9 Cara Menggunakan Token Mandiri Untuk Transaksi 2021

Cara Menggunakan Token Mandiri – Sebagai nasabah Bank Mandiri pastinya kalian ingin setiap transaksi yang dilakukan terhindar dari tindak kejahatan. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut Bank Mandiri merilis produk bernama Token Mandiri.

Perangkat tersebut memiliki bentuk seperti remot tv namun ukurannya jauh lebih kecil. Nah, perangkat kecil itulah yang nantinya akan memberi keamanan ganda pada setiap transaksi yang kalian lakukan.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, perlu diketahui jika Token Mandiri hanya berguna untuk transaksi di Internet Banking Mandiri. Lalu seperti apakah cara menggunakan alat tersebut?

Untuk menggunakan Token Mandiri sebenarnya sangat mudah, kalian hanya perlu menginput kode-kode sesuai perintah. Namun kami rasa banyak dari kalian yang belum begitu paham mengenai proses ini.

Cara Menggunakan Token Mandiri Untuk Transaksi Terlengkap Beserta Manfaat yang Ditawarkan

Cara Menggunakan Token Mandiri Untuk Transaksi Terlengkap Beserta Manfaat yang Ditawarkan

Nah, untuk memberi penjelasan pada kalian terkait cara menggunakan Token Mandiri, kami telah menyiapkan ulasan dibawah ini. Selain itu, kami juga akan menjelaskan sedikit mengenai apa saja manfaat yang ditawarkan oleh perangkat tersebut.

Mengenal Apa Itu Token Mandiri

Mengenal Apa Itu Token Mandiri

Token Mandiri merupakan perangkat khusus yang berguna sebagai keamanan ganda dari setiap transaksi yang dilakukan melalui Internet Banking. Perangkat ini bisa kalian peroleh melalui pengajuan ke Bank Mandiri terdekat.

Setelah berhasil memperoleh perangkat Token Mandiri, kalian perlu melakukan AKTIVASI terlebih dahulu. Proses ini bertujuan agar perangkat tersebut bisa digunakan sepenuhnya.

Cara Menggunakan Token Mandiri

Untuk menggunakan token Mandiri kalian memerlukan perangkat komputer atau laptop agar lebih mudah. Nah, sebagai contoh kami akan melakukan transaksi pembelian pulsa menggunakan token Mandiri, simak tata caranya dibawah ini :

1. Buka Tab Browser
Buka tab Browser

Untuk cara ini kami sarankan kalian menggunakan perangkat PC atau Laptop supaya lebih mudah di setiap langkah-langkahnya.

2. Kunjungi situ Bankmandiri.co.id
Buka Situs Bank Mandiri

Selah masuk di situs tersebut silahkan pilih Login Personal dan lengkapi data Login yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia.

3. Klik menu Beli
Klik Menu Beli

Pada halaman utama silahkan klik menu Beli disebelah kiri. Untuk pembelian pulsa pilih Voucher HP.

4. Tentukan Sumber Rekening & Jenis Operator yang Digunakan
Tentukan Sumber Rekening Operator

Selanjutnya kalian diminta untuk memilih sumber rekening sebagai pendanaan. Pilih juga jenis operator / provider yang digunakan pada kolom penyedia jasa. Jika sudah, masukkan nomor HP dan klik Lanjutkan.

5. Tentukan Jumlah Pembelian
Tentukan Jumlah Pembelian

Pada tampilan berikutnya kalian diminta untuk menentukan jumlah pulsa yang akan di beli. Disana juga tertera informasi mengenai biaya admin dan jumlah yang harus dibayarkan. Setelah itu pilih Lanjutkan.

6. Tekan Apply 1 / 2 (sesuai keterangan di layar)
Tekan Apply 1

Pada gambar diatas tertera perintah untuk memasukkan angka 1 (Apply 1) pada kolom yang tersedia. Langkah ini kalian tinggal menyesuaikan perintah, sebab beberapa transaksi meminta nasabah untuk Apply 2.

7. Nyalakan Token Mandiri
Nyalakan Token Mandiri

Sekarang aktifkan perangkat Token Mandiri dan masukkan sandi yang telah kalian buat pada saat pembuatan perangkat tersebut di Bank Mandiri. Kemudian tekan angka 1 sesuai perintah di halaman transaksi Internet Banking Mandiri.

8. Masukkan Challenge Code Pada Token Mandiri
Masukkan Challenge Code Pada Token Mandiri

Pada layar monitor kalian pasti menjumpai kode unik di kolom Challenge Code. Silahkan salin kode tersebut pada Token Mandiri kalian. Setelah itu akan muncul kode balasan dari Token Mandiri untuk dimasukkan ke kolom Konfirmasi di halaman Internet Banking Mandiri. Setelah itu klik Kirim.

9. Transaksi Berhasil
Transaksi Berhasil

Terakhir kalian akan mendapati notifikasi bahwa transaksi pembelian voucher pulsa menggunakan token Mandiri di Internet Banking telah berhasil. Klik Simpan sebagai bukti pembayaran yang sah atau klik Cetak jika ingin mendapatkan bukti fisik dari struk pembelian tersebut.

NB : Tata cara menggunakan Token Mandiri diatas sama untuk semua jenis transaksi. Perbedaannya terletak pada pemilihan jenis transaksi di halaman awal.

Manfaat yang Ditawarkan Token Mandiri

Manfaat yang Ditawarkan Token Mandiri

Seperti yang telah kami singgung diatas bahwa menggunakan Token Mandiri pada setiap transaksi mampu memberikan rasa aman lebih. Kenapa demikian? sebab Token Mandiri akan memberi kode unik atau Challenge Code pada setiap transaksi yang dilakukan.

Kode tersebut hanya diketahui oleh si pemilik Token Mandiri, yaitu kalian sendiri. Dengan demikian, transaksi yang dilakukan tentu terjamin keamanannya dari pihak-pihak yang punya niat buruk pada kalian.

FAQ

Apakah Token Mandiri Bisa Diperoleh Secara Gratis?

Tidak. Bank Mandiri memiliki ketentuan tersendiri mengenai biaya untuk mendapatkan perangkat tersebut.

Apakah Token Mandiri Bisa Digunakan Saat Bertransaksi Lewat Mandiri Online?

Tidak. Token Mandiri hanya berlaku ketika melakukan transaksi lewat Internet Banking Mandiri.

Sekian pembahasan dari Bankir.id mengenai cara menggunakan Token Mandiri untuk transaksi beli Pulsa HP. Jika kalian ingin melakukan transaksi lainnya tinggal mengganti pilihan transaksi diawal halaman. Sedangkan untuk proses menggunakan Token Mandiri sama seperti yang kami jelaskan diatas.