6 Cara Top Up KUR Mandiri 2021 : Syarat, Tenor & Manfaat

Cara Top Up KUR Mandiri – Di masa pandemi seperti sekarang ini memang banyak masyarakat terkena dampaknya, terlebih bagi kalian para pelaku UMKM. Berdasarkan pengakuan yang kami peroleh, banyak UMKM yang terpaksa Gulung Tikar karena tidak menerima pemasukan untuk melanjutkan usahanya.

Nah, sebagai solusinya Bank Mandiri menawarkan dana pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat). Produk ini memiliki keunggulan berupa syarat dan cara pengajuan sangat mudah. Bukan hanya itu, proses pencairan dana Kredit Usaha Rakyat Mandiri juga tidak butuh waktu lama, yaitu hanya 30 menit.

Berbicara soal Kredit Usaha Rakyat, mungkin salah satu dari kalian yang menjadi nasabah Bank Mandiri mungkin sudah melakukan pengajuan dan menerima dana pinjaman KUR. Jika demikian, perlu diketahui bahwa Bank Mandiri menyediakan fitur Top Up atau tambah dana pinjaman untuk produk tersebut.

Artinya kalian bisa menambah pinjaman KUR meskipun cicilan sebelumnya belum dilunasi. Nantinya kalian juga akan menerima perpanjangan masa cicilan sesuai ketentuan berlaku. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak pembahasan lengkap seputar syarat, cara, tambahan tenor hingga manfaat lain dari Top Up dan Kredit Usaha Rakyat Mandiri.

Syarat Top Up Kredit Usaha Rakyat Mandiri

Syarat Top Up Kredit Usaha Rakyat Mandiri

Tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya program Kredit Usaha Rakyat Mandiri memang seolah menjadi penolong para pelaku bisnis UMKM di Indonesia. Bagaimana tidak, untuk produk ini Bank Mandiri menyediakan plafon pinjaman mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Maka dari itu tidak jarang nasabah Mandiri ingin mengajukan ulang dana pinjaman tersebut guna mengembangkan bisnis yang dijalani. Nah, seperti kami singgung diatas bahwa untuk menambah jumlah pinjaman KUR Mandiri sekarang tidak perlu menunggu sampai cicilan lunas.

Jadi, Bank Mandiri mendukung nasabah dengan kriteria tertentu untuk Top Up dana KUR Mandiri. Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan agar bisa pinjam dana KUR lagi meski cicilan belum selesai :

1. Riwayat Pinjaman

Syarat utama agar bisa menikmati fitur penambahan limit Kredit Usaha Rakyat Mandiri adalah memiliki riwayat bayar angsuran selalu tepat waktu. Jika selama bayar cicilan KUR Mandiri ada beberapa catatan merah alias tidak tepat waktu, maka bisa jadi Top Up tidak disetujui oleh pihak Bank.

2. Laporan Penghasilan

Selain itu, kalian juga perlu menyerahkan laporan penghasilan minimal 3 bulan terakhir dalam bentuk rekening koran. Untuk proses CETAK REKENING KORAN MANDIRI bisa dilakukan melalui Kantor Cabang atau layanan Internet Banking Mandiri.

3. Dokumen Pribadi

Kemudian Bank Mandiri juga akan meminta berkas data diri berupa KTP dan Kartu Keluarga (Asli dan Fotokopi). Jika sudah berumah tangga juga perlu menyerahkan KTP Suami / Istri.

4. Dokumen Pengajuan KUR

Dokumen tambahan untuk pengajuan KUR Mandiri pertama kali juga diperlukan supaya bisa melakukan Top Up pinjaman tersebut. Nantinya dokumen tersebut digunakan oleh Bank Mandiri sebagai pertimbangan mengenai limit yang diberikan.

Cara Top Up KUR Mandiri

Cara Top Up KUR Mandiri

Apabila sudah memenuhi semua persyaratan diatas, sekarang mari lanjut ke inti pembahasan, yaitu bagaimana cara Top Up Kredit Usaha Rakyat di Bank Mandiri. Perlu diketahui bahwa saat ini Mandiri belum menyediakan proses Top Up dana KUR secara Online, baik itu lewat aplikasi maupun situs resmi. Jadi, mau tidak mau kalian harus datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri dengan membawa semua berkas persyaratan yang diperlukan. Setelah itu silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Ambil Nomor Antrian

Sesampainya di Kantor Cabang Bank Mandiri silahkan ambil nomor antrian Customer Service. Setelah itu duduk di kursi tunggu hingga tiba giliran.

2. Sampaikan Maksud & Tujuan

Jika sudah, silahkan temui petugas dan sampaikan maksud kedatangan, yaitu ingin Top Up dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri.

3. Serahkan Berkas Persyaratan

Selanjutnya petugas akan meminta berkas persyaratan yang diperlukan mulai dari rekening koran hingga berkas data pribadi seperti KTP dan lain sebagainya.

4. Lengkapi Formulir Pengajuan

Sembari melakukan pengecekan data, petugas akan meminta kalian untuk melengkapi formulir pengajuan Top Up dana KUR Mandiri. Silahkan lengkapi formulir tersebut dengan benar dan teliti.

5. Proses Pencairan

Apabila tidak ada pada riwayat bayar angsuran dan data diri kalian, selanjutnya petugas akan melakukan proses pencairan. Ikuti saja instruksi yang diberikan petugas.

6. Selesai

Terakhir, kalian akan menerima sejumlah dana KUR Mandiri beserta penjelasan seputar tanggal jatuh tempo hingga suku bunga yang berlaku untuk pinjaman tersebut.

Pilihan Tenor KUR Mandiri Setelah di Top Up

Pilihan Tenor KUR Mandiri Setelah di Top Up

Sampai disini mungkin kalian penasaran mengenai pilihan tenor yang tersedia pada pinjaman KUR Mandiri setelah di Top Up. Ya, jadi Mandiri memiliki ketentuan terkait masa angsuran sesuai dengan jumlah pinjaman yang diperoleh. Dalam hal ini kalian bisa memilih sendiri berapa lama tenor cicilan sesuai keinginan dan kemampuan. Sedangkan untuk besaran angsuran per bulan dari masing-masing plafon pinjaman, bisa kalian lihat TABEL KUR MANDIRI.

Manfaat Tambah Dana KUR Mandiri

Manfaat Tambah Dana KUR Mandiri

Bagaimana, tertarik menerapkan cara diatas untuk menambah limit dana KUR Mandiri? Selain syarat yang dibutuhkan terbilang mudah, proses tersebut juga menawarkan beberapa manfaat atau benefit untuk nasabah, antara lain sebagai berikut :

1. Tenor Cicilan Fleksibel

Tenor cicilan yang diberikan bisa lebih lama dari saat pertama kali melakukan pengajuan. Tapi semua itu tergantung lagi dengan riwayat pembayaran angsuran kalian sebagai pengguna KUR.

2. Suku Bunga Menarik

Kemudian suku bunga yang berlaku setelah melakukan Top Up menyesuaikan ketentuan yang sedang berlaku. Artinya, ketika pengajuan pertama Suku Bunga KUR sebesar 6% tapi saat dilakukan Top Up beberapa waktu kemudian, Mandiri sedang menerapkan suku bunga lebih rendah maka kalian mengikuti suku bunga terbaru.

3. Bebas Biaya Provisi

Terakhir, untuk tambah dana KUR Mandiri nasabah tidak dibebankan biaya provisi dalam bentuk apapun. Artinya kalian cukup menyiapkan semua berkas persyaratan diatas jika ingin menambah kredit pinjaman KUR Mandiri.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari Bankir.id seputar cara menambah dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri lengkap dengan syarat yang dibutuhkan. Selain itu, kami juga menjelaskan ketentuan terkait pilihan tenor hingga benefit yang ditawarkan bagi pengguna KUR Mandiri yang melakukan Top Up.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here