15 Cara Membuat QRIS DANA 2023: Biaya & Lama Pembuatan!

Bankir.id – Memahami Cara Membuat QRIS DANA akan memberikan kita kemudahan transaksi dalam kegiatan bisnis. Lantas, apa saja syarat yang dibutuhkan dan bagaimana prosedur pembuatan QRIS tersebut?

DANA memang sudah menjadi salah satu dompet digital andalan bagi masyarakat saat ini. Hal tersebut bisa terjadi berkat adanya beragam fitur terbaik yang ditawarkan. Bahkan menariknya, saat ini ada cara membuat QRIS DANA untuk Anda para pelaku usaha.

Memang, perkembangan zaman dan teknologi mempengaruhi banyak hal terutama dalam sektor bisnis. Mau tidak mau, pelakunya juga harus beradaptasi dengan adanya perubahan aktivitas usaha tersebut. Lantas, bagaimana cara membuat QRIS DANA?

Advertisements

Agar dapat membantu seluruh pelaku bisnis yang saat ini tengah mencari cara membuat QRIS DANA, maka Bankir ID akan coba berikan penjelasan lengkapnya. Jadi simak pembahasan mengenai QRIS DANA berikut ini.

Apa Itu QRIS DANA (DANA Bisnis)

Apa Itu QRIS DANA DANA Bisnis

QRIS adalah program transaksi Cashless yang memanfaatkan kegiatan Scanning QR Code sebagai metode pembayaran. Program tersebut disediakan oleh BI (Bank Indonesia) untuk menerima semua pembayaran dari berbagai penyedia layanan jasa, termasuk DANA.

DANA sendiri memiliki sebuah program bernama DANA Bisnis, yang memungkinkan para pelaku usaha membuka jenis pembayaran dengan menggunakan sebuah QR Code. Jadi pelanggan atau konsumen hanya perlu scan QR Code menggunakan QRIS untuk bertransaksi.

Manfaat Membuat QRIS DANA Terlengkap

Manfaat Membuat QRIS DANA Terlengkap

QRIS dalam sebuah Dompet Digital memang diciptakan untuk membuat seluruh pelaku bisnis bisa melakukan kegiatan operasional secara praktis. Adapun fungsi dan manfaat lainnya dari fitur ini yang akan bisa dirasakan setelah menggunakannya.

Berikut beberapa manfaat membuat QRIS DANA.

1. Manfaat Membuat QRIS Bagi Pelaku Bisnis

  • Penjualan dapat menerima pembayaran berbasis QR apapun dengan adanya QRIS.
  • Proses transaksi lebih praktis karena hanya perlu 1 (satu) QRIS saja untuk pembayaran di semua platform.
  • Kas bisa lebih terkelola karena aliran kas sudah langsung tercatat dalam sistem.
  • Mengurangi resiko peredaran uang palsu.
  • Mengurangi penggunaan kembalian karena nominal pembayaran sudah langsung ditentukan.
  • Mengurangi adanya manipulasi dalam proses pembukuan bisnis.
  • Memberikan kemudahan bagi konsumen serta membangun kredibilitas toko.

2. Manfaat Membuat QRIS Bagi Konsumen

  • Tidak perlu membawa uang tunai sebagai sarana bayar.
  • Tidak perlu repot memilih serta memindahkan saldo dari satu platform ke platform lain.
  • Semua metode pembayaran QRIS dilindungi oleh Bank Indonesia.
  • Transaksi menggunakan QRIS praktis dan cepat.

Setelah mengetahui manfaatnya, maka Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk membuat fitur QRIS tersebut. Bahkan cara membuatnya dapat dilakukan melalui aplikasi DANA sehingga mudah untuk dipraktikan secara langsung.

Syarat Membuat QRIS DANA

Syarat Membuat QRIS DANA

Dalam pembuatan QRIS, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Apalagi syarat ini sangat penting karena sangat berdampak pada keberhasilan cara membuat lewat aplikasi DANA.

Berikut beberapa syarat membuat QRIS DANA.

  • Akun DANA Premium
  • Memiliki Toko Online atau Offline
  • Lokasi Usaha Jelas
  • Foto Selfie di Depan Toko

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, maka Anda sudah bisa memulai cara daftar DANA Bisnis supaya bisa mendapatkan QR Code sebagai sarana pembayaran. Namun bagaimana jika Akun DANA belum Premium? Tentu saja Anda harus upgrade akun terlebih dahulu.

Cara Membuat QRIS DANA Terbaru

Tibalah saatnya untuk membahas tentang cara membuat QR Code melalui lewat DANA. Semua poin pembahasan kali ini sudah dituliskan sesuai dengan prosedur pembuatan QRIS sehingga Anda hanya perlu mengikuti instruksinya saja.

Berikut langkah-langkah dalam membuat QRIS DANA (DANA Bisnis).

1. Buka Aplikasi DANA Terinstal

1. Buka Aplikasi DANA Terinstal

Guna memulai cara membuat, silahkan buka aplikasi DANA terinstal di HP Anda.

2. Pilih Menu Saya di Aplikasi DANA

2. Pilih Menu Saya di Aplikasi DANA

Setelah berhasil masuk ke beranda aplikasi DANA, silahkan tap menu Saya di bagian pojok kanan bawah.

3. Pilih Daftar DANA Bisnis Sekarang

3. Pilih Daftar DANA Bisnis Sekarang

Nantinya setelah masuk menu Saya, silahkan tap pada keterangan “Daftar DANA Bisnis Sekarang!“.

4. Pilih Daftar Sekarang

4. Pilih Daftar Sekarang

Agar cara membuat bisa segera diproses, maka silahkan tap Daftar Sekarang.

5. Isikan Formulir Pendaftaran DANA Bisnis

5. Isikan Formulir Pendaftaran DANA Bisnis

Silahkan isi Formulir Pendaftaran sesuai data yang tertera di kolom. Mulai dari nama, jenis, jam buka, dan alamat bisnis Anda. Setelah semua data formulir DANA Bisnis sudah lengkap, silahkan tap Lanjutkan.

6. Foto Selfie di Depan Toko

6. Foto Selfie di Depan Toko

Silahkan kirimkan foto selfie di depan toko jika Anda memiliki Toko Offline. Namun jika yang dimiliki adalah toko online, maka silahkan kirimkan Screenshot halaman beranda Toko Online Anda.

7. Tunggu Proses Verifikasi dari DANA

7. Tunggu Proses Verifikasi dari DANA

Setelah serangkaian tahapan di atas sudah dilalui, maka pihak DANA akan segera melakukan verifikasi atas permintaan pengajuan pendaftaran tersebut. Nantinya hasil dari QR Code DANA Bisnis akan jadi seperti contoh berikut ini.

8. Contoh QR Code DANA Bisnis

Setelah semua cara di atas sudah Anda lalui, maka selanjutnya tinggal menunggu pihak DANA melakukan proses verifikasi atas pengajuan yang sudah dibuat. Barulah setelah proses selesai, maka QRIS untuk dompet digital tersebut siap digunakan.

Berapa Lama Pembuatan QRIS DANA?

Berapa Lama Pembuatan QRIS DANA

Proses pendaftaran QRIS sebenarnya cukup singkat. Hanya saja di tahapan verifikasi akan sangat memakan waktu. Verifikasi QRIS DANA akan cukup variatif bisa kurang dari 1 (satu hari) dan maksimal 2 (dua) hari.

Sementara total lama pembuatan hingga QR Code tersebut jadi adalah minimal 14 hari kerja serta maksimal 30 hari kerja, dari awal Verifikasi sampai QR Code DANA tersebut sudah siap digunakan. Namun hal tersebut belum termasuk Akun DANA Dibekukan Sementara.

Biaya Membuat QRIS DANA

Dalam cara pembuatan DANA Bisnis, kita tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Jadi segera saja daftarkan Akun Anda di program tersebut sehingga pelanggan dapat melakukan transaksi metode QRIS.

Namun jika selesai settlement pasca transaksi, maka akan ada biaya sebesar Rp. 3.000,00 sebagai bentuk administrasi berlaku bagi transaksi yang melibatkan beberapa perbankan.

Akhir Kata

Akhirnya Anda sudah berhasil menerapkan cara membuat QRIS DANA melalui pembahasan di atas. Silahkan persiapkan semua syarat yang ada sebelum mendaftar dan pastikan akun DANA sudah diupgrade statusnya menjadi Premium.

Sekian pembahasan mengenai Cara Membuat DANA Bisnis dari Penulis Web www.Bankir.id. Nantikan informasi menarik berikutnya seputar dunia perbankan, dompet digital, cara bayar, dan beragam kabar keuangan terupdate dari kami.

Sumber Gambar: Admin Bankir ID

Tinggalkan komentar