7 Cara Mengatasi Lupa MPIN BNI Mobile Tanpa ke Bank 2022

Cara Mengatasi Lupa MPIN BNI Mobile – Hampir semua Bank di Indonesia kini telah menyediakan fasilitas Mobile Banking untuk para nasabah, tak terkecuali Bank BNI. Ya, sebagai nasabah BNI pasti banyak dari kalian yang menikmati kemudahan dari layanan BNI Mobile.

BNI Mobile sendiri mendukung banyak fitur transaksi, mulai dari cek saldo, cek mutasi, transfer, bayar tagihan dan lain sebagainya. Nah, bicara mengenai BNI Mobile kalian para pengguna layanan tersebut pasti sudah paham bahwa setiap kali ingin menggunakan layanan tersebut wajib Login terlebih dahulu.

Pada proses Login BNI Mobile setiap nasabah diminta memasukkan User ID dan MPIN. Oleh karena itu, jika mengalami lupa User ID maupun lupa MPIN nasabah tidak bisa Login ke BNI Mobile.

Advertisements

Lalu bagaimana cara mengatasi lupa MPIN BNI Mobile? Apakah perlu datang ke Bank dan bertemu petugas Customer Service BNI? Tentu saja tidak. Berikut ini telah kami siapkan cara mengatasi masalah tersebut dari rumah, tanpa perlu repot-repot antri ke Bank.

Syarat Reset MPIN BNI Mobile

Sejak adanya layanan BNI Mobile, kini segala macam transaksi bisa dilakukan lebih mudah, bahkan cukup dalam genggaman. Dengan begitu, ketika tidak bisa Login BNI Mobile tentu saja bisa menjadi masalah besar bagi nasabah BNI yang sering melakukan aktivitas transaksi di layanan tersebut.

Tidak bisa Login BNI Mobile memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah lupa MPIN. Bagi yang belum tahu, MPIN merupakan sekumpulan kode unik berupa angka yang hanya diketahui oleh pemilik akun dan dibuat pada saat aktivasi BNI Mobile.

Jika kalian sedang mengalami hal tersebut, maka cara mengatasinya adalah melakukan reset MPIN. Cara ini bisa dilakukan langsung dari aplikasi BNI Mobile. Tapi sebelum kami jelaskan lebih lanjut, pastikan kalian sudah memenuhi beberapa syarat dibawah ini :

  • Mengetahui User ID BNI Mobile
  • Nomor HP terdaftar masih aktif
  • Tersedia pulsa minimal Rp. 2000 untuk menerima SMS kode OTP

Cara Mengatasi Lupa MPIN BNI Mobile

Cara Mengatasi Lupa MPIN BNI Mobile

Berbeda dengan masalah lupa User ID BNI Mobile, untuk kasus lupa MPIN kalian bisa memanfaatkan fitur khusus di aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, untuk mengatasi masalah ini kalian sama sekali tidak perlu pergi ke Bank.

Jadi, di aplikasi BNI Mobile ada fitur Lupa MPIN yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gagal Login karena lupa MPIN yang dimiliki. Sedangkan untuk tata cara menggunakan fitur tersebut kalian bisa simak tutorial dibawah ini :

1. Buka Aplikasi BNI Mobile

Buka Aplikasi BNI Mobile

Langkah pertama silahkan buka aplikasi BNI Mobile. Lalu pada halaman Login langsung saja pilih Lupa MPIN.

2. Lengkapi Data

Lengkapi Data

Setelah itu kalian akan diminta memasukkan beberapa data, seperti User ID BNI Mobile, Nomor Kartu Debit/ATM BNI dan Lokasi Negara. Jika semua data sudah dilengkapi, silahkan klik tombol Ya, Kirim OTP

3. Kirimkan SMS

Kirimkan SMS

Kemudian tampilan akan beralih ke menu Pesan (lihat gambar diatas) langsung saja tekan tombol Kirim.

4. Muncul SMS Kode OTP

Muncul SMS Kode OTP

Tidak lama kemudian akan muncul SMS balasan berisi 6 digit kode OTP untuk mengatasi lupa MPIN BNI Mobile.

5. Masukkan Kode OTP

Masukkan Kode OTP

Sekarang buka lagi aplikasi BNI Mobile dan masukkan kode OTP pada kolom yang tersedia.

6. Buat MPIN Baru

Buat MPIN Baru

Selanjutnya kalian akan diminta membuat MPIN dan Password Transaksi baru. Silahkan buat MPIN menggunakan kombinasi angka yang unik tapi sulit diketahui orang lain. Sedangkan untuk Password Transaksi, buatlah menggunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar dan angka minimal 8 karakter dan maksimal 12 karakter. Jika sudah, klik Simpan.

7. Reset MPIN BNI Mobile Berhasil

Reset MPIN BNI Mobile Berhasil

Jika muncul notifikasi seperti gambar diatas artinya proses memperbarui MPIN BNI Mobile yang lupa sudah berhasil.

Tips Menghindari Lupa MPIN mBanking BNI

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja syarat hingga cara mengatasi lupa MPIN mBanking BNI. Nah, supaya tidak terjadi masalah serupa di kemudian hari kalian dapat menerapkan beberapa tips berikut ini :

  • Buatlah MPIN menggunakan kombinasi angka unik
  • Jangan buat MPIN pakai tanggal lahir, tanggal pernikahan dan sejenisnya karena bisa membahayakan akun BNI Mobile
  • Ganti MPIN secara berkala minimal 3 bulan sekali

Akhir Kata

Itulah informasi dari Bankir.id mengenai cara mengatasi lupa MPIN BNI Mobile tanpa ke Bank. Diatas juga kami jelaskan fungsi dari MPIN dalam penggunaan layanan BNI Mobile. Intinya, jika terjadi lupa MPIN maka kalian tidak bisa Login BNI Mobile dan melakukan semua transaksi melalui layanan tersebut.

Tinggalkan komentar