10 Cara Transfer Uang Lewat ATM : Sesama & Bank Lain

Advertisements

Cara Transfer Uang Lewat ATM – Dijaman yang serba canggih dan modern seperti saat ini, kita semakin mudah melakukan transaksi keuangan secara cepat dan tanpa ribet.

Perusahaan perbankan terus mengembangkan berbagai macam fasilitas serta kecanggihan teknologi untuk memudahkan seluruh nasabahnya untuk melakukan transaksi.

Adanya kartu ATM bisa anda gunakan untuk berbagai macam kepentingan seperti bayar BPJS, tarik tunai, transfer, bayar listrik dan berbagai macam kepentingan lainnya.

Advertisements

Salah satu hal yang paling sering digunakan oleh masyarakat saat ini adalah transfer tanpa harus datang ke bank. Nasabah dengan mudah transfer uang hanya melalui ATM.

Cara Transfer Uang Lewat ATM Sesama dan Lain Bank

Cara Transfer Uang Lewat ATM Sesama dan Lain Bank

Advertisements

Setelah membahas secara singkat mengenai apa itu ATM dan transfer. Anda juga dapat melakukan cara transfer uang lewat ATM Mandiri. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara transfer uang lewat ATM baik ke sesama bank ataupun bank lain, berikut ulasan lengkapnya.

Advertisements

Cara Transfer Uang Lewat ATM

Cara Transfer Uang Lewat ATM

1. Masukkan kartu ATM ke Slot Mesin ATM

Langkah pertama masukkan kartu ATM anda ke slot yang tersedia di mesin ATM, pastikan anda memasukkan kartu ATM dengan benar. Karena jika terbalik nantinya kartu ATM tidka dapat masuk.

2. Pilih Bahasa

Langkah yang kedua adalah pilih bahasa pada layar ATM. Anda bisa memilih Bahasa Indonesia untuk memudahkan proses bertransaksi.

3. Masukkan PIN ATM Anda

Selanjutnya masukkan 6 digit PIN rahasia, pastikan masukkan pin dengan benar karena PIN sangat rahasia pastikan jangan memberikan PIN atm anda kepada siapapun.

4. Pilih Jenis Transaksi

Setelah anda memasukkan PIN nantinya akan beralih ke menu lainnya. Karena tujuan anda adalah transfer uang maka pilih menu Transfer.

5. Pilih Bank Tujuan

Langkah berikutnya adalah memilih bank tujuan transfer yang anda inginkan baik sesama ataupun bank lain.

  • Pilih Bank : Contohnya anda memilih bank BRI untuk transfer uang ke sesama BRI, kemudian masukkan nomor rekening BRI tujuan anda. Klik, “Benar”.
  • Pilih Bank Lain : Jika anda transfer uang ke rekening bank selain BRI, anda harus memasukkan kode bank serta nomor rekening tujuan. Biasanya kode bank merupakan tiga digit angka yang bisa anda lihat pada menu “Daftar Kode Bank”. Kode bank inilah yang harus anda masukkan terlebih dahulu sebelum nomor rekening tujuan.

6. Masukkan Nominal Uang Yang Akan Ditransfer

Masukkan nominal uang yang ingin anda transfer ke rekening tujuan. Pastikan anda memasukkan nominal uang secara tepat. Kemudian klik “Benar”.

7. Masukkan Nomor Referensi

Pada menu ini anda dapat mengosongkannya karena menu nomor referensi bersifat opsional dan tidak wajib.

8. Cek dan Konfirmasi Ulang

Sebelum anda melakukan proses transfer dengan benar, pada menu ini anda akan diminta konfirmasi ulang mengenai data yang sudah dimasukkan sebelumnya. Cek kembali nomor rekening tujuan, nama penerima, dan nominal uang yang akan di transfer. Apabila sudah benar klik “Ya”.

9. Transfer Uang Berhasil

Jika anda telah sampai pada tahap transfer berhasil ke rekening tujuan. Akan muncul pertanyaan “Apakah anda ingin melakukan transaksi lain” jika sudah selesai klik “Tidak”, atau pilih “Ya” apabila anda ingin melakukan transaksi lainnya.

10. Transaksi Selesai

Jika anda sudah menyelesaikan transaksi, secara otomatis akan keluar struk dan kartu ATM akan keluar dari mesin ATM. Cek kembali jangan sampai ada barang yang tertinggal sebelum anda meninggalkan ruang ATM.

Tips Aman Transfer Uang Lewat ATM

Tips Aman Transfer Uang Lewat ATM

  • Masukkan kartu ATM kedalam mesin ATM secara hati-hati dan sesuai dengan posisinya.
    Selalu jaga kerahasiaan nomor PIN ATM anda, saat anda melakukan transaksi melalui atm ada baiknya tutup area keypad saat memasukkan PIN.
  • Perhatikan dan waspadai kondisi sekitar, usahakan cari ATM yang lokasinya tidak terlalu sepi. Hal tersebut dapat meminimalisir tindak kejahatan yang dapat terjadi pada diri anda.
  • Langsung simpan kartu ATM setelah selesai melakukan transaksi.
  • Ganti PIN ATM secara berkala, pentingnya mengganti PIN secara berkala agar membantu anda menjaga keamanan serta menghindari pembobolan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah cara transfer uang lewat atm baik sesama bank atau ke bank lain serta tips aman melakukan transfer di ATM dari Bankir.id untuk anda. Semoga dapat membantu anda dalam melakukan transfer uang lewat ATM.

Advertisements