15 Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP & Tabelnya!

Bankir.id – Mengetahui cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP akan membuat kita belajar bersabar dalam mencapai sebuah impian. Namun, bagaimana prosedur menabung tersebut dan bisakah hanya bermodalkan uang jajan Rp. 2000?

Menabung memang sudah menjadi salah satu kegiatan keuangan yang dilakukan oleh banyak orang. Tujuannya tentu saja mengumpulkan uang untuk memenuhi suatu keperluan. Bahkan belakangan ini sedang populer cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP baru.

Meskipun terdengar mustahil, nyatanya cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP ini bisa membuahkan hasil apalagi bagi kalian yang masih pelajar. Namun, perlu kesabaran, tekad, serta kebesaran hati dalam menikmati proses menabung tersebut.

Advertisements

Agar dapat membantu kalian yang saat ini sedang mencari cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP, maka Bankir ID akan berikan tips lengkap serta perhitungannya. Jadi simak ulasan mengenai cara menabung uang jajan berikut ini.

Syarat Lengkap Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP Baru

Syarat Lengkap Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP Baru

Sebenarnya syarat ini tidak wajib dipenuhi karena semua kembali pada kebutuhan pribadi masing-masing. Hanya saja dengan adanya syarat ini, maka kita bisa membuat proses menabung jadi lebih singkat dan juga cepat terkumpul.

Supaya bisa segera dipersiapkan, berikut beberapa syarat menabung uang jajan untuk membeli Handphone baru.

  • Sudah memiliki HP incaran.
  • Mengetahui harga pasaran dari HP incaran.
  • Wajib menyisihkan uang 2000 setiap hari sekolah/kerja (hari libur tidak wajib).
  • Memiliki aplikasi Bank Digital dengan nominal bunga cair setiap hari.
  • Memiliki rekening Bank Digital dengan nominal bunga cair setiap hari.

Jadi setelah semua syarat di atas sudah terpenuhi, maka kita sudah bisa mulai menerapkan cara menabung uang jajan 2000. Tentunya setelah terkumpul, maka seluruh tabungan tadi bisa digunakan untuk beli HP atau keperluan lainnya.

Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP Baru Lengkap Bagi Pelajar

Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP Baru Lengkap Bagi Pelajar

Tibalah saatnya pada pembahasan cara menabung uang jajan untuk beli HP baru. Bahkan modal yang dibutuhkan hanya 2000 dari uang jajan yang kita sisihkan setiap hari. Jadi bagaimana cara menabung uang jajan tersebut?

Supaya bisa langsung diterapkan, berikut cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP baru.

1. Tetapkan HP Incaran

1. Tetapkan HP Incaran

Sebelum mulai cara menabung, maka ada baiknya kalian tetapkan terlebih dahulu HP apa yang ingin dibeli. Jadikan HP tersebut sebagai tujuan dalam menabung uang jajan. Namun pertimbangkan lagi harganya.

2. Buka Rekening Bank Digital

2. Buka Rekening Bank Digital

Setelah menetapkan HP yang ingin dibeli, maka bukalah sebuah Bank Digital. Kenapa harus Bank Digital? Pasalnya ada sebuah Aplikasi Bank Digital yang memiliki Bunga Tabungan sebesar 6% per Tahun (0.5% per Bulan) cair harian.

Ada sebuah Bank Digital bernama Seabank dengan persentase bunga tersebut. Silahkan kunjungi Cara Membuat Rekening Seabank yang pernah kami bahas sebelumnya. Mintakan izin dahulu pada orang tua jika memang belum mencukupi umur.

3. Rutin Sisihkan Uang Jajan 2000 Setiap Hari

3. Rutin Sisihkan Uang Jajan 2000 Setiap Hari

Karena sudah memiliki rekening Seabank, maka selanjutnya kalian hanya perlu rutin menyisihkan uang jajan sebesar 2000 Rupiah setiap hari. Atau bisa juga disisihkan pada hari sekolah/kerja saja sehingga di hari libur atau tanggal merah kalian libur menabung.

4. Masukan Uang Jajan Terkumpul ke Dalam Rekening Bank Digital

4. Masukan Uang Jajan Terkumpul ke Dalam Rekening Bank Digital

Kumpulkan Uang Jajan 2000 Rupiah tadi hingga satu bulan. Kemudian setiap bulan masukan ke dalam Rekening Bank Digital yang sudah kalian buat. Lakukan rutin setiap bulan sehingga saldonya terkumpul serta tersimpan di dalam rekening.

5. Kurangi Kegiatan Konsumtif dan Pengeluaran Lainnya

5. Kurangi Kegiatan Konsumtif dan Pengeluaran Lainnya

Jika ingin cepat beli HP baru dari cara menabung, maka ada baiknya kalian kurangi kegiatan konsumtif. Bawalah bekal dari rumah sehingga saat sekolah maupun kerja bisa mengurangi pengeluaran uang jajan.

6. Aktif Mencari Pemasukan Tambahan

6. Aktif Mencari Pemasukan Tambahan

Pemasukan tambahan juga akan membuat impian kita membeli HP baru lebih cepat terwujud. Bisa dengan melakukan wirausaha seperti menjual kue atau hasil kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

7. Tidak Mudah Tergoda Sebuah Tren

7. Tidak Mudah Tergoda Sebuah Tren

Sebagai seorang darah muda, tentunya terkadang kita gatal untuk mengikuti sebuah tren. Namun bagaimana jika tren tersebut membuat kita harus melakukan pengeluaran uang? Maka ada baiknya kalian hindari saja ketika memiliki tekad menabung.

8. Bersabar dan Menikmati Prosesnya

8. Bersabar dan Menikmati Prosesnya

Menabung Uang sebenarnya memiliki banyak manfaat serta dampak positif bagi diri kita. Salah satunya adalah melatih kesabaran serta membuat kita sadar bahwa segala hal harus diraih dengan usaha dan proses.

9. Cek Saldo Secara Berkala

9. Cek Saldo Secara Berkala

Jika sedang menerapkan cara menabung uang jajan, maka jangan cek tabungan kita secara terus menerus. Cek saja secara berkala misalnya setiap bulan sehingga kita tidak tergoda untuk menggunakannya sebelum bisa beli HP baru.

10. Catat Saldo Menabung Setiap Bulan

10. Catat Saldo Menabung Setiap Bulan

Agar lebih semangat lagi dalam menabung, catat saja saldo maupun pemasukannya secara manual. Dengan demikian, kita bisa mengetahui perkembangan menabung untuk beli HP.

Lakukan semua cara menabung di atas secara konsisten dan bulatkan tekad untuk beli HP baru. Memang di awal akan terasa sangat berat, tapi percayalah jika tidak ada sebuah proses yang mengkhianati hasil. Dengan demikian, tabungan uang jajan bisa menjadi sebuah HP.

Berapa Lama Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP?

Karena kalian hanya menabung uang jajan sebesar 2000 Rupiah saja setiap harinya, maka dibutuhkan waktu sekitar 32 Bulan untuk membeli sebuah HP dengan harga kisaran Rp. 1.500.000,00.

Namun dengan menabung di Bank Digital rekomendasi kami serta kalian juga rutin mencari penghasilan tambahan, maka waktunya bisa lebih singkat dari perkiraan di atas. Supaya bisa memberikan gambaran, silakan simak tabel berikut ini.

Tabel Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP

Tabel Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP

Karena nominalnya adalah 2000 Rupiah setiap harinya, maka dibutuhkan kesabaran dalam menabung. Kami sudah buatkan sebuah simulasi agar kalian bisa mempersiapkan diri dalam cara menabung uang jajan untuk beli HP tersebut.

Kita buat sebuah contoh jika HP incaran kalian memiliki harga Rp. 1.500.000,00 (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Sementara kalian bisa menabung hanya di hari sekolah/kerja saja. Maka dalam sebulan, kalian hanya memiliki jatah 22 – 23 hari menabung dalam sebulan.

Kita genapkan saja dalam satu bulan kalian hanya memiliki kesempatan menabung 22 hari dengan menyisihkan uang jajan 2000 Rupiah. Sementara Bank Digital menawarkan bunga sebesar 6% per tahun cair setiap hari.

Berdasarkan data di atas, berapa lama waktu menabung yang dibutuhkan untuk beli HP baru seharga Rp. 1.500.000,00?

Tabungan Bulanan: 2000 Rupiah x 22 Hari = Rp. 44.000,00
Persentase Bunga Per Bulan: 6%/12 Bulan = 0.5% per Bulan

Tabel Menabung Uang Jajan untuk Beli HP Tahun Pertama

Tabel Menabung Uang Jajan untuk Beli HP Tahun Pertama

Pada tahun pertama, kalian sudah berhasil menabung uang jajan untuk beli HP sebesar Rp. 545.578,57. Lumayan bukan dalam satu tahun bisa mendapatkan sebesar itu? Mari kita lanjutkan agar bisa segera beli HP seharga Rp. 1.500.000,00.

Tabel Menabung Uang Jajan untuk Beli HP Tahun Kedua

Tabel Menabung Uang Jajan untuk Beli HP Tahun Kedua

Pada tahun kedua, kalian sudah berhasil menabung uang jajan untuk beli HP sebesar Rp. 1.124.601,06. Masih kurang sedikit lagi untuk membeli HP baru seharga Rp. 1.500.000,00. Jadi ayo semangat menabung sedikit lagi.

Tabel Menabung Uang Jajan untuk Beli HP Tahun Ketiga

Tabel Menabung Uang Jajan untuk Beli HP Tahun Ketiga

Akhirnya di akhir bulan Agustus di tahun Ketiga, kalian sudah bisa membeli HP seharga Rp. 1.500.000,00. Artinya kita membutuhkan 32 Bulan menabung uang jajan. Jika kebiasaan menabung ini diteruskan tanpa beli HP, maka nominalnya pun akan semakin besar.

Kita coba teruskan sampai tahun keempat dan lihat hasil tabungannya.

Tabel Menabung Uang Jajan Tanpa Beli HP Tahun Keempat

Tabel Menabung Uang Jajan Tanpa Beli HP Tahun Keempat

Dalam kurun waktu 4 (empat) tahun kalian konsisten menabung uang jajan 2000 Rupiah, maka nominalnya sudah berubah menjadi Rp. 2.392.206,14. Jadi, kalian lebih memilih menabung uang jajan atau membelanjakannya?

Akhir Kata

Sekarang kita sudah mengetahui bersama cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP dengan panduan di atas. Tentunya cara menabung ini harus dilakukan secara rutin agar HP impian yang sedang kalian incar bisa segera terwujud.

Sekian pembahasan mengenai Cara Menabung Uang Jajan dari Tim Web www.Bankir.id. Nantikan informasi seputar tips keuangan terupdate lainnya dari kami. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan semangat menabung untuk impian kalian.

Sumber Gambar: Admin Bankir ID

Tinggalkan komentar