20 Cara Top Up E Money di iPhone 2023: Cek Saldo & NFC!

Bankir.id – Mengetahui cara Top Up E Money di iPhone pastinya akan membuat para pengguna produk Apple tersebut bisa lebih leluasa ketika dalam perjalanan. Lantas, apa saja syarat Top Up tersebut dan bagaimana prosedurnya?

Teknologi serta beragam fitur di HP iPhone memang tidak perlu diragukan lagi. Semua fitur di iPhone tadi tentunya bisa memfasilitasi kebutuhan kita setiap harinya. Terbaru, ada cara Top Up E Money di Iphone yang pastinya sangat praktis.

Namun, cara Top Up E Money di iPhone ini ternyata masih belum diketahui oleh banyak pihak. Padahal caranya cukup mudah dan prosesnya tidak memakan banyak waktu. Jadi, bagaimana prosedur Top Up E Money di perangkat Apple tersebut?

Advertisements

Agar dapat membantu Anda yang saat ini tengah membutuhkan informasi seputar cara Top Up E Money di iPhone, maka Bankir ID akan berikan Penjelasan lengkapnya. Jadi silahkan simak pembahasan mengenai Top Up E Money berikut ini.

Syarat Top Up E Money di iPhone

Sebelum mulai pada cara Top Up, maka terlebih dahulu kita pahami apa saja syarat yang berlaku. Semua persyaratan tadi dibutuhkan ketika kita menerapkan cara isi ulang E Money di iPhone sehingga perlu dipersiapkan.

Agar bisa mempersiapkan seluruh hal penting tersebut, berikut beberapa syarat Top Up E Money di iPhone.

1. Fitur NFC iPhone

NFC (Near Field Communication) adalah sebuah perangkat yang mampu menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya pada jarak yang sangat dekat. NFC ini digunakan untuk membaca kartu E Money kita untuk sekedar cek saldo dan keperluan lainnya.

2. Seri iPhone

Perlu dipahami jika tidak semua seri iPhone memiliki fitur NFC di dalam perangkatnya. Lantas iPhone berapa saja yang memiliki NFC? Fitur NFC mulai tersedia dari iPhone seri 6+ sampai sekarang. Jadi seri iPhone 5s ke bawah dipastikan tidak ada NFC.

3. Aplikasi Tokopedia

Proses Top Up E Money ini juga akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Tokopedia. Kenapa harus isi ulang E Money di iPhone lewat Tokopedia? Karena Tokopedia termasuk salah satu platform yang memiliki banyak penyedia jasa E Money saat ini.

4. Kartu E Money

Jika ingin menerapkan cara Top Up E Money, sudah pasti kita harus memiliki kartu E Money dari berbagai perusahaan perbankan atau penyedia jasa lainnya. Jadi siapkan kartu E Money jika ingin melakukan isi ulang di iPhone.

5. Saldo Pembayaran Top Up E Money Mencukupi

Pembayaran Top Up E Money nantinya akan melibatkan beragam mitra, mulai dari dompet digital seperti OVO, Gopay, dan Saldo Tokopedia hingga layanan perbankan seperti Mobile Banking dan Transfer ATM. Maka dari itu pastikan sarana pembayaran sudah terisi saldo.

Jika semua syarat di atas sudah Anda persiapkan, maka cara Top Up E Money sudah bisa dilakukan. Namun jika salah satu syaratnya kurang seperti Aplikasi dan Saldo, maka Anda harus segera siapkan di iPhone masing-masing.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone untuk Top Up E Money

Sebelumnya sudah dijelaskan jika Top Up E Money membutuhkan NFC. Maka bagaimana cara mengaktifkan fitur NFC di iPhone? Berikut langkah-langkah pada cara mengaktifkan NFC di iPhone untuk Top Up E Money.

  • Silahkan buka iPhone Anda dan lakukan pencarian dengan mengetikan “Pintasan”.
  • Swipe Layar ke Kanan (Jempol mengusap ke arah kanan) sampai masuk halaman Automasi Baru.
  • Tap opsi Buat Automasi Pribadi di tampilan iPhone Anda.
  • Pilih menu NFC di tampilan iPhone.
  • Kemudian tap Pindai untuk menggunakan NFC.

Cara Cek Saldo E Money di iPhone Semua Seri

Pada langkah awal Top Up di iPhone melalui Tokopedia, Anda diharuskan untuk cek saldo terlebih dahulu. Cara cek saldo E Money dengan menggunakan iPhone ini dapat dilakukan dengan berbagai metode.

Berikut beberapa cara cek saldo E Money di iPhone.

  • Buka aplikasi Tokopedia terinstal di HP Anda.
  • Setelah masuk di halaman beranda, fokuskan perhatian pada kolom pencarian.
  • Ketikan “Uang Elektronik” pada kolom pencarian tersebut.
  • Nantinya akan muncul opsi dan pilih Uang Elektronik.
  • Kemudian fitur Cek Saldo akan muncul di tampilan HP.
  • Tap Cek Saldo dan tempelkan Kartu E Money di bagian atas dekat kamera depan iPhone.
  • Nantinya akan muncul informasi Saldo E Money Anda.
  • Cara cek saldo E Money di iPhone sudah berhasil.

Jika sudah melakukan cek saldo, maka Anda hanya tinggal melakukan Top Up E Money saja. Namun supaya tidak terjadi kesalahan prosedur, maka kami akan buatkan cara di poin pembahasan berikutnya.

Cara Top Up E Money di iPhone via NFC Semua Seri

Tibalah saatnya untuk membahas mengenai cara isi ulang E Money di iPhone. Tentunya semua prosedur ini membutuhkan persyaratan dan harus terpenuhi seluruhnya. Barulah cara Top Up E Money bisa diterapkan.

Berikut langkah-langkah pada cara Top Up E Money di iPhone.

1. Lakukan Prosedur Cek Saldo di iPhone

Buka Aplikasi Tokopedia dan lakukan serangkaian prosedur Cek Saldo E Money di iPhone yang sudah kami bahas pada poin sebelumnya. Kemudian lakukan hingga muncul keterangan Saldo E Money Anda.

2. Tap Top Up Sekarang

Apabila informasi Saldo E Money sudah muncul pada tampilan HP, maka pilih Top Up Sekarang di bagian bawah informasi.

3. Pilih Nominal Top Up Saldo E Money

Nantinya akan muncul opsi Nominal Top Up di tampilan HP Anda. Silahkan pilih salah satu nominal dan tap Lanjut.

4. Pilih Metode Pembayaran

Kemudian akan muncul keterangan Nominal Top Up E Money yang sudah dipilih. Jika sudah yakin dengan pilihan tersebut, maka tap Pilih Pembayaran.

5. Lakukan Pembayaran

Silahkan pilih terlebih dahulu Metode Pembayaran yang ingin digunakan dengan tap Lihat Semua. Jika sudah memilih Metode Pembayaran, maka langkah terakhir adalah tap Bayar.

Cara Top Up dengan menggunakan iPhone sangat mudah dan juga cepat bukan? Persiapannya juga tidak begitu sulit dan Anda sudah bisa malang melintang melewati jalan tol di berbagai wilayah.

Cara Top Up E Money di iPhone via Nomor Kartu Semua Seri

Selain menggunakan NFC, Top Up E Money juga dapat dilakukan menggunakan Nomor Kartu. Berikut langkah-langkah pada cara cek saldo E Money di iPhone dengan memanfaatkan Nomor Kartu.

  • Buka aplikasi Tokopedia terinstal di HP Anda.
  • Setelah masuk di halaman beranda, fokuskan perhatian pada kolom pencarian.
  • Ketikan “Uang Elektronik” pada kolom pencarian tersebut.
  • Nantinya akan muncul opsi dan pilih Uang Elektronik.
  • Masukan Nomor Kartu E Money dengan mengetik secara manual pada kolom tersedia.
  • Atau bisa juga memasukan Nomor Kartu E Money dengan fitur Scan.
  • Kemudian silahkan pilih nominal Top Up E Money pada opsi yang tersedia.
  • Jika sudah memilih opsi nominal Top Up, silahkan tap Lanjut.
  • Silahkan gunakan Promo jika memang ada atau langsung tap Pilih Pembayaran.
  • Berikutnya silahkan pilih Metode Pembayaran.
  • Jika tidak ada pilihan, maka Anda bisa tap Lihat Semua.
  • Apabila sudah menentukan Metode Pembayaran, lanjutkan dengan tap Bayar.
  • Silahkan lakukan pembayaran sebelum batas waktunya habis.
  • Cara Top Up E Money sudah berhasil.

Biaya Top Up E Money di iPhone

Pastinya biaya juga menjadi pertimbangan penting dalam cara melakukan Top Up E Money. Namun berapakah biaya Top Up E Money jika menggunakan iPhone? Saat menerapkan cara Top Up E Money, maka Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 1.500,00.

Akhir Kata

Sekarang Anda sudah memahami bagaimana cara Top Up E Money di iPhone. Tentunya semua prosedur di atas bisa berjalan lancar jika semua syarat terpenuhi. Pastikan juga jika cara Top Up ini hanya berlaku untuk seri iPhone 6+ ke atas.

Sekian pembahasan mengenai Cara Isi Ulang E Money di iPhone dari Penulis Web Bankir. Nantikan informasi menarik lainnya seputar cara bayar, Top Up, dan kabar dunia perbankan hanya dari kami.

Sumber Gambar: Admin Bankir ID

Tinggalkan komentar