oleh kalian pada saat pembuatan ATM BNI.

Lalu tahukah apa yang akan terjadi jika kalian lupa kode keamanan tersebut? Yang jelas jika lupa PIN kalian tidak bisa melakukan transaksi apapun melalui mesin ATM dan EDC BNI. Selain itu, jika kalian memaksa untuk memasukkan PIN salah sebanyak 3 kali berturut-turut, maka kartu ATM BNI akan di blokir oleh pihak Bank.

Nah, tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada kalian bukan? Maka dari itu, ketika mengalami lupa PIN, sebaiknya jangan lakukan transaksi apapun terlebih dahulu. Dalam hal ini kami sarankan untuk tetap tenang dan segera hubungi Call Center BNI untuk mengetahui solusinya.

Penyebab Lupa Kode Keamanan ATM BNI

Penyebab Lupa Kode Keamanan ATM BNI

Sebelum kami jelaskan seperti cara mengatasi masalah lupa kode keamanan ATM BNI, kalian perlu tahu faktor apa yang menjadi alasan bisa mengalami lupa PIN. Jadi, seperti kami singgung bahwa PIN ATM terdiri dari 6 digit kombinasi angka atau nomor.

Dalam pembuatan PIN ATM terkadang nasabah menggunakan kombinasi nomor yang rumit, bahkan ia sendiri sudah mengingatnya. Namun jika di tanya, tujuan membuat PIN dengan deretan angka tersebut adalah menjaga keamanan dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Namun alih-alih aman dari tindak kejahatan justru membuat susah diri sendiri saat lupa nomor PIN ATM. Maka dari itu, kami sarankan pada semua nasabah BNI untuk membuat PIN dengan kombinasi angka unik dan bersifat pribadi. Meskipun demikian, hindari pembuatan PIN mengunakan tanggal lahir atau peristiwa lainnya.

Cara Mengatasi Lupa Password ATM BNI

Setelah tahu sebab akibat dari lupa PIN ATM BNI, tentu kalian penasaran bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Jadi, perlu diketahui bahwa untuk menangani kendala lupa PIN kalian bisa melakukannya tanpa harus ke Bank, yaitu melalui kontak pusat pelayanan nasabah BNI 24 Jam.

Akan tetapi jika kartu ATM BNI kalian sudah terblokir karena salah PIN sebanyak 3 kali, maka satu-satunya solusi adalah meminta bantuan petugas CS di Kantor Cabang. Baiklah, agar lebih jelas silahkan simak penjelasan lengkap dari masing-masing cara mengatasi lupa PIN ATM BNI dibawah ini :

1. Lewat Call Center BNI

Lewat Call Center BNI
  • Lakukan panggilan ke nomor 021-1500-046.
  • Ikuti instruksi untuk berbicara dengan Customer Service.
  • Setelah tersambung, sampaikan bahwa kalian telah mengalami lupa PIN ATM.
  • Kemudian petugas akan meminta informasi pribadi seperti NIK, Nomor Rekening BNI, Nomor Kartu ATM dan Nomor HP.
  • Jika sudah, tunggu beberapa saat petugas akan melakukan verifikasi data.
  • Apabila data yang disebutkan benar, maka kalian akan menerima informasi berupa PIN ATM BNI milik kalian.
  • Sampai disini masalah sudah teratasi, silahkan tutup panggilan.

Catatan : Setelah memperoleh PIN dari petugas, kami sarankan untuk segera mengganti kode keamanan tersebut melalui ATM BNI.

2. Lewat Kantor Cabang Bank BNI

Lewat Kantor Cabang Bank BNI
  • Datanglah ke Kantor Cabang BNI terdekat.
  • Setelah itu ambil nomor antrian Customer Service.
  • Tunggu hingga tiba giliran.
  • Jika sudah, silahkan temui petugas lalu sampaikan maksud kedatangan yaitu mengatasi masalah lupa kode keamanan.
  • Serahkan berkas persyaratan berupa KTP, Buku Rekening dan Kartu ATM BNI.
  • Selanjutnya petugas akan melakukan reset PIN.
  • Lalu kalian akan diminta untuk membuat PIN baru.
  • Sekarang ATM BNI sudah bisa digunakan lagi menggunakan PIN baru.
  • Selesai

Catatan : Cara ini berlaku apabila kartu ATM BNI terblokir karena telah memasukkan PIN salah sebanyak tiga kali berturut-turut.

KESIMPULAN

Demikian ulasan dari Bankir.id mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah lupa kode keamanan pada ATM BNI. Selain itu, kalian juga bisa menerapkan cara diatas untuk mengatasi LUPA PIN SMS BANKING maupun Mobile Banking BNI. Satu lagi, untuk menghubungi Call Center BNI tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun alias Gratis (Bebas Pulsa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here