20 Cara Transfer Gopay ke DANA Mudah dan Simpel 2021

Cara Transfer Gopay ke DANA – Kehadiran berbagai layanan dompet digitas atau e-wallet memang sangat memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi. Seiring berkembangnya teknologi, terus menghadirkan layanan dompet digital baru, seperti Gopay. Layanan tersebut menjadi layanan dompet digital yang paling populer di Indonesia.

Hal tersebut tak terlepas dari fitur yang ada didalamnya. Dengan menggunakan Gopay, berbegai transaksi dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan aman. Salah satu transaksi yang paling sering dilakukan oleh para pengguna Gopay, yaitu transfer. Tak hanya digunakan untuk transfer ke akun Gopay lainnya, namun juga bisa transfer ke aplikasi e-wallet lain seperti DANA.

Anda akan dengan mudah melakukan transfer ke DANA, bila menggunkan Gopay. Namun, sebelum melakukan transfer, pastikan terlebih dahulu akun Gopay anda sudah upgrade ke versi terbarunya. Jika belum melakukan upgrade, maka anda tidak dapat melakukan transfer. Namun jika sudah, maka anda sudah dapat melakukan transfer Gopay ke DANA.

Lantas bagaimana cara kirim saldo ke DANA? Caranya sendiri terbilang mudah dan simpel. Bagi yang belum mengetahui caranya, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengetahuinya. Dimana pada kesempatan kali ini bankir akan sajikan informasi seputar cara untuk mentransfer saldo Gopay ke DANA. Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Transfer Gopay ke DANA Mudah dan Simpel

Cara Transfer Gopay ke DANA Mudah dan Simpel

Umumnya Gopay sering digunakan untuk membeli produk dari Gojek ataupun untuk bayar belanja online di LAZADA, Bukalapak dan marketplace lainnya yang sudah bekerjasama. Namun, pengembangan aplikasi Gopay yang terus dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi Gopay yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi.

Seperti yang sudah kami singgung, bahwa Gopay juga dapat digunakan untuk transfer ke DANA. Nah, cara transfer Gopay ke DANA sendiri biasa dilakukan oleh para pengguna untuk mengirimkan saldo Gopay ke dana. Adapun caranya silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Virtual Account DANA

Cara Membuat Virtual Account DANA

Sebelum melakukan transfer, yang perlu dilakukan hanyalah membuat virtual account DANA terlebih dahulu. Virtual account ini nantinya akan digunakan untuk menerima transferan dari Gopay. Adapun caranya membuat atau mendapatkan virtual account DANA, sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke akun DANA anda.
  2. Selanjutnya, silahkan pilih menu “Isi Saldo“.
  3. Kemudian, pilih “Bank” yang anda ingin gunakan. Sebagai contoh silahkan pilih bank BCA. Jika anda menggunakan bank lainnya, caranya sama saja. Tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.
  4. Setelah itu, maka akan muncul tampilan yang akan menampilkan kode Virtual Account DANA.
  5. Silahkan klik “Salin Kode“.

Cara Menambahkan Akun Bank

Cara Menambahkan Akun Bank

Nah, setelah mendapatkan kode virtual account DANA, anda perlu menambahkan akun DANA sebagai tujuan transfer. Tujuan menambahkan akun DANA ke tujuan transfer yaitu agar nantinya ketikan anda akan melakukan transfer dari Gopay ke DANA, anda tidak perlu melakukan pengaturan ulang, cukup pilih tujuan saja, maka akan langsung bisa mentransfer. Adapun caranya menabahkan akun DANA, sebagai berikut.

  1. Setelah mendapatkan kode virtual account DANA, silahkan buka aplikasi Gojek.
  2. Kemudian, silahkan pilih menu “Lainnya“.
  3. Selanjutnya, pilih menu “Tarik“.
  4. Lalu, anda akan diarahkan ke halaman baru, silahkan pilih “Tambahkan Bank Lainnya“.
  5. Langkah selanjutnya, silahkan masukkan “Nama Bank” yang sesuai dengan nomor virtual account DANA yang ada buat sebelumnya. Sesuai dengan contoh, maka pilih bank BCA.
  6. Kemudian, pada bagian “Kode Bank“, tidak perlu dirubah.
  7. Setelah itu, silahkan masukkan nama pemilik akun DANA yang akan anda transfer.
  8. Pada bagian “Nomor Rekening” silahkan diisi dengan nomor virtual account DANA penerima. Jika sebelumnya anda telah menyalin nomor virtual accountnya. Silahkan langsung tempel saja.
  9. Lalu, klik tanda centang. Kemudian, klik “Simpan“.
  10. Maka akun DANA sebagai tujuan transfer sudah tersimpan.

Cara Transfer Gopay ke DANA

Cara Transfer Gopay ke DANA

Setelah menambahkan akun baru sebagai tujuan transfer, barulah anda bisa langsung melakukan transfer dari Gopay ke DANA menggunakan kode virtual account tersebut. Setelah tujuan transfer tersimpan, maka anda akan kembali ke menu awal. Untuk memulai transfer silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan pilih menu “Tarik“.
  2. Kemudian, silahkan pilih akun DANA yang sebelumnya anda tambahkan.
  3. Lalu, masukkan nominal jumlah yang ingin anda transfer.
  4. Setelah itu, silahkan tekan “Tarik“.
  5. Selanjutnya, akan muncul halaman konfirmasi. Silahkan periksa data yang anda masukan apakah sudah benar atau belum. Jika ada yang salah silahkan langsung perbaiki saja. Jika sudah, tekan “Konfirmasi“.
  6. Kemudian, anda akan diminta untuk memasukan 6 digit PIN Gopay anda. Silahkan masukkan PIN.
  7. Setelah itu, maka transaksi akan langsung diproses dan anda akan mendapatkan notifikasi bahwa transaksi telah diproses.
  8. Terakhir, anda akan dapat langsung melihat rincian transaksi, silahkan simpan sebagai bukti transaksi jika itu memang dibutuhkan.

FAQ

Bisakah Transfer Gopay ke DANA Tanpa di Upgrade?

Tidak bisa, karena pada aplikasi Gopay yang belum di Upgrade masih belum tersedia fitur transfer. Selain itu, Upgrade Gopay juga menjadi syarat utama untuk transfer ke DANA.

Apakah Aplikasi DANA Juga Harus di Upgrade Agar Bisa Menerima Transferan dari Gopay?

Tidak perlu, namun jika sudah di upgrade atau ingin di upgrade juga tidak masalah, jutru itu lebih baik.

Adakah Biaya Transfer Gopay ke DANA?

Ada, anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 2.500

Berapa Lama Proses Transfer Gopay ke DANA?

Hal ini tergantung koneksi anda, mengingan transfer menggunakan e-wallet dilakukan secara online. Normalnya akan memakan waktu 1 x 24 jam, namun bila sedang tidak normal biasanya akan memakan waktu maksimal 2 hari.

Itulah informasi yang dapat bankir.id sajikan untuk anda terkait cara transfer Gopay ke DANA. Dilihat dari informasi di atas bisa disimpulkan bahwa, penggunaa e-wallet atau dompet digital jauh lebih praktis dibandingkan menggunakan alat pembayaran lainnya. Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.