20 Cara Mengatasi Top Up DANA Tidak Masuk (Pending) 2023

Bankir.id – Memahami cara mengatasi Top Up DANA tidak masuk bisa menjadi solusi ketika Anda mengalami masalah serupa. Namun, apa saja tindakan yang harus dilakukan guna mengatasi kendala Top Up DANA tersebut?

Penggunaan dompet digital sebagai sarana pembayaran memang sangat membantu aktivitas transaksi masyarakat. Hanya saja proses pengisian ulang saldonya terkadang mengalami masalah sehingga butuh penanganan seperti cara mengatasi Top Up DANA tidak masuk.

Hal tersebut cukup penting sebagai langkah antisipasi apalagi jika dana yang sudah diisi ulang sedang dibutuhkan untuk urusan mendesak. Jadi, bagaimana cara mengatasi Top Up DANA tidak masuk?

Advertisements

Agar dapat membantu Anda yang saat ini tengah mencari Cara Mengatasi Top Up DANA Tidak Masuk, maka Bankir ID akan coba memberikan referensi lengkapnya. Jadi simak seluruh pembahasan supaya saldo isi ulang bisa terkirim ke Akun DANA.

Penyebab Top Up DANA Tidak Masuk (Pending)

Cara Mengatasi Top Up DANA Tidak Masuk

Sebelum melangkah lebih jauh pada cara mengatasi masalah Top Up, maka terlebih dahulu kita kenali apa saja penyebabnya. Jadi informasi ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan guna menghindari isi ulang DANA tidak masuk kembali terulang.

Berikut beberapa penyebab Top Up DANA tidak masuk.

1. Akun DANA Penerima Dibekukan

DANA memang sangat ketat mengenai masalah keamanan khususnya PIN akun. Jika salah memasukan sebanyak 3x (kali), maka bisa dipastikan akun akan dibekukan. Anda bisa mengetahui kebijakan tersebut melalui Solusi Akun DANA Dibekukan.

Karena akun dibekukan, maka secara otomatis segala bentuk transaksi juga akan diberhentikan sementara sampai akun kembali normal. Jadi jika saldo Top Up tidak masuk saat mengirim ke akun lain, bisa jadi karena sedang dalam masa pembekuan.

2. Maintenance e-Wallet DANA

Saldo Top Up tidak masuk biasanya terjadi karena sedang ada maintenance dari pihak manajemen. Mau tidak cara mengatasi masalah ini adalah dengan menunggu sampai proses maintenance selesai dilakukan.

3. Limit Penerimaan Saldo Melebihi Batas

DANA memang memiliki kebijakan limit transaksi dan juga penerimaan saldo bagi pengguna. Sekedar informasi jika DANA Premium memiliki limit transaksi hingga Rp. 20 Juta dan Penerimaan hingga Rp. 40 Juta.

Lain halnya dengan DANA biasa yang memiliki limit transaksi Rp. 2 Juta dan Penerimaan hingga Rp. 20 Juta. Itulah mengapa limit yang sudah tercapai menjadi penyebab Top Up tidak bisa masuk ke dalam rekening.

4. Transaksi di Luar Jam Operasional

Pihak DANA memang selalu menghimbau serta menganjurkan pengguna melakukan transaksi maupun Top Up pada saat jam operasional. Jam operasional tersebut biasanya berlaku dari pukul 07.00 WIB hingga 23.00 WIB.

5. Top Up Tidak Masuk Karena Server Bank Error

Server Bank sebagai media Top Up juga terkadang memiliki pengaruh besar pada masalah tersebut. Karena Server Bank Error akan menyebabkan uang Top Up tidak dapat diproses sehingga pending untuk masuk ke DANA.

6. Top Up Tidak Masuk Karena Jenis Transaksi Tidak Wajar

DANA akan sangat tegas dalam menangani segala aliran keuangan yang memiliki kaitan erat dengan pelanggaran hukum. Kegiatan Top Up tidak masuk bisa jadi karena sebelumnya sudah menggunakan DANA sebagai wadah dalam aksi yang melanggar hukum.

7. Top Up Tidak Masuk Karena Nomor Tujuan Salah

Typo maupun kesalahan pengetikan memang menjadi penyebab umum Top Up DANA tidak masuk. Kesalahan dalam pengetikan nomor tujuan akan membuat transaksi tidak valid dan akhirnya uang Top Up tidak akan masuk ke DANA penerima.

8. Buruknya Koneksi Internet

Setelah mengetahui semua penyebab DANA tidak masuk tersebut, maka Anda bisa menghindari atau lebih waspada saat melakukan Isi Ulang. Karena sudah mengetahui akar masalah Top Up, maka kita bisa memilih cara mengatasi yang paling tepat.

Cara Mengatasi Top Up DANA Tidak Masuk (Pending) Jaminan Berhasil

Tibalah saatnya untuk membahas mengenai cara mengatasi permasalahan isi ulang DANA yang pending. Semua opsi cara mengatasi dalam pembahasan kali ini memang ditulis berdasarkan prosedur dari pihak DANA selaku penyedia jasa layanan.

Berikut beberapa cara mengatasi Top Up DANA tidak masuk (Pending).

1. Cek Kembali Bukti Transfer

Apapun kegiatan transaksi yang melibatkan DANA, maka Anda harus menyimpan buktinya sebagai dokumen penguat ketika hendak melakukan komplain. Maka dari itu cek bukti transfer guna melihat kembali nomor tujuan Top Up DANA.

2. Cek Limit Penerimaan di Akun DANA

Bisa jadi limit penerimaan di akun DANA sudah mencapai batasnya sehingga Anda harus cek terlebih dahulu di bagian mutasi atau riwayat transaksi. Supaya lebih nyaman dalam melakukan Transfer serta Top Up, maka ada baiknya ubah akun DANA menjadi Premium.

3. Restart Kembali Aplikasi DANA

Supaya bisa membuat muatan data aplikasi jadi lebih fresh, maka silahkan hapus cache aplikasi dan buka kembali aplikasi. Hal ini sebagai konfirmasi saja siapa tahu saldo DANA tidak masuk karena masih memuat data sebelumnya.

4. Ajukan Komplain Lewat Call Center DANA

Jika sudah memiliki bukti transaksi dan ternyata alamat tujuan benar, maka Anda bisa melakukan komplain karena saldo Top Up tidak masuk. Silahkan manfaatkan layanan Call Center di pembahasan sebagai sarana komplain.

Tips Ketika Melakukan Top Up DANA

Selain cara mengatasi, kami juga memiliki beberapa tips ketika Anda hendak melakukan Top Up. Tentunya saran atau tips ini sangat berguna untuk menghindari kejadian isi ulang DANA tidak masuk kembali terulang.

Berikut beberapa tips atau saran ketika hendak melakukan Top Up DANa.

  • Lakukan Top Up DANA di jam operasional atau jam kerja.
  • Pastikan kembali alamat atau nomor tujuan Top Up DANA.
  • Update akun ke Premium supaya mendapatkan limit penerimaan tinggi.
  • Jangan gunakan DANA sebagai wadah penerimaan transaksi yang melanggar hukum.
  • Pastikan kembali koneksi internet sebelum memulai Top Up DANA.

Semua tips di atas dapat dilakukan ketika Anda hendak melakukan proses Top Up. Jangan sampai Anda mengulangi kesalahan yang sama sehingga kasus DANA pending di atas kembali terulang.

Berapa Lama Uang Masuk ke Akun DANA setelah Pending?

Pasca pending, biasanya saldo Top Up akan masuk kembali ke Akun DANA dalam kurun waktu 2 hari kerja. Namun jika terjadi pada saat akhir pekan, maka prosesnya bisa memakan waktu lebih lama lagi.

Call Center Komplain Top Up DANA

Jika Anda ingin cara mengatasi masalah Top Up secara langsung ke pihak manajemen, maka ada beberapa layanan Call Center DANA yang bisa dijadikan sebagai akses. Tentunya Anda dapat menyampaikan keluhan maupun komplain karena Top Up tidak masuk.

Berikut beberapa layanan Call Center Komplain Top Up DANA.

  • Telepon Komplain DANA: 1500 445
  • Whatsapp Komplain DANA: 08191 1500 445
  • Email Komplian DANA: help@dana.id

FAQ Top Up DANA Tidak Masuk

Kenapa Top Up DANA Pending?

Top Up DANA Pending bisa terjadi karena adanya maintenance, akun penerima dibekukan, limit penerimaan sudah mencapai batas, dan server bank Error.

Apa yang harus dilakukan jika saldo DANA tidak masuk (pending) setelah Top Up?

Jika saldo DANA tidak masuk (pending) setelah melakukan Top Up, maka segera cara bukti transfer atau transaksi dan ajukan komplain ke pihak DANA.

Berapa lama uang masuk ke rekening DANA?

Uang masuk ke rekening DANA pasca pending biasanya membutuhkan waktu 2 hari kerja, tetapi akan lebih lama jika masalah pending terjadi saat akhir pekan.

Bagaimana cara komplain ke DANA?

Supaya bisa mengajukan komplain pada pihak DANA, maka silahkan gunakan Call Center DANA di 1500 445, Whatsapp 08191 1500 445, dan email ke help@dana.id.

Akhir Kata

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi Top Up DANA tidak masuk melalui pembahasan di atas. Tentunya semua prosedur tersebut dapat dilakukan manakala memang Top Up DANA mengalami pending.

Sekian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Isi Ulang DANA Tidak Masuk dari Redaksi Bankir.id. Nantikan informasi menarik seputar dunia perbankan, finansial, dan tips keuangan terhangat yang selalu kami sajikan setiap hari.

Sumber Gambar: Admin Bankir ID

Tinggalkan komentar