41 Daftar Bank Peserta BI-FAST 2021 Semua Tahap

Daftar Bank Peserta BI-FAST 2021 – Belakangan ini tengah ramai dibicarakan terkait hadirnya layanan perbankan terbaru bernama BI-FAST. Bagi yang belum tahu informasi lebih lanjut mengenai layanan tersebut, kalian bisa simak terus artikel ini sampai akhir.

Pada pembahasan berikut kami telah menyiapkan penjelasan terkait apa itu BI-FAST hingga Bank apa saja yang sudah masuk ke daftar Bank yang menjadi peserta pengguna layanan tersebut. Disamping itu, ada beberapa keuntungan yang bakal diperoleh nasabah dari Bank peserta BI-FAST.

Keuntungan tersebut hadir dari segi biaya pengeluaran dari setiap transaksi yang dilakukan. Jadi, setiap daftar Bank peserta BI-FAST menerapkan ketentuan khusus mengenai biaya transaksi, seperti tarik tunai, transfer Antar Bank Online dan lain sebagainya.

Kemudian BI (Bank Indonesia) juga telah menentukan mengenai kapan layanan BI-FAST resmi diterapkan. Daripada semakin penasaran, langsung saja simak ulasan dibawah ini mengenai kapan layanan BI-FAST dirilis, ketentuan tarif transaksi, keuntungan nasabah hingga daftar Bank yang menjadi peserta BI-FAST 2021.

Apa Itu BI-FAST?

Apa Itu BI FAST

Sebelum kami sebutkan daftar Bank yang menjadi peserta BI-FAST, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu BI-FAST. Jadi, belum lama ini Bank Indonesia telah mengumumkan hadirnya layanan terbaru bernama BI-FAST. Layanan ini merupakan merupakan sistem pembayaran untuk para pelaku industri, ritel serta UMKM melalui pembayaran transfer online.

Selain itu, BI-FAST juga bisa diartikan sebagai layanan pengganti transfer Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang akan beroperasi selama 24 jam non-stop. Dengan adanya layanan BI-FAST, nantinya nasabah dari Bank yang masuk ke daftar peserta BI-FAST bisa menikmati kemudahan transfer dalam jumlah besar.

Keuntungan Nasabah Bank Peserta BI-FAST

Keuntungan Nasabah Bank Peserta BI FAST

Di awal pembahasan kami sempat menyinggung bahwa ada beberapa keuntungan yang bakal diperoleh bagi nasabah Bank peserta BI-FAST. Apa saja sih keuntungan tersebut? Simak informasi selengkapnya dibawah ini :

1. Biaya Transaksi Lebih Murah

Pertama, setiap transaksi yang dilakukan melalui rekening Bank peserta BI-FAST menjadi lebih murah. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Bank Indonesia hanya menerapkan biaya maksimal Rp. 2.500 untuk semua transaksi. Namun skema penurunan harga akan dilakukan secara berkala.

2. Proses Transfer Dalam Jumlah Besar Bisa Dilakukan via Online

Kedua, bagi para pengguna rekening Bank peserta BI-FAST juga bisa menikmati kenyamanan transaksi dengan nominal ratusan juta rupiah tanpa perlu datang ke Kantor Bank, melainkan cukup memanfaatkan fasilitas yang tersedia seperti ATM, Mobile Banking, Internet Banking dan lain sebagainya.

3. Mendukung Transaksi Transfer Tanpa Nomor Rekening

Ketiga, layanan BI-FAST juga bakal mendukung proses pengiriman uang tanpa nomor rekening, tapi menggunakan Email serta nomor HP milik penerima. Hal ini tentu menjadi inovasi terbaru dari sebuah layanan perbankan.

Daftar Bank Peserta BI-FAST 2021

Daftar Bank Peserta BI FAST 2021

Setelah menyimak informasi seputar apa itu BI-FAST hingga keuntungan yang ditawarkan, mungkin beberapa dari kalian sudah penasaran apa saja daftar Bank peserta BI-FAST 2021. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Bank Indonesia bakal merilis layanan tersebut dalam dua tahap.

Tahap pertama akan dirilis pada minggu kedua di bulan Desember 2021. Sedangkan untuk tahap kedua adalah minggu ke empat di bulan Januari 2022. Nah, untuk daftar Bank peserta BI-FAST 2021 (tahap pertama) adalah sebagai berikut :

  1. Bank Tabungan Negara
  2. Bank DBS Indonesia
  3. Bank Permata
  4. Bank Mandiri
  5. Bank Danamon Indonesia
  6. Bank CIMB Niaga
  7. Bank Central Asia
  8. Bank HSBC Indonesia
  9. Bank UOB Indonesia
  10. Bank Mega
  11. Bank Negara Indonesia
  12. Bank Syariah Indonesia
  13. Bank Rakyat Indonesia
  14. Bank OCBC NISP
  15. Bank Tabungan Negara UUS
  16. Bank Permata UUS
  17. Bank CIMB Niaga UUS
  18. Bank Danamon Indonesia UUS19. Bank BCA Syariah
  19. Bank Sinarmas
  20. Bank Citibank NA
  21. Bank Woori Saudara Indonesia

Kemudian untuk daftar Bank peserta BI-FAST pada akhir bulan Januari 2022 (tahap kedua) adalah sebagai berikut :

  1. Bank Sahabat Sampoerna
  2. Bank Harda International
  3. Bank Maspion
  4. Bank KEB Hana Indonesia
  5. Bank Rakyat Indonesia Agroniaga
  6. Bank Ina Perdana
  7. Bank Mandiri Taspen
  8. Bank Nationalnobu
  9. Bank Jatim UUS
  10. Bank Mestika Dharma
  11. Bank Jatim
  12. Bank Multiarta Sentosa
  13. Bank Ganesha
  14. Bank OCBC NISP UUS
  15. Bank Digital BCA
  16. Bank Sinarmas UUS
  17. Bank Jateng UUS
  18. Standard Chartered Bank
  19. Bank Jateng
  20. BPD Bali
  21. Bank Papua
  22. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai daftar Bank peserta BI-FAST tahap pertama dan tahap kedua. Siapapun nasabah Bank yang termasuk dalam daftar peserta BI-FAST tentunya bakal menerima manfaat tersendiri dari layanan tersebut, khususnya penurunan biaya transaksi saat TRANSFER, Tarik Tunai, Cek mutasi dan transaksi lain melalui semua fasilitas perbankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here