21 Cara Menggunakan Token BNI Untuk Transaksi

Cara Menggunakan Token BNI – BNI merupakan salah Bank ternama di Indonesia dengan nasabah yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Hingga saat ini BNI juga terus mengembangkan inovasinya untuk memberi kenyamanan para nasabah.

Nah, beribicara mengenai fasilitas kenyamanan, Bank BNI telah menyediakan fitur bernama Internet Banking. Selain itu, kalian para nasabah BNI juga bisa menikmati perangkat bernama Token BNI.

Apa itu Token BNi? Jadi, perangkat ini merupakan sistem keamanan tambahan saat melakukan transaksi melalui iBanking. Lalu seperti apa sih cara menggunakan Token BNI?

Advertisements

Sebelum kami jelaskan mengenai tata caranya, perlu diketahui bahwa perangkat tersebut harus dipesan melalui Kantor Cabang Bank BNI. Cara aktivasi Token BNI juga harus dilakukan oleh kalian sendiri.

Begini Cara Menggunakan Token BNI Untuk Transaksi Melalui Internet Banking

Begini Cara Menggunakan Token BNI Untuk Transaksi Melalui Internet Banking

Sebab nantinya kalian perlu membuat PIN keamanan pada Token BNI atau BNI e-Secure. Jika kalian sudah memiliki perangkat tersebut, silahkan simak ulasan dibawah ini mengenai bagaimana cara menggunakannya saat transaksi via Internet Banking.

Cara Menggunakan Token BNI

Perlu diketahui jika perangkat tersebut hanya bisa digunakan oleh nasabah yang sudah memiliki akun Internet Banking BNI. Nah, bagi kalian yang sudah memiliki akun iBanking BNI silahkan simak tutorial menggunakan Token BNI untuk transaksi. Sebagai contoh, kami akan melakukan transfer BNI ke BRI :

  1. Buka situs Internet Banking BNI melui PC / Laptop.
    Buka Internet Banking BNi
  2. Lengkapi kolom Username, Password dan 4 digit angka pada kolom yang tersedia.
  3. Tekan Enter untuk Login.
  4. Setelah itu klik menu Transaksi -> Transfer Online Antar Bank.
    Klik menu Transaksi Transfer Online Antar Bank
  5. Tentukan Rekening Sumber.
  6. Lalu klik bulatan kecil pada tulisan Input Rekening.
  7. Klik tanda panah kebawah untuk mencari kode Bank BRI.
  8. Cari Bank BRI lalu klik Pilih di sudut kiri bawah.
    Cari Bank BRI Pilih
  9. Masukkan nomor rekening BRI yang dituju -> Lanjut.
    Masukkan nomor rekening BRI tujuan
  10. Lalu akan muncul informasi pemilik rekening tujuan.
  11. Centang kotak kecil untuk menyimpan nomor rekening pada Daftar Transfer.
  12. Selanjutnya masukkan nominal transfer.
    Masukkan nominal transfer
  13. Jika sudah, klik Lanjutkan.
  14. Pada tampilan berikutnya akan muncul Detail Konfirmasi mengenai Nama penerima, Bank tujuan, jumlah transfer dan lain sebagainya.
  15. Lalu nyalakan dan input PIN BNI e-Secure yang kalian miliki.
    Nyalakan BNI e Secure
  16. Perhatikan di layar monitor, disana tertera tulisan APPLY 2 maka tekan angka 2 pada Token BNI.
    Tekan angka 2 pada Token BNI
  17. Kemudian salin 8 digit angka yang tertera pada kolom BNI e-Secure Challenge.
  18. Pada layar Token BNI akan muncul kode keamanan.
  19. Silahkan input kode tersebut pada kolom BNI Secure Response.
    Salin kode pada Token BNI pada kolom BNI e Secure Response
  20. Terakhir, klik proses maka akan muncul tampilan yang menyatakan bahwa transaksi transfer Online antar Bank via Internet Banking telah berhasil.
  21. Selesai.

Selain untuk transfer Online antar Bank, fitur BNI e-Secure juga bisa digunakan saat transfer sesama rekening BNI. Caranya sama, pada detail konfirmasi tekan APPLY sesuai perintah lalu input dan salin kode BNI e-Sescure Challenge dan BNI e-Secure Response.

Manfaat Menggunakan BNI e-Secure Untuk Transaksi

Manfaat Menggunakan BNI e Secure Untuk Transaksi

Dengan adanya perangkat Token BNI tentu mampu menambah keamanan transaksi kalian melalui Internet Banking BNI. Sebab, perangkat ini akan memberikan kode khusus yang hanya diketahui oleh kalian sendiri. Jadi, kami sarankan untuk kalian para nasabah Bank BNI agar melakukan AKTIVASI TOKEN BNI sendiri melalui Kantor Cabang Bank BNI terdekat.

Biaya Menggunakan BNI e-Secure

Biaya Menggunakan BNI e Secure

Namun perlu diketahui, dalam menggunakan perangkat BNI e-Secure dalam setiap transaksi kalian akan dikenai biaya layanan. Berdasarkan ketentuan terbaru dari Bank BNI, biaya transaksi Token BNI pada rekening dengan limit diatas 100 juta dan menggunakan ponsel iOS dibanderol Rp. 20.000. Sedangkan untuk limit dibawah 100 juta rupiah dan diakses menggunakan ponsel Android biaya penggunaan BNI e-Secure bisa mencapai Rp. 40.000.

FAQ

Apa Itu Token BNI?

Merupakan perangkat pendukung yang berfungsi sebagai sistem keamanan tambahan saat melakukan transaksi lewat Internet Banking BNI.

Bagaimana Cara Mendapatkan BNI e-Secure?

Silahkan datang ke Kantor Cabang BNI terdekat dan temui petugas Customer Service untuk proses aktivasi BNI e-Secure / Token BNI.

Apakah Menggunakan BNI e-Secure Dikenai Biaya?

Ada. Biaya menggunakan BNI e-Secure dibanderol mulai dari 20.000 – 40.000 rupiah.

Kami yakin banyak dari kalian yang baru tahu cara menggunakan BNI e-Secure setelah menyimak ulasan diatas. Atau bahkan kalian baru tahu jika BNI memiliki fitur tersebut? Nah, setelah Bankir.id jelaskan mengenai cara penggunaan hingga manfaat yang ditawarkan dari BNI e-Secure, apakah kalian mulai tertarik untuk memiliki fitur BNI e-Secure? Jika demikian, kalian bisa menemui Customer Service Bank BNI atau menghubungi Call Center BNI untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar aktivasi Token BNI.