10 Cara SMS Banking BRI Paling Lengkap & Terbaru 2021

Cara SMS Banking BRI – Bank BRI tidak henti-hentinya menghadirkan layanan yang memudahkan para nasabahnya. Salah satu layanan perbankan yang dihadirkan Bank BRI untuk memudahkan nasabahnya melakukan berbagai transaksi yaitu SMS Banking.

SMS Banking BRI merupakan layanan perbankan yang hadir sebagai terobosan baru untuk memudahkan nasabah bank BRI dalam melakukan berbagai transaksi perbankan menggunakan perangkat handphone. Dengan begitu, maka anda tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi.

Dengan layanan SMS perbankan, maka transaksi seperti cek saldo, transfer, bayar tagihan, top up, dan lain sebagainya dapat dilakukan di handphone. Anda cukup mengirim pesan SMS ke 3300, maka transaksi sudah dapat dilakukan. Lantas bagimana cara SMS Banking BRI ?

Nah, bagi yang belum tahu caranya, berikut ini bankir akan memberikan caranya mengirim SMS untuk berbagai transaksi. Jadi bagi nasabah Bank BRI yang belum mengetahui caranya, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengetahuinya. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara SMS Banking BRI Paling Lengkap & Terbaru

Cara SMS Banking BRI Paling Lengkap Terbaru

Untuk melakukan transaksi menggunakan SMS Perbankan, anda hanya perlu mengirim format SMS ke nomor 3300. Setiap transaksi menggunakan format SMS yang berbeda-beda. Namun, sebelum menggunakan layanan perbankan ini, anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Setelah mendaftar, barulah transaksi perbankan bisa dilakukan dengan SMS Banking. Adapun informasi lebih lengkapnya sebagai berikut.

Cara SMS Banking BRI

Cara SMS Banking BRI

Sebelum menggunakan SMS Banking BRI untuk melakukan berbagai transaksi, anda perlu DAFTAR SMS BANKING BRI, baik di ATM maupun langsung ke kantor Bank BRI terdekat. Setelah melakukan pendaftaran, maka anda sudah dapat menggunakan layanan SMS Banking BRI untuk melakukan berbagai transaksi.

Transaksi menggunakan SMS Banking dilakukan dengan mengirim SMS dalam bentuk format tertentu yang dikirim ke nomor 3300. Setiap transaksi memiliki format SMS yang berbeda-beda. Adapun caranya, sebagai berikut.

Cara Cek Saldo Lewat SMS Banking BRI

  1. Langkah pertama, buka layanan pesan.
  2. Kemudian, ketik format SMS seperti seperti berikut : SALDO<spasi>Nomor PIN ATM kirim ke 3300 (Contoh : SALDO 815242)
  3. Lalu, klik kirim. Maka nantinya anda akan menerima SMS balasan, berisi informasi saldo ATM anda.

Cara Transfer ke Sesama Lewat SMS Banking BRI

  1. Buka layanan SMS.
  2. Kemudian, masukkan format SMS seperti berikut : TRANSFER<spasi>BRI+NOMOR REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL<spasi>PIN kirim ke 3300 (Contoh : TRANSFER BRI9181726273527124 500000 815242)
  3. Selanjutnya, klik Kirim.
  4. Maka nanti anda akan mendapatkan SMS berupa pemberitahuan bahwa transaksi berhasil.

Cara Transfer ke Bank Lain Lewat SMS Banking BRI

Perlu anda ketahui, untuk transfer ke Bank Lainnya anda perlu memasukan kode bank tujuan transfer anda. Maka dari itu, sebelum melakukan trasnsfer ke bank lain, anda harus tahu KODE BANK INDONESIA terlebih dahulu. Setiap bank memiliki kode yang berbeda-beda. Jika sudah mengetahui kode bank tujuan anda transfer, silahkan transfer dengen cara sebagai berikut.

  1. Masuk ke layanan pesan.
  2. Ketikkan format SMS seperti berikut : TRANSFER<spasi>KODE BANK+NOMOR REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL<spasi>NOMOR PIN kirim ke 3300 (Contoh : TRANSFER 1239181726273527124 500000 815242)
  3. Setelah itu, klik Kirim.

Cara Beli Tokel Listrik Lewat SMS Banking BRI

  1. Buka menu SMS di HP anda.
  2. Kemudian, ketikkan format SMS seperti berikut : BELI<spasi>PLNPRE<spasi>ID PELANGGAN<spasi>NOMOR PIN kirim ke 3300 (Contoh : BELI PLNPRE 123415267156 50000 815242)
  3. Lalu, tekan Kirim.
  4. Maka token akan langsung dikirim ke nomor HP anda.

Cara Isi Pulsa Lewat SMS Banking BRI

  1. Masuk ke menu SMS.
  2. Lalu, ketikkan format SMS seperti berikut : PULSA<spasi>No.HP<spasi>NOMINAL<spasi>NOMOR PIN kirim ke 3300 (Contoh : PULSA 087123443523 10000 815242)
  3. Selanjutnya, klik Kirim. Maka pulsa secara otomatis akan langsung masuk ke HP anda.

Cara Bayar Iuran BPJS Lewat SMS Banking BRI

  1. Langkah pertama, buka menu SMS.
  2. Selanjutnya, ketikkan format SMS seperti berikut : BAYAR<spasi>BPJSKS<spasi>NOMOR Peserta BPJS<spasi>NOMOR PIN ATM kirim ke 3300 (BAYAR BPJSKS 0001234569874 815242)
  3. Kemudian, tekan Kirim.
  4. Nantinya anda akan mendapatkan SMS balasan berisi detail pembayaran, mulai dari nama perserta, total tagihan dan lain sebagainya.
  5. Selanjutnya, silahkan konfirmasi pembayaran.

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Lewat SMS Banking BRI

  1. Pertama-tama, buka layanan SMS.
  2. Silahkan kirim format SMS seperti berikut : INFO<spasi>KKBRI<spasi>NOMOR KARTU KREDIT<spasi>PIN kirim ke 3300 (Contoh : INFO KKBRI 6253425262534123 815242)
  3. Jika sudah, klik Kirim.
  4. Maka anda akan mendapatkan SMS balasan berisi, total tagihan kartu kredit BRI anda.

Cara SMS Aktivasi Real Time Kartu Kredit

  1. Pastikan nomor HP anda sudah terdaftar.
  2. Selanjutnya, aktifkan kartu dengan cara sebagai berikut :
  3. Ketikkan SMS dengen format : KKBRI<spasi>AKT<spasi>6 Digit Pertama No.KK BRI#4 Digit Nomor Terakhir KK BRI#Tanggal Lahir Pemegang Kartu Utama (Contoh : KKBRI 625342#4123#12081995)
  4. Kirim ke 3300

Cara Request PIN Kartu Kredit BRI

  1. Untuk request PIN kartu kredit BRI anda caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengirim dengan format sebagai berikut :
  2. PIN<spasi>KK<spasi>6 Digit Pertama No.KK BRI#4 Digit Nomor Terakhir KK BRI#Tanggal Lahir Pemegang Kartu Utama (Contoh : PIN KK 625342#4123#12081995)
  3. Kirim ke 3300

Cara Ganti PIN SMS Banking BRI

  1. Masuk ke menu layanan SMS.
  2. Selanjutnya, ketikkan format SMS seperti berikut : PIN<spasi>PIN BARU<spasi>PIN LAMA kirim ke 3300 (Contoh : PIN 815242 279183)
  3. Selanjutnya, klik Kirim.

Biaya SMS Banking BRI

Biaya SMS Banking BRI

Dalam menggunakan SMS Banking BRI untuk melakukan berbagai transaksi, akan dikenai biaya tambahan. Nah, biasanya per transaksi akan dikenai biaya yang bervariasi. Besar biaya transaksi sebenarnya ditentukan sesuai provider yang digunakan. Adapun biaya menggunakan transaksi menggunakan SMS Banking yaitu sebagai berikut.

Biaya Pendaftaran SMS Banking BRI

Pada saat melakukan pendaftaran, ada dua cara untuk mendaftar layanan SMS Banking BRI yaitu dengan registrasi di ATM dan registrasi langsung ke Bank BRI. Untuk kedua cara tersebut, pendaftaran tidak dikenai biaya apapun alias Gratis.

Biaya Transaksi Nonfinansial

Transaksi nonfinansial adalah transaksi yang tidak memerlukan dana dari satu rekening ke rekening lainnya. Yang termasuk kedalam transaksi finansial yaitu cek saldo, cek mutasi, histori transaksi, ganti PIN, registrasi dan lain sebagainya.

Transaksi Nonfinansial menggunakan SMS Banking BRI tidak akan dikenai biaya apapun dari pihak bank, namun akan dikenai biaya pemotongan pulsa. Besar biaya potongan pulsa setiap transaksi tergantung provider yang anda gunakan. Untuk informasi lebih jelasnya, sebagai berikut.

Kartu Simpati

  • Biaya SMS terkirim : Rp. 350
  • Biaya SMS diterima : Rp. 500

Kartu AS

  • Biaya SMS terkirim : Rp. 300
  • Biaya SMS diterima : Rp. 550

Kartu Halo 

  • Biaya SMS terkirim : Rp. 250
  • Biaya SMS diterima : Rp. 500

Kartu XL Prabayar 

  • Biaya SMS terkirim : Rp. 350
  • Biaya SMS diterima : Rp. 500

Kartu XL Pascabayar 

  • Biaya SMS terkirim : Rp. 250
  • Biaya SMS diterima : Rp. 500

Kartu AXIS

  • Biaya Transaksi Nonfinasial : Rp. 500
  • Biaya Transaksi Finansial : Rp. 1.100
  • Biaya SMS terkirim : Rp. 350
  • Biaya SMS diterima : Rp. 550

Kartu Indosat Ooredoo

  • Biaya Transaksi Nonfinansial : Rp. 1.000
  • Biaya Transaksi Finansial : Rp. 500
  • Biaya USSD Pull Banking : Rp. 500
  • Biaya USSD Push Banking : Rp. 250

Biaya Transaksi Finansial

Sedangkan untuk biaya transaksi finansial setiap transaksi berbada-beda. Umumnya biaya transaksi sekitar Rp. 250 – Rp. 6.500 tergantung transaksi yang dilakukan. Untuk biaya transfer ke sesama BRI akan dikenai biaya Rp. 250 dan Rp. 6.500 untuk transfer ke bank lainnya.

Limit Transfer SMS Banking BRI

Limit Transfer SMS Banking BRI

Penggunaan SMS untuk transfer juga akan dikenai limit transfer per harinya. Nah, setiap jenis tabungan memiliki limit yang berbeda-beda. Adapun informasi lebih jelasnya sebagai berikut.

  • Britama

Limit transfer ke sesama BRI per hari maksimal 1 juta untuk kartu classic dan 10 juta untuk kartu Gold. Sedangkan, limit transfer ke bank lain per hari maksimal 1 juta untuk kartu classic dan 10 juta untuk kartu Gold.

  • Britama Bisnis

Limit transfer ke sesama bank BRI per hari maksimal 50 juta. Sedangkan limit transfer ke bank lainnya per hari maksimal 25 juta.

  • Britama TKI

Limit transfer ke sesama bank BRI per hari maksimal 1 juta dan ke bank lainnya maksimal 1 juta.

  • Simpedes

Limi transfer ke sesama bank BRI per hari maksimal 1 juta dan ke bank lain maksimal 1 juta.

  • Simpedes TKI

Limit transfer ke bank BRI per hari maksimal 1 juta dan ke bank lain maksimal 1 juta.

  • BRI Junio

Limit transfer ke bank BRI per hari maksimal 1 juta dan ke bank lain maksimal 1 juta.

  • Bri Giro

Limit transfer ke sesama bank BRI per hari maksimal 15 juta untuk kertu classic dan 25 juta untuk kartu gold serta 50 juta untuk kartu platinum. Sedangkan untuk ke bank lainnya, limit transfer 10 juta untuk kartu classic dan 25 juta untuk kartu gold serta 25 juta untuk kartu platinum.

Keuntungan dan Kerugian SMS Banking

Keuntungan dan Kerugian SMS Banking

Setelah mengetahui cara, biaya dan limit, selanjutnya anda perlu tahu keuntungan dan kerugian bertransaksi menggunakan layanan SMS Banking BRI. Dengan mengetahui keuntungan dan kerugian menggunakan layanan perbankan ini, maka anda dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman. Adapun keuntungan dan kerugian SMS banking, sebagai berikut.

Keuntungan

  • Transaksi akan lebih mudah dan praktis karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  • Lebih aman karena data-data histori transaksi mudah dihapus.
  • Bebas dari gangguan eksternal seperti mati listrik dan koneksi internet.

Kerugian

  • Kurang fleksibel akibat pengolahan transaksi keuangan yang terbatas.
  • Relatif sedikit lebih mahal, karena ada biaya tambahan admistrasi .

Itulah beberapa cara SMS Banking BRI yang dapat bankir.id sampaikan untuk anda. Dengan kemudahan ini, Bank BRI mengharapkan nasabahnya puas dengan layanan dan produk yang ditawarkan. Demikian informasi yang dapat bankir sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.