√ Kode OTP BNI Mobile Tidak Muncul : Penyebab & Cara Mengatasi

Kode OTP BNI Mobile Tidak Muncul – Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, kini segala transaksi perbankan bisa dilakukan dalam genggaman melalui fasilitas bernama Mobile Banking. Saat ini hampir semua Bank sudah menyediakan fasilitas Mobile Banking, tak terkecuali Bank BNI.

Jadi disini Bank BNI menyediakan fasilitas bernama BNI Mobile atau mBanking BNI. Ada banyak fitur transaksi yang tersedia di dalamnya, termasuk tarik tunai tanpa kartu. Nah, khusus untuk transaksi tersebut kalian akan diminta memasukkan kode OTP.

Lalu bagaimana ketika ingin tarik tunai tanpa kartu tapi kode OTP yang dibutuhkan tidak muncul? Ya, kendala semacam ini kerap dialami oleh beberapa nasabah BNI yang melakukan penarikan uang tanpa kartu melalui BNI Mobile.

Advertisements

Pertanyaan nya, kenapa kode OTP tidak muncul? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah masalah ini bisa membahayakan transaksi? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut telah kami siapkan dibawah ini.

Kode OTP BNI Mobile Tidak Muncul

Kode OTP BNI Mobile Tidak Muncul

Kode OTP (One Time Password) merupakan kode khusus yang terdiri dari beberapa digit angkat. Kode tersebut bakal dikirimkan oleh Bank BNI melalui SMS ketika kalian melakukan transaksi tarik tunai di fitur Mobile Tunai BNI atau melakukan aktivasi layanan BNI Mobile.

Dengan begitu, ketika kode OTP tidak muncul maka bisa berakibat transaksi tarik tunai tanpa kartu dan aktivasi BNI Mobile gagal. Khusus untuk tarik tunai tanpa kartu, apakah saldo yang terpotong juga ikut hilang ketika transaksi gagal karena kode OTP BNI Mobile tidak muncul?

Jawabannya adalah TIDAK. Sebab, transaksi yang dilakukan belum berhasil karena kode OTP yang diminta belum dimasukkan. Intinya, sumber masalah ini berasal dari nomor HP yang digunakan, mengingat kode OTP BNI Mobile dikirim via SMS.

Penyebab Kode OTP BNI Tidak Terkirim

Setelah menyimak penjelasan mengenai dampak daripada kendala kode OTP BNI Mobile tidak masuk, sekarang kita lanjut ke penyebab dari masalah itu sendiri. Jadi, ketika kode OTP tidak muncul atau tidak menerima SMS berisi kode OTP BNI, maka hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

1. Nomor HP Terdaftar Sudah Tidak Aktif

Penyebab pertama mungkin berasal dari nomor HP yang terdaftar di BNI Mobile sudah tidak aktif alias terblokir. Dengan begitu, nomor HP tidak bisa menerima panggilan maupun SMS dari siapapun, termasuk dari BNI yang mengirimkan kode OTP.

2. Nomor HP Terdaftar Berada di Slot SIM 2

Penyebab kedua adalah nomor HP terdaftar tidak berada di Slot SIM Utama. Dengan begitu, SMS berisi kode OTP dari BNI tidak akan muncul. Faktor ini berlaku untuk kalian yang menggunakan smartphone dengan fitur Dual SIM Card.

3. Nomor Pengirim Kode OTP Masuk ke Daftar Block List

Penyebab ketiga, kode OTP BNI Mobile juga tidak akan muncul apabila nomor pengirim kode OTP dimasukkan ke dalam daftar Block List. Jika demikian, maka SMS berisi kode OTP tidak akan terlihat meskipun dari pihak BNI sudah mengirimkannya via SMS.

4. Sedang Terjadi Gangguan Server

Terakhir, masalah diatas juga bisa disebabkan oleh gangguan server dari layanan Digital Banking miliki BNI. Hal ini tidak hanya berdampak pada kode OTP BNI Mobile tidak muncul, akan tetapi bisa menimbulkan masalah lain seperti BNI Mobile Error 9081 hingga BNI Mobile tidak bisa Login.

Cara Mengatasi Kode OTP mBanking BNI Tidak Diterima

Cara Mengatasi Kode OTP mBanking BNI Tidak Diterima

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja faktor penyebab terjadinya kasus kode OTP BNI Mobile tidak muncul. Selanjutnya kalian juga harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah diatas. Berikut ini telah kami siapkan beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menangani permasalahan diatas, antara lain :

1. Ganti Nomor HP BNI Mobile

Cara pertama adalah mengganti nomor HP BNI Mobile. Proses perubahan nomor HP bisa dilakukan langsung melalui aplikasi BNI Mobile. Tapi jika tidak berhasil, maka kalian bisa menemui petugas Customer Service di Kantor Bank BNI terdekat.

2. Pindah Nomor HP ke Slot SIM 1

Cara kedua, jika masalah disebabkan oleh nomor HP terdaftar berada di Slot SIM 2, maka solusinya cukup ubah nomor HP tersebut ke Slot SIM 1. Dengan begitu, nantinya SMS berisi kode OTP BNI Mobile akan muncul.

3. Non-Aktifkan Block List Pada Nomor Pengirim

Cara ketiga adalah menonaktifkan status Block List pada nomor HP pengirim kode OTP. Proses ini bisa dilakukan melalui menu Pengaturan Pesan. Jika sudah, maka SMS kode OTP dari BNI akan muncul dan transaksi bisa dilanjutkan. Selain itu, kami sarankan untuk menyimpan nomor HP pengirim dengan cara menambahkan simbol ( + ) di depan nomor. Dengan begitu, kasus kode OTP tidak muncul mungkin tidak akan dijumpai lagi.

4. Hubungi Call Center BNI

Terakhir, jika masalah diatas terjadi karena adanya gangguan sistem, maka tidak ada solusi apapun kecuali menunggu proses Maintenance berakhir. Atau jika transaksi tersebut Urgent, sebaiknya kalian hubungi Call Center BNI untuk memperoleh bantuan.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari Bankir.id mengenai penyebab SMS kode OTP BNI Mobile tidak muncul. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi SMS kode OTP tidak muncul. Semoga dengan adanya ulasan diatas, kalian para User BNI Mobile tidak perlu panik lagi jika suatu saat menjumpai masalah kode OTP tidak muncul.

Tinggalkan komentar