7 Cara Mengatasi Lupa PIN AstraPay Tapi Email Sudah Tidak Aktif

Cara Mengatasi Lupa PIN AstraPay – Saat ini telah tersedia banyak layanan Dompet Digital yang kerap digunakan masyarakat guna memudahkan transaksi, salah satunya adalah AstraPay. Selain mendukung banyak fitur transaksi, AstraPay juga mempunyai satu fitur unggulan bernama PayLater AstraPay (Maupaylater).

Terlepas dari apa saja fitur yang tersedia di AstraPay, setiap pemilik akun AstraPay pastinya akan diminta untuk membuat password atau PIN pada saat pendaftaran. Nantinya PIN tersebut akan dipakai setiap kali Login atau melakukan transaksi melalui layanan tersebut.

Lantas, apa yang terjadi ketika pengguna mengalami lupa PIN AstraPay? Jika terjadi demikian, maka pengguna tidak akan bisa masuk atau mengakses layanan tersebut. Lalu apakah ada cara untuk mengatasi lupa PIN AstraPay? Tentu saja ada.

Untuk mengatasi masalah tersebut pengguna harus mengajukan PIN Sementara pada pihak AstraPay. Nantinya melalui PIN tersebut, pengguna bisa kembali Login AstraPay dan menggunakan semua fitur di dalamnya. Untuk mengetahui seperti apa tata cara mendapatkan PIN Sementara AstraPay kalian bisa simak ulasan dibawah ini.

Lupa PIN AstraPay

Lupa PIN AstraPay

Seperti kami singgung diatas bahwa peran PIN dalam penggunaan layanan AstraPay sangatlah penting. Selain untuk menjaga keamanan akun, PIN AstraPay juga wajib dimasukkan setiap kali melakukan transaksi di AstraPay mulai dari Top Up saldo, TRANSFER ke sesama maupun rekening Bank dan lain sebagainya.

Jika demikian, berarti ketika mengalami lupa PIN, pengguna sama sekali tidak bisa menggunakan layanan tersebut. Sementara itu, masalah lupa PIN umumnya disebabkan karena PIN terbuat dari kombinasi angka yang terlalu rumit. Perlu diketahui, saat salah memasukkan PIN AstraPay sebanyak tiga kali, maka PIN akan terblokir.

Cara Mengatasi Lupa PIN AstraPay

Cara Mengatasi Lupa PIN AstraPay

Selanjutnya mari kita masuk ke inti pembahasan, yaitu bagaimana cara mengatasi lupa PIN AstraPay. Diatas telah kami sebutkan bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah meminta PIN Sementara melalui Email. Nah, untuk melakukan proses tersebut syarat utamanya adalah Email terdaftar masih aktif.

Dalam arti lain, cara mengajukan PIN Sementara untuk mengatasi lupa PIN AstraPay tidak bisa dilakukan tanpa Email. Apabila tidak ada masalah dengan persyaratan tersebut, sekarang silahkan ikuti tata cara dibawah ini untuk mengatasi lupa PIN AstraPay :

1. Buka Aplikasi AstraPay

Buka Aplikasi AstraPay

Pertama-tama silahkan buka aplikasi AstraPay lalu pada menu Login langsung saja klik Lupa PIN AstraPay.

2. Periksa Kode OTP

Periksa Kode OTP

Setelah itu periksa kotak masuk Email dan buka Email dari AstraPay yang berisi 6 digit kode OTP.

3. Input Kode OTP

Input Kode OTP 1

Sekarang masukkan kode OTP pada aplikasi AstraPay.

4. Cek Kotak Masuk Email

Cek Kotak Masuk Email

Selanjutnya akan muncul pop-up berisi pernyataan bahwa PIN Sementara telah dikirim ke Email. Silahkan cek kotak masuk Email.

5. Dapatkan PIN Sementara

Cek Kotak Masuk Email

Lakukan screenshot atau salin PIN Sementara pada Note di smartphone.

6. Login AstraPay

Login AstraPay 4

Setelah berhasil mendapatkan PIN Sementara, sekarang kalian bisa Login AstraPay menggunakan PIN tersebut.

Tidak Menerima PIN Sementara Dari AstraPay

Tidak Menerima PIN Sementara Dari AstraPay

Sampai disini kalian sudah tahu bagaimana cara mengatasi masalah lupa password AstraPay. Namun beberapa pengguna mengaku tidak menerima PIN Sementara ketika melakukan proses diatas. Kenapa bisa terjadi demikian?

Umumnya, masalah tersebut disebabkan oleh koneksi internet yang buruk. Maka dari itu, sebagai solusinya kalian bisa mengganti koneksi di smartphone dengan Wifi. Setelah itu coba Refresh kotak masuk Email atau buka Email di folder Penting untuk mendapatkan PIN Sementara dari AstraPay.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah informasi dari Bankir.id mengenai cara mengatasi lupa PIN AstraPay. Nantinya setelah berhasil mendapatkan PIN Sementara, kalian sudah bisa Login kembali ke AstraPay. Setelah itu, kami sarankan untuk segera MENGGANTI PIN ASTRAPAY melalui menu Pengaturan untuk membuat PIN AstraPay baru sesuai keinginan. Ingat, jangan buat PIN menggunakan kombinasi angka yang rumit, agar tidak mengalami masalah serupa di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here