Gagal Aktivasi ShopeePay ? Ini Cara Mengatasi 100 % Berhasil

Gagal Aktivasi ShopeePay – Menjadi salah satu layanan e-commerce ternama, Shopee tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Terutama bagi Anda yang gemar berbelanja online, karena di e-commerce satu ini nantinya bisa menemukan dan membeli barang yang dicari tanpa harus keluar rumah.

Dan berbicara mengenai Shopee sendiri, pastinya tidak jauh akan jauh dengan apa yang dinamakan ShopeePay. Bagi pengguna Shopee baru mungkin akan bertanya apa itu ShopeePay. Jadi perlu Anda ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu pengertian ShopeePay.

Di mana ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang bisa menjadi pilihan metode pembayaran transaksi online, pembayaran transaksi offline di merchant ShopeePay, transfer ke sesama, transfer ke dompet digital lain seperti transfer ShopeePay ke LinkAja, DANA dan lainnya, bahkan bisa juga untuk menerima pengembalian dana di aplikasi Shopee.

Namun sebelum bisa menikmati layanan ShopeePay milik Shopee tersebut, pengguna aplikasi Shopee harus terlebih dahulu mengaktifkan ShopeePay. Dan dalam proses aktivasi ShopeePay tidak semuanya bisa berjalan secara lancar, ada kalanya aktivasi ShopeePay alami gagal.

Gagal Aktivasi ShopeePay

Gagal Aktivasi ShopeePay

Nah bagi Anda pengguna awam aplikasi Shopee yang sedang melakukan aktivasi ShopeePay dan alami masalah serupa. Pada pembahasan kali ini bankir.id akan sajikan secara lengkap mengenai apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi gagal saat aktivasi ShopeePay.

Penyebab Gagal Aktivasi ShopeePay

Berbicara mengenai apa penyebab yang menjadikan gagal aktivasi layanan pembayaran dari Shopee ini ada beberapa faktor. Namun, secara umum faktor-faktor penyebab yang menjadikan gagal aktivasi ShopeePay seperti:

1. Koneksi Buruk Saat Pengaksesan

Permasalahan pertama alami gagal aktivasi ShopeePay di aplikasi Shopee dikarenakan oleh koneksi internet yang terhubung di perangkat tidak stabil atau buruk. Sehingga pengaksesan aplikasi Shopee tidak berjalan sesuai harapan.

2. Informasi Data Diri Belum Lengkap

Kedua, bisa saja gagal aktivasi dikarenakan adanya kesalahan dalam memasukkan informasi data diri yang diminta. Seperti misalnya saat melengkapi informasi atau verifikasi nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga nama yang tertera di KTP.

3. Salah Masukkan Alamat Email

Ketiga, gagal aktivasi ShopeePay juga dikarenakan adanya kesalahan saat memasukkan alamat email. Biasanya ini terjadi saat Anda memasukkan alamat email yang berbeda dengan alamat email sebelumnya sudah terdaftar di aplikasi Shopee.

4. Waktu Habis (Time Out)

Selain masalah-masalah di atas yang menjadi faktor gagalnya aktivasi ShopeePay juga bisa terjadi karena waktu habis (Time Out) saat membuka aplikasi. Biasanya ini terjadi akibat pengguna terlalu lama saat mengisi data atau tidak melakukan apa-apa di aplikasi dalam kurun waktu cukup lama.

Cara Mengatasi Gagal Aktivasi ShopeePay

Jika sudah berhasil mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan ShopeePay tidak bisa aktivasi, selanjutnya Anda perlu untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi gagal aktivasi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengatasinya, bisa simak pembahasan di bawah ini.

1. Pastikan Koneksi Internet

Untuk mengatasi gagal pengaktifan ShopeePay akibat koneksi jaringan yang buruk maupun tidak stabil. Solusinya adalah dengan memastikan kebenaran koneksi tersebut, Anda bisa cek dengan Speedtess guna mengetahui kecepatan internetnya.

Saat benar koneksi buruk dan dirasa tidak bisa untuk akses aplikasi Shopee, maka silakan gunakan koneksi Internet lain yang dirasa stabil. Anda bisa gunakan paket data, tethering hotspot perangkat lain maupun gunakan koneksi jaringan WiFi rumah.

2. Isi Data Diri Secara Lengkap

Saat gagal aktivasi terjadi karena pengisian data diri seperti nama dan nomor Kartu Tanda Penduduk yang alami kesalahan. Maka solusi paling tepat adalah dengan melengkapi kembali data-data diminta secara lengkap.

Ingat, masukkan secara teliti baik nama dan angka (nomor KTP) jangan sampai ada kesalahan dalam memasukkan data tersebut. Sehingga proses selanjutnya dapat berjalan lancar dan gagal aktivasi terminimalisir.

Catatan : Saat gagal akibat foto KTP dan selfie tidak jelas, maka bisa lakukan foto KTP dan selfie terlebih dahulu dan upload hasil foto yang jelas sehingga data terbaca secara sempurna.

3. Aktivasi Ulang

Lalu saat aktivasi ShopeePay tidak berhasil akibat alamat email yang dimasukkan tidak sesuai, maka coba ingat dan gunakan alamat email pertama saat daftar Shopee. Jika sudah demikian silakan lakukan aktivasi ulang seperti pengaktifan umum.

Dengan melakukan aktivasi ulang, secara umum para masalah terselesaikan. Karena besar kemungkinan gagalnya aktivasi kalau tidak salah memasukkan data diri dan persyaratan dikarenakan oleh koneksi yang buruk.

4. Aktivasi Secara Cepat

Selain itu pastikan saat aktivasi ShopeePay lakukan secara cepat, dengan catatan pengisian data diri dan informasi dibutuhkan lainnya benar. Karena saat pengisian terlalu lama dan tidak ada aktivitas sentuhan pada layar maka dianggap kehabisan waktu.

Bahkan tidak jarang para pengguna Shopee yang aktivasi ShopeePay alami gagal juga dikarenakan keluar aplikasi untuk pengecekan nomor KTP. Jadi usahakan tetap didalam aplikasi Shopee dan lakukan pengisian dengan cepat.

5. Hubungi Call Center Shopee

Dirasa setelah lakukan cara mengatasi di atas tetap saja alami gagal, maka Anda bisa mengatasi dengan cara terakhir ini. Yaitu dengan menghubungi call center Shopee untuk meminta bantuan. Silakan hubungi call center Shopee di 1500702 atau layanan sosial media di:

  • Email : help@support.shopee.co.id
  • Twitter : @ShopeeCare
  • Instagram : shopee_id
  • Facebook : ShopeeID
  • WhatsApp : +6281382297246

Jangan ragu untuk sampaikan keluhan Anda ini kapanpun, bahkan saat jam-jam kritis di malam hari. Karena pihak Shopee melayani Anda selama 24 jam dalam 7 hari kerja.

Dengan berhasilnya melakukan aktivasi ShopeePay menjadikan banyak keuntungan yang nantinya bisa didapatkan. Apalagi saat Anda menggunakan ShopeePay untuk keperluan transaksi di setiap harinya.

Untung menggunakan ShopeePay seperti proses pembayaran praktis dan cepat, banyak penawaran promo (voucher, cashback dan gratis ongkos kirim). Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk pembayaran offline di beberapa merchant rekanan ShopeePay yang terdaftar menjadi mitra.

Tips Aktivasi ShopeePay Anti Gagal

Selain penyebab dan cara mengatasi gagal aktivasi ShopeePay di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips sebagai pengalaman guna lancar dalam proses aktivasi. Sehingga ShopeePay bisa langsung untuk digunakan, ini dia beberapa tipsnya:

  • Paling awal adalah memastikan jika kondisi jaringan yang terhubung dengan perangkat / HP adalah koneksi jaringan internet yang stabil.
  • Pastikan saat lakukan foto KTP dan foto selfie hasil jepretan jernih sehingga identitas diri yang ada pada KTP terbaca jelas.
  • Untuk foto selfie pastikan saat memegang KTP, muka dan KTP terlihat sesuai dan masuk frame yang diminta.
  • Memastikan juga jika data diri yang diisi sudah sesuai dan benar. Dengan catatan melakukan secara cepat.

Akhir Kata

Mungkin seperti itulah pembahasan yang dapat bankir.id sajikan mengenai cara atasi gagal aktivasi ShopeePay beserta informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya pembahasan gagal aktivasi ShopeePay di atas bisa bermanfaat bagi pengguna aplikasi Shopee yang alami hal serupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here