10 Cara Mengatasi MPIN Livin Mandiri Terblokir Tanpa ke Bank!!

Advertisements

Cara Mengatasi MPIN Livin Mandiri Terblokir – Sebagai nasabah Bank Mandiri tentu banyak dari kalian yang sudah mengaktifkan layanan Livin by Mandiri. Dengan adanya layanan ini kalian bisa melakukan berbagai macam transaksi, baik transaksi finansial maupun non-finansial secara lebih praktis.

Bagi kalian para pengguna Livin Mandiri, pastinya diminta untuk membuat MPIN ketika melakukan aktivasi layanan di Bank Mandiri. Perlu diketahui bahwa MPIN ini berbeda dengan Password atau Kata Sandi untuk Login.

MPIN sendiri wajib dimasukkan pada tahap akhir transaksi di Livin Mandiri, khususnya transaksi finansial. Lalu apa jadinya jika kalian MPIN Livin Mandiri terblokir? Kenapa MPIN bisa terblokir?Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Advertisements

Pembahasan lengkap seputar cara mengatasi MPIN Livin Mandiri terblokir bakal kami jelaskan melalui artikel berikut. Bukan hanya itu, kami juga punya penjelasan tentang dampak dan juga penyebab MPIN di mBanking Mandiri terblokir dibawah ini.

Apa Itu MPIN Livin Mandiri?

Apa Itu MPIN Livin Mandiri
Advertisements

Sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan apa itu MPIN Livin Mandiri. Jadi MPIN sendiri merupakan kode keamanan berupa 6 digit angka yang wajib dimasukkan pada akhir transaksi finansial di Livin Mandiri, seperti transfer BI Fast, Top Up ShopeePay, bayar tagihan dan lain sebagianya.

Dengan begitu, jika MPIN terblokir maka secara otomatis transaksi tidak bisa dilanjutkan alias tidak bisa diproses. Nah, pertanyaan nya disini adalah kenapa MPIN Livin Mandiri bisa terblokir?

Advertisements

Penyebab MPIN Livin Mandiri Diblokir

Terkait alasan atau penyebab MPIN bisa terblokir mungkin karena pengguna mengalami lupa MPIN dan kemudian terus memasukkan MPIN yang salah sebanyak 3 kali berturut-turut. Dengan begitu, secara otomatis MPIN akan terblokir oleh sistem.

Kenapa demikian? Sebab, sistem mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan di akun Livin Mandiri tersebut. Jadi, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan maka sistem memblokir MPIN dari akun tersebut.

Jika sudah seperti itu, bagaimana cara mengatasinya? Apakah kita perlu datang ke Kantor Bank Mandiri dan bertemu petugas Customer Service untuk mengatasi MPIN yang terblokir? Jika begitu pastinya butuh waktu lagi dalam mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi MPIN Livin Mandiri Terblokir

Cara Mengatasi MPIN Livin Mandiri Terblokir

Sama hal nya ketika mengalami lupa Password Livin Mandiri, untuk mengatasi masalah MPIN yang terblokir, kalian bisa mengatasi sendiri tanpa perlu datang ke Bank. Jadi, disini kalian tinggal memanfaatkan fitur Lupa MPIN untuk melakukan reset data tersebut.

Sebelum kami jelaskan bagaimana cara melakukan nya, terlebih dahulu kalian perlu memastikan bahwa nomor HP terdaftar di Livin Mandiri masih aktif. Setelah itu, siapkan kartu ATM Mandiri.

Jika sudah, sekarang ikuti tata cara dibawah ini untuk mengatasi MPIN Livin Mandiri terblokir tanpa ke Bank :

1. Login Livin Mandiri

Login Livin Mandiri

Langkah pertama silahkan Login Livin Mandiri dengan cara memasukkan Password yang sudah dibuat pada saat aktivasi layanan.

2. Masuk ke Pengaturan

Masuk ke Pengaturan

Kemudian pada halaman utama kalian masuk ke menu Pengaturan di pojok kanan bawah

3. Pilih PIN

Pilih PIN

Setelah itu scroll kebawah dan pilih menu PIN

4. Klik Lupa

Klik Lupa

Pada halaman berikutnya langsung saja kalian klik tombol Lupa di pojok kiri bawah

5. Masukkan Data Kartu Debit

Masukkan Data Kartu Debit

Selanjutnya masukkan data Kartu Debit yang terdiri dari nomor kartu dan masa berlaku kartu ATM

6. Masukkan Informasi Tanggal Lahir

Masukkan Informasi Tanggal Lahir

Setelah itu kalian juga akan diminta melengkapi informasi tanggal lahir. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan data nasabah Mandiri saat pertama kali buka rekening

7. Verifikasi Nomor HP

Verifikasi Nomor HP Terdaftar di Livin Mandiri
Verifikasi Nomor HP 2

Jika sudah, sekarang lakukan verifikasi nomor HP dengan cara menekan tombol Kirim SMS. Setelah itu tampilan akan beralih ke menu Pesan, disini langsung saja pilih ikon Kirim.

8. Berhasil Verifikasi Nomor HP

Berhasil Verifikasi Nomor HP

Apabila muncul balasan SMS seperti gambar diatas artinya nomor HP terdaftar di Livin Mandiri berhasil di verifikasi.

9. Buat MPIN Baru

Buat MPIN Baru Untuk Mengatasi MPN Terblokir

Setelah itu kalian tinggal kembali lagi ke aplikasi Livin Mandiri untuk membuat MPIN baru.

10. Masukkan PIN ATM

Masukkan PIN ATM Untuk Menyelesaikan Proses Mengatasi MPIN Livin Mandiri Terblokir

Terakhir, masukkan PIN ATM Mandiri untuk menyelesaikan proses reset MPIN Livin Mandiri yang terblokir.

Akhir Kata

Itulah pembahasan dari Bankir.id mengenai bagaimana cara membuka blokir MPIN Livin Mandiri. Jadi, satu-satunya cara mengatasi MPIN yang terblokir adalah melakukan reset MPIN lalu membuat MPIN baru.

Seperti kami sebutkan diatas, proses reset MPIN bisa dilakukan dari rumah tanpa harus ke Bank. Tapi ingat, cara diatas hanya bisa dilakukan apabila nomor HP terdaftar masih aktif. Sebab, pada proses reset MPIN nantinya ada verifikasi nomor HP, dengan begitu jika nomor HP sudah tidak aktif, maka proses verifikasi akan gagal dan MPIN yang terblokir harus ditangani oleh petugas CS Bank Mandiri.

Advertisements

Tinggalkan komentar