√ Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi : 9 Penyebab & Solusi

Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi – Sebagai nasabah BRI pastinya kalian telah menerima fasilitas berupa kartu ATM pada saat membuka rekening. Fasilitas tersebut memiliki banyak sekali fitur transaksi, antara lain cek saldo, tarik tunai, transfer hingga pembayaran tagihan.

Bicara soal ATM BRI, belum lama ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menerbitkan ketentuan bagi semua nasabah yang masih menggunakan ATM Magnetic Stripe untuk melakukan migrasi ke ATM BRI berbasis Chip. Hal ini bertujuan agar setiap transaksi yang dilakukan bisa terjamin keamanannya.

Namun berdasarkan pengakuan dari beberapa nasabah, ATM BRI Chip yang dimiliki tidak terdeteksi saat melakukan transaksi. Dampak dari masalah ini tentu saja transaksi di ATM BRI tidak bisa diproses. Lantas, kenapa Chip pada ATM BRI bisa tidak terdeteksi atau terbaca?

Untuk penyebab dari masalah itu sendiri bisa berasal dari kartu ATM BRI, mesin ATM bahkan server dari Bank BRI. Nah, bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, berikut telah kami siapkan informasi mengenai penyebab hingga cara mengatasi Chip ATM BRI tidak terdeteksi.

Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi

Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi

Seperti kami singgung diatas bahwa saat ini Bank BRI sedang dalam proses melakukan perpindahan ATM Magnetic Strip ke ATM berteknologi Chip. Bagi yang belum tahu, Chip pada ATM BRI nantinya berguna sebagai alat pendeteksi data pengguna atau pemilik rekening.

Selain itu, Chip tersebut juga berguna sebagai sistem keamanan ganda dari tindak peretasan atau Skimming yang tentu berbahaya untuk isi rekening. Namun belum lama kebijakan ini berlaku, beberapa nasabah mengaku tidak bisa melakukan transaksi karena Chip tidak terdeteksi.

Ketika terjadi demikian pada layar mesin ATM akan muncul pemberitahuan Transaction Declined Chip On Card Undetected (Transaksi Ditolak Chip Pada Kartu Tidak Terdeteksi). Dampak dari masalah ini tentu saja kalian tidak bisa melakukan transaksi apapun, seperti cek saldo maupun MENGAMBIL UANG DI ATM BRI.

Penyebab Chip Pada ATM BRI Tidak Terbaca

Ketika mengalami masalah diatas pastinya bakal mengganggu transaksi yang dilakukan melalui mesin ATM BRI. Nah, disini perlu diketahui bahwa ketika mesin ATM tidak bisa membaca Chip pada kartu ATM BRI mungkin disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

1. Salah Memasukkan Kartu ATM

Salah Memasukkan Kartu ATM

Pertama, Chip ATM BRI tidak akan terbaca ketika kalian salah memasukkan kartu ATM (terbalik). Jika demikian, maka tekan Cancel lalu MASUKKAN KARTU ATM BRI dengan benar.

2. Kartu ATM Disable

Penyebab Chip Pada ATM BRI Tidak Terbaca

Kedua, apabila ATM BRI Disable juga menjadi penyebab Chip tidak terbaca. Hal ini bisa terjadi ketika kalian terdeteksi melakukan transaksi mencurigakan melalui rekening tersebut.

3. ATM BRI Terblokir

ATM BRI Terblokir

Ketiga, ketika salah memasukkan PIN ATM BRI sebanyak tiga kali secara berturut-turut maka kartu ATM akan terblokir. Dengan demikian, Chip ATM tidak akan terdeteksi sama sekali tidak bisa melakukan transaksi.

4. Chip ATM BRI Rusak

Chip ATM BRI Rusak

Keempat, masalah diatas juga bisa disebabkan oleh Chip pada ATM BRI yang sudah rusak. Faktor ini biasanya karena Chip sering bergesekan dengan kartu lain di dompet, sehingga Chip lecet dan tidak terbaca oleh mesin ATM.

5. Mesin ATM Sedang Dalam Perbaikan

Mesin ATM Sedang Dalam Perbaikan

Terakhir, ketika Chip ATM BRI tidak terdeteksi juga bisa disebabkan oleh mesin ATM BRI yang digunakan sedang dalam masa perbaikan. Jadi ketika fisik ATM masih dalam kondisi baik serta tidak ada indikasi ATM diblokir, berarti masalah Chip tidak terbaca murni karena gangguan sistem.

Cara Mengatasi Chip ATM BRI Gagal Terdeteksi

Setelah menyimak beberapa penyebab Chip ATM BRI gagal terdeteksi, sekarang mari cari tahu solusi dari masalah tersebut. Tenang, berikut telah kami siapkan beberapa cara untuk mengatasi mesin ATM tidak bisa mendeteksi Chip ATM BRI, antara lain :

1. Melakukan Enable Kartu ATM

Cara Mengatasi Chip ATM BRI Gagal Terdeteksi

Solusi pertama adalah melakukan ENABLE ATM BRI yang Disable. Proses ini bisa dilakukan secara Online maupun Offline. Adapun data yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut :

  • e-KTP
  • Buku Rekening BRI
  • Kartu ATM BRI yang Disable

Setelah ATM BRI Disable berhasil diatasi, silahkan coba lagi transaksi di ATM. Biasanya setelah proses ini Chip ATM bisa terdeteksi dan transaksi dapat dilanjutkan.

2. Laporkan Masalah via Call Center BRI

Laporkan Masalah via Call Center BRI

Kemudian ketika Chip ATM tidak terdeteksi kalian bisa melaporkan masalah tersebut melalui Call Center BRI. Setelah tersambung dengan petugas, sampaikan kronologi masalah yang dialami nantinya petugas akan memberikan panduan terkait cara mengatasinya.

3. Lakukan Transaksi Lewat BRImo

Lakukan Transaksi Lewat BRImo

Jika Chip ATM BRI tidak terdeteksi karena kondisi fisik dari kartu ATM telah rusak, maka kalian perlu melakukan pergantian kartu di Kantor Cabang BRI terdekat. Namun jika tidak ada waktu untuk mengurusnya, sementara kalian bisa melakukan transaksi melalui layanan Mobile Banking BRI (BRImo).

4. Gunakan Mesin ATM BRI Lainnya

Gunakan Mesin ATM BRI Lainnya

Terakhir, jika mesin tidak bisa membaca Chip ATM BRI karena sedang terjadi kerusakan, maka kalian bisa pindah ATM lain untuk melakukan transaksi. Biasanya mesin ATM yang berlokasi di Kantor Cabang jarang mengalami kerusakan, karena setiap terjadi error, petugas selalu siaga untuk memperbaikinya.

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai penyebab dan solusi Chip ATM BRI tidak terdeteksi. Jadi, bagi para nasabah BRI yang mungkin sedang mendapati masalah diatas tidak perlu khawatir, kalian bisa menggunakan beberapa cara diatas untuk mengatasi ATM BRI berbasis Chip yang tidak terbaca di mesin ATM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here