20 Cara Membuat ShopeePay Later (SPayLater) : Syarat & Limit

Cara Membuat ShopeePay Later – Shopee merupakan satu dari sekian banyak eCommerce ternama di Indonesia, bahkan di beberapa negara Asia lainnya seperti Malaysia, Vietnam dan Singapura. Maka dari itu, layanan ini terus menciptakan inovasi terbaru guna kepuasan para pelanggan.

Salah satu fitur terbaru dari Shopee adalah ShopeePay Later. Bagi yang belum tahu, SPayLater merupakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dari Shopee. Dengan demikian, melalui SPayLater pelanggan bisa beli barang impian dengan sistem Bayar Nanti.

Namun agar bisa menikmati layanan tersebut, kalian wajib membuat akun ShopeePay Later terlebih dahulu. Penasaran seperti apa cara membuat SPayLater? Tenang, melalui pembahasan kali ini Bankir.id bakal menjelaskan tata cara melakukannya secara lengkap.

Sama seperti saat membuat fitur lainnya, pada pembuatan ShopeePay Later pihak eCommerce juga menerapkan syarat dan ketentuan. Selain itu, terkait limit atau saldo yang berguna untuk kredit barang juga punya ketentuan tersendiri. Supaya lebih jelas, silahkan simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Syarat Mengaktifkan ShopeePay Later

Syarat Mengaktifkan ShopeePay Later

Proses membuat SPayLater bisa dibilang sangat mudah, hanya saja fitur tersebut tidak berlaku bagi semua pengguna Shopee. Jadi, fitur ini hanya berlaku bagi pengguna yang menerima penawaran aktivasi SPayLater. Selain itu, pada proses pembuatan akun juga perlu memenuhi persyaratan sebagai berikut :

1. Sudah Membuat Akun ShopeePay

Syarat pertama jika ingin membuat SPayLater adalah sudah mempunyai akun ShopeePay. Disamping itu, akun tersebut juga harus berjalan dalam waktu lebih dari 3 bulan.

2. Memiliki e-KTP

Syarat kedua adalah wajib mempunyai e-KTP yang berguna sebagai data pengguna.

3. Memiliki Nomor HP & Email Aktif

Ketiga, dalam membuat fasilitas ini kalian juga wajib memiliki nomor HP dan Email yang masih aktif. Nantinya kedua data tersebut digunakan untuk menerima kode OTP dan segala informasi yang berkaitan dengan fitur ShopeePay Later.

4. Memperoleh Penawaran Dari Shopee

Keempat, syarat paling penting jika ingin membuat akun SPayLater adalah memperoleh penawaran khusus guna mengaktifkan fitur tersebut. Apabila belum memperoleh penawaran, maka menu SHOPEEPAY LATER TIDAK MUNCUL.

Nah, untuk memperoleh penawaran tersebut kalian cukup melakukan transaksi sesering mungkin di Shopee. Dengan cara ini level akun atau tingkat loyalitas sebagai pengguna bisa naik menjadi Gold, bahkan Platinum.

Cara Membuat ShopeePay Later

Cara Membuat ShopeePay Later

Setelah mengetahui beberapa syarat membuat fitur diatas, sekarang saatnya mengetahui bagaimana tata cara mengaktifkan fitur tersebut. Tanpa perlu berlama-lama, langsung saja simak tata cara selengkapnya dibawah ini :

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka Aplikasi Shopee

Pertama silahkan buka aplikasi Shopee di smartphone.

2. Pilih Tab Saya

Pilih Tab Saya

Setelah itu pilih tab Saya pada bagian pojok kanan bawah.

3. Klik Menu SPayLater

Klik Menu SPayLater

Jika sudah pilih menu SPayLater pada tampilan berikutnya.

4. Tap Aktifkan Sekarang

Tap Aktifkan Sekarang

Kemudian tap Aktifkan Sekarang untuk membuat akun.

5. Input Kode OTP

Input Kode OTP

Tunggu beberapa saat, akan muncul SMS atau WA berisi kode OTP pada nomor HP yang sudah terdaftar di Shopee. Setelah menerima kode tersebut, silahkan input kode OTP sesuai instruksi.

6. Unggah Foto KTP

Unggah Foto KTP

Sekarang ikuti arahan untuk mengunggah foto KTP. Pastikan pencahayaan terang agar hasil foto KTP jelas dan mudah terverifikasi.

7. Masukkan Nama & NIK

Masukkan Nama NIK

Selanjutnya masukkan Nama Lengkap dan NIK KTP. Jika sudah, klik Konfirmasi.

8. Lengkapi Informasi Tambahan

Lengkapi Informasi Tambahan

Pada halaman selanjutnya silahkan lengkapi informasi tambahan yang terdiri dari nama lengkap, nomor HP, informasi kontak darurat dan lain sebagainya.

9. Mulai Verifikasi Wajah

Mulai Verifikasi Wajah

Apabila sudah, sekarang tap Mulai Verifikasi Wajah lalu ikuti arahan di layar smartphone.

10. SPayLater Berhasil Diaktifkan

SPayLater Berhasil Diaktifkan

Terakhir, kalian akan menerima notifikasi seperti gambar diatas. Sampai disini artinya kalian sudah berhasil membuat akun SPayLater.

Ketentuan Limit SPayLater

Ketentuan Limit SPayLater

Kemudian untuk besaran limit yang diperoleh setiap pengguna baru ShopeePay Later berbeda-beda. Sebab, besaran limit yang diterima merupakan sepenuhnya hak Shopee. Namun biasanya hal tersebut juga dinilai berdasarkan tingkat loyalitas sebagai pengguna Shopee.

Semakin tinggi level akun pengguna maka semakin besar juga limit ShopeePay Later yang bakal diberikan. Limit kredit dari fitur ini antara Rp. 450.000 sampai dengan Rp. 6.000.0000. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan limit besar, maka lakukan transaksi sesering mungkin di eCommerce ini agar loyalitas pengguna bisa cepat naik.

Nantinya limit ShopeePay Later yang diperoleh dapat dipakai untuk belanja di Shopee. Namun perlu diketahui bahwa limit tersebut tidak dapat digunakan untuk membeli produk Digital seperti pulsa, paket data, token listrik, voucher dan lain sebagainya. Belanja pakai SPayLater hanya bisa dalam bentuk barang seperti pakaian, elektronik, aksesoris dan sejenisnya.

Kelebihan Fitur SPayLater

Kelebihan Fitur SPayLater

Selain informasi mengenai syarat, cara membuat akun hingga ketentuan limit dari ShopeePay Later, kami juga punya informasi seputar kelebihan dari fitur tersebut. Jadi, setiap pengguna yang berhasil membuat SPayLater bakal menerima keuntungan sebagai berikut :

1. Bisa Belanja Sekarang Bayar Nanti

ShopeePay Later memungkinkan kalian untuk membeli barang dengan sistem pembayaran Cicilan maupun Tempo (Beli Sekarang Bayar Nanti). Untuk pilihan tenor pada transaksi pakai ShopeePay Later sendiri bisa mencapai 12 bulan, tergantung harga barang yang di beli.

2. Bunga ShopeePay Later Sangat Ringan

Selain itu, Shopee juga sama sekali tidak menerapkan bunga untuk pembelian barang via SPayLater dengan tenor pembayaran 30 hari. Sedangkan pengguna Cicilan di ShopeePay Later hanya akan dikenai bunga sebesar 2.95% dari harga barang.

3. Bebas Uang Muka / DP

Menariknya lagi, setiap transaksi pakai ShopeePay Later kalian tidak perlu membayar biaya uang muka. Jadi, selama limit ShopeePay Later masih tersedia, kalian bebas beli barang apa saja (kecuali produk Digital) tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Kekurangan Fitur SPayLater

Kekurangan Fitur SPayLater

Selain kelebihan, fitur SPayLater juga mempunyai beberapa kekurangan yang wajib diketahui. Penasaran apa saja kekurangan dari fitur tersebut? langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini :

1. Hanya Berlaku Untuk Akun Khusus

Tidak semua pengguna bisa membuat akun SPayLater. Artinya, cara diatas hanya berlaku untuk pelanggan beruntung yang memperoleh penawaran mengaktifkan ShopeePay Later.

2. Tidak Berlaku Untuk Semua Produk Shopee

Sedangkan kekurangan lainnya adalah limit SPayLater tidak bisa dipakai untuk beli pulsa, token listrik, kuota internet dan berbagai macam produk Digital lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari Bankir.id mengenai cara membuat SPayLater. Diatas kami juga menjelaskan syarat dan ketentuan dalam membuat akun tersebut. Bukan hanya itu, penjelasan mengenai limit hingga kekurangan dan kelebihan SPayLater juga kami sertakan pada pembahasan kali. Semoga adanya artikel ini dapat membantu kalian para pengguna eCommerce ini dalam membuat akun SPayLater.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here